Tidak Akan Membawa Anak Nonton Persib


Berikut tulisan seorang bapak pendukung Persib, gak tau asli apa gak, dapet dari browsing
Baca sendiri ya!

Saya, sebagai bapak seorang putra berjanji tidak akan pernah membawa anak saya untuk menonton pertandingan Persib. Mengapa, karena ada hal-hal yang menurut saya negatif dan kurang cocok bagi perkembangan pribadi anak.

Nilai tersebut terkandug dalam yel-yel yang selalu disuarakan oleh sebagian besar bobotoh Persib. Saya mencatat setidaknya ada 2 yel-yel yang liriknya mengandung kata kasar tersebut, seperti :

Viking Bonek sama saja,
asal jangan The Jak,
The Jak itu anj***

dan yel-yel yang berujung pada kalimat :

… The jakmania dibunuh saja …

Saya hanya bertanya, apakah orang Bandung yang katanya mempunyai jiwa kreatif dan berselera seni yang tinggi tidak mampu menciptakan yel-yel yang membangkitkan semangat patriotik dan membawa ke arah hal yang positif serta sportif?

Saya tidak ingin, anak saya menyanyikan lagu tersebut dan menganggap lirik lagu tersebut merupakan hal yang sepele. Bagaimanapun lagu adalah sastra yang mampu menggugah perasaan, baik perasaan pelantun atau perasaan pembaca/pendengarnya. Saya tidak ingin, jika nantinya dia akan menganggap bahwa kata-kata yang memperolok atau merendahkan seperti kata anj*** di atas merupakan kata yang sepele sehingga dia gunakan dalam kehidupan sehari-harinya. Saya juga tidak ingin kelak, kata bunuh masuk dalam alam bawah sadar sebagai hal yang sepele juga.

Alangkah indahnya jika lagu atau yel-yel tersebut mengandung kata-kata positif sehingga dapat membawa perasaan yang positif baik dalam mendukung Persib saja maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Selama lirik yel-yel tersebut masih dipakai, maka haram hukumnya bagi anak saya untuk menonton di Siliwangi. Berlebihan ? Saya rasa tidak.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum memperolok-olokkan kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan itu) lebih baik daripada mereka (yang memperolok-olokkannya). Janganlah pula wanita-wanita (memperolok- olokkan) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan itu) lebih baik daripada wanita (yang memperolok-olokkannya). Janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil-memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman. Dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim. (Q.S. Al-Hujuraat 49:11).

Wassalam

5 Balasan ke Tidak Akan Membawa Anak Nonton Persib

  1. demmy vikers mengatakan:

    LO KAN THE JACK Y JADI BISA AJA LO REKAYASA LAGIAN MENURUT GW DI STADION KEADAAN SEPERTI ITU WAJAR KHUSUSNYA DI INDONESIA,,
    MEMANGNYA DI LEBAK BULUS TIDAK SEPERTI ITU???
    DI SENAYAN TIDAK SEPERTI ITU???
    MALAH INI BLOG YANG BIKIN SESAT KARNA PENULISNA BANYAK MEREKAYASA SEPRTI TIDAK PUNYA ETIKA DAN HANYA BISA MEMUTAR BALIKAN FAKTA.
    TRIMS

  2. fachrie12 mengatakan:

    @demmy vikers
    Baca paling atas kang, ni juga gw dapet dari browsing, gw jg ga tau bner apa ga

  3. aing mengatakan:

    kalo emang anda juga g tw bener ato salah..g usah di posting segala..bikin resah umat bos hehe..seburuk2 nya manusia adalah manusia yang dengki terhadap org lain (karena anda pake dalil agama y saya juga sama pake dalil juga bos)

    kalo manusia yang menyerukan permusuhan harus di lestarikan gimana bos?

  4. primayuda mengatakan:

    mungkin bapak itu ga tau kalo di semua stadion lagu dan yel seperti itu ..

    tapi bapak ga usah takut, krn Viking dan Bobotoh lainnya sudah punya lagu yang lain dari pada yang lain, dan yang pasti lagu ini pertama di Indonesia.

    We Are Stay Behind You
    Kuburan Band

    ooo….ooo…oooo..oooo

    disini ku dapat tegak berdiri
    satukan hati tuk bela kau persibku
    darah doaku curahkan untukmu
    tuk jadi juara di indonesia

    # satu biru. satu hati satu bendera kita mendukungmu 2x

    *persib maung bandung
    persib mang bandung
    persib maung bandung
    ooo oooo

    persib maung bandung
    persib maung bandung
    terus kau bertarung
    we are stay behind you

    back to #, *
    kau takkan kalah pantang menyerah
    bobotoh mendukungmu
    kau takkan kalah, pantang menyerah
    we are stay behind you..

    gimana pak? mau datang lagi ke stadion Persib?
    sekarang mah bawa anak istri aja ..

  5. Greetings! I’ve been following your website for some time now and finally
    got the courage to go ahead and give you a shout out from Humble Texas!
    Just wanted to say keep up the great work!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: