BTN Akhirnya Dukung Kedatangan Sergio van Dijk dan Irfan Bachdim


Irfan_Van Dijk
Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI Rahim Soekasah akhirnya menyatakan mendukung kedatangan dua pemain keturunan Indonesia-Belanda, Irfan Bachdim yang saat ini merumput di Liga Belanda bersama FC Utrecht, dan Sergio Van Dijk, pemain Queensland Roar, divisi utama Liga Australia.

“Sebenarnya dari dulu saya mencari pemain-pemain keturunan Indonesia untuk membela timnas kita, tapi masalahnya selalu terkait keimigrasian. Mereka memegang paspor Belanda, tapi mereka tidak rela melepas kewarganegaraan Belanda untuk menjadi WNI,” katanya.

“Jumlah pemain keturunan di Eropa banyak. Semuanya ingin memperkuat timnas, tapi tak satu pun mau mengorbankan status social security mereka di sana, karena justru merugikan hak-hak mereka.”

Masih kata Rahim, pihaknya juga tidak bisa ‘diam-diam’ mengurus paspor Indonesia bagi semua pemain keturunan, karena pihak keimigrasian sudah pasti tidak mungkin memberikannya, kecuali mereka melepaskan status kewarganegaraan Belanda terlebih dulu.

“Di sana boleh dual citizenship, tapi di sini kan tidak mengizinkan. Untuk kasus Irfan tidak masalah, karena dia sudah memegang paspor Indonesia,” imbuhnya.

“Saya sendiri pernah ke Belanda dan menyaksikan Irfan bermain, tapi kualitasnya waktu itu masih buruk, jauh di bawah kualitas pemain lainnya di timnas U-23. Setiap kali saya ke Belanda, saya tak pernah melihat dia dalam susunan pemain pertandingan FC Utrecht, dan saya tahu dia baru sekali main di tim senior mereka, itu pun diturunkan dari bangku cadangan. Mudah-mudahan kali ini ada peningkatan. Siapa tahu di waktu mendatang permainannya semakin baik,” bebernya.

Lebih lanjut ia menambahkan, untuk menjawab rasa penasaran masyarakat, baik Irfan maupun Sergio bisa diundang ke Jakarta dalam dua ujicoba mendatang. Yakni melawan Manchester United [24 Juli], agar penonton terhibur. Sebelumnya [pada 1 April], akan lebih baik lagi jika mereka bisa ikut melawan Selandia Baru

“Mereka bisa dipasang untuk entertainment dulu, setelah itu kalau permainannya oke, baru dipertimbangkan untuk menjadi pemain timnas,” katanya.

Rahim juga mengakui, dukungan dari BTN untuk Irfan dan Sergio sudah disampaikan ke PSSI.

“Tinggal PSSI yang mengurus kedatangan mereka ke sini,” tandasnya.

2 Balasan ke BTN Akhirnya Dukung Kedatangan Sergio van Dijk dan Irfan Bachdim

  1. Hengky mengatakan:

    kata2 yang dilontarkan Rahim Soekasah tentang permainan Irfan Bachdim yang jauh di bawah kualitas pemain Timnas U-23 lainnya itu sangat aneh menurut saya, karena tidak mungkin klub sebesar FC Utrecht mau membayar jasa seorang pesepakbola yang kualitas permainannya buruk, atau yang paling membuat saya bingung kualitas permainannya dikatakan jauh dari level pemain Timnas U-23 indonesia yang notabene pulang dari Asian Games kemarin dengan membawa hasil memalukan dan malah dihajar tanpa ampun oleh negara2 semenjana seperti Suriah dan Irak yang baru terlepas dari peperangan.
    Mungkin maksud dari perkataan mbah Rahim Soekasah itu adalah kualitas permainan Irfan Bachdim yang jauh di bawah level Timnas senior Indonesia,ya iyalah secara dia masih belum genap berusia 18 tahun pada waktu itu atau malah mbah Rahim tidak ingin pemain2 Timnas lainnya merasa minder akibat tidak bisa mengimbangi kuallitas permainan kelas Eredivisie dari Irfan Bachdim yang jauh di atas mereka yang notabene semuanya dicaplok dari liga indonesia dan malah jarang dimainkan di klub masing2..

    klo kualitas’a jlek, mna mo FC Utrecth byar dya?
    klo d bndngn ma tim senior, mngkn aj hmpir setara, bdain aj ddikan tim lokal ma ddikan tim eredivisie, justru msti’a dya d pnggl byar pmain lain bsa ad mtivasi bwt saingan ma dya

  2. vegatroz mengatakan:

    setuju….PSSI ga berprestasi kok pemain yg disalahkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: