Kalla Dekati Guus Hiddink Buat PSSI


Guus Hiddink
Wakil Presiden M Jusuf Kalla siap dekati pelatih klub sepak bola Rusia, Guus Hiddink. Upaya pendekatan itu dilakukan untuk mempersiapkan kesebelasan Indonesia dan peningkatan kemampuan bila Indonesia ingin jadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia di tahun 2022.

”Karena Guus Hiddink melatih di Moskow, saya minta secara informal Dubes kita di sana coba cek waktunya Guus Hidink. Kalau dia ada waktu, coba bicara dengan manajer Rusia untuk kita transfer. Mereka akan janjikan saya berbicara. Guus Hiddink akan cari waktu berbicara awal Maret,” katanya dalam jumpa pers usai shalat Jum’at di kantornya di Jakarta, Jum’at (20/2).

Kalla berkomentar soal itu ketika ditanyakan perihal minat Menpora Adhyaksa Dault supaya Indonesia bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia tahun 2022. Menurut Kalla, gagasan itu bisa saja terwujud dengan mempersiapkan fisik dan kemampuan, termasuk tim kesebelasan nasional Indonesia, PSSI.

Salahs atu cara mempersiapkan tim nasional adalah dengan memperkuatnya, termasuk dengan pelatih dunia yang andal. Salah satu pelatih dunia yang dilirik Indonesia adalah Guus Hiddink, asal Belanda.

Dia mengatakan, KONI-nya Rusia akan mengatur pembicaraan informal. pihaknya juga menyarankan agar ada pembicaraan juga dengan PSSI. ”Saya minta juga KONI coba bicara formal. Dia (Hidink) ada waktu setelah Afrika Selatan, setelah Chelsea.”

Ketika diingatkan soal kontrak Hidink dengan Chelsea selama satu tahun ke depan, Kalla berkomentar, ”Ini kan 2022, jangan lupa. Chelsea satu tahun. Masih lama ini waktu.”

Dikatakannya, sampai tahun 2022, ada waktu untuk mempersiapkan dalam waktu 12 tahun. Pihaknya yakin, secara fisik dan kemampuan, Indonesia bisa mempersiapkannya dalam waktu 12 tahun. ”Kalau soal fisik saya yakin bisa. Jangan lupa, dalam 12 tahun akan datang kita akan maju dua kali lipat.”

Menurutnya, income per kapita Indonesia dalam 12 tahun nanti akan lebih tinggi dari Afrika Selatan. Artinya, tambah Kalla, kemajuan Indonesia jangan dilihat sekarang, tetapi dilihat pada tahun 2022.

Dalam persiapannya, katanya, ada dua hal yang dibutuhkan, yaitu fisik dan kemampuan. Dari sisi fisik, pembangunan untuk persiapan piala dunia itu tentunya Indonesia mampu. ”Hampir semua negara penyelenggara tidak ada yang rugi.”

Kedua, Kalla melanjutkan, dalam pengalaman, Indonesia bisa saja bekerja sama dengan negara-negara tetangga dalam penyelenggaraannya. ”Kita bisa bekerja sama. Sebagian (pelaksanaannya) di Indonesia, Australia, Singapura, atau Malaysia. Itu sangat mungkin.”

2 Balasan ke Kalla Dekati Guus Hiddink Buat PSSI

  1. Yep mengatakan:

    Wahhh…masih lama banget ya ? 🙂

    Ya sama Chelsea sampe akhir musim, trus mo di Rusia sampe taun 2010 n ikut PD Afsel 2010

  2. syukriy mengatakan:

    Hehehhe…kan menjelang pemilu dan pilpres….. pecinta bola bisa tertarik dong apalagi kalau bilang: kalau Golkar menang dan JK jadi presiden RI Guus akan jadi pelatih PSSI..
    Hahahhaa….mimpi dulu kan boleh ya?

    Biasa lah politik, padahal gara-gara politik sepakbola Indonesia berenti! Ada ada aja!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: