Awal Mula Permusuhan The Jak dan Viking


jak-vs-viking
Ini adalah hasil copy dari pengalaman orang, baca sendiri ya…

Perseteruan antar suporter Persija dan Persib sudah berlangsung lama, tepatnya sejak tahun 2000 yaitu bertepatan dengan Liga Indonesia 6 berlangsung. Di putaran 1 sekitar 6 buah bis suporter Persib datang ke Lebak Bulus dan masuk ke Tribun Timur. Dan terdiri dari banyak unit suporter seperti Balad Persib, Jurig, Stone Lovers, ABCD, Viking dll. Saat itu yang terbesar masih Balad Persib. Meski sempat nyaris terjadi gesekan dengan the Jakmania, tapi alhamdulilah tidak terjadi bentrokan yang lebih luas. Justru kita suporter Persib bergerak ke arah the Jakmania tuk berjabat tangan. Gw inget banget yel-yel kita waktu itu : “ABCD … Anak Bandung Cinta Damai”. Selesai pertandingan suporter Persib juga didampingi the Jakmania menuju bus. Dan The Jakmania mengikuti dengan menyanyikan lagu Halo Halo Bandung.

Penerimaan the Jakmania membuat kita (Viking) berniat tuk mengundang datang ke Bandung saat putaran 2. Dialog berlangsung lancar karena seorang Pengurus the Jakmania yang bernama Erwan rajin ke Bandung tuk bikin kaos. Hubungan Erwan dengan Ayi Beutik juga konon akrab banget sampe2 Erwan pernah cerita kalo dia suka sama adiknya Ayi Beutik. Melalui Erwan jugalah Viking menyatakan keinginannya tuk mengundang dan menyambut the Jakmania di Bandung meski kita sendiri masih khawatir dengan sikap bobotoh yang lain.

The Jakmania saat itu belum sebesar sekarang. Yang nonton di Lebak Bulus aja cuma di sisi Selatan tribun Timur. Jadi bersebelahan dengan Viking. Nah ajakan Viking itu langsung ditanggapi oleh the Jakmania yg memang sudah punya niat jg tuk melakoni partai tandang. Dibentuklah kemudian perencanaan, salah satunya dengan mengutus Sekum dan Bendahara Umum the Jakmania saat itu yaitu Sdr Faisal dan Sdr Danang. Mereka ditugaskan tuk melobi Panpel Persib dari mulai masalah tiket hingga tribun the Jakmania. Kebetulan Danang lagi kuliah di Bandung sehingga tempat kosnya jadi tempat kumpulnya the Jakers disana.

Karena The Jakmania belum berpengalaman mengkoordinasikan anggota tuk nonton tandang. Justru yang menjadi masalah justru bukan di koordinator kepada Panpel Persib tapi di anggota The Jakmania itu sendiri. Banyak anggota yang bandel daftar pada hari H nya. Jumlah yang tadinya cuma 400 orang berkembang menjadi 1000 orang lebih! Bayangin gimana repotnya Pengurus The Jakmania nyari bis tuk ngangkut segitu banyak orang. Akibatnya The Jakmania berangkat baru jam 12 siang! Itu juga terpecah menjadi 3 rombongan. Satu bis berangkat lebih dulu karena akan ganti ban. Disusul 4 bus kemudian. Dan terakhir berangkat dengan 4 bus tambahan.
Keberangkatan The Jakmania sendiri juga masih diliputi keraguan apakah dapat tiket atau tidak. Tim Advance yang diutus mendapatkan kesulitan mencari tiket. 4 hari sebelum pertandingan terjadi kerusuhan di stadion Siliwangi akibat distribusi tiket yang kurang lancar. Ada seorang Vikers yang menganjurkan the Jak tuk hadir di acara khusus pertemuan tim dengan suporternya. Faisal, Danang dan Budi ambil keputusan tuk hadir di acara itu. Disana mereka sempat bertemu Walikota Bandung, Kapolres, Ketua Panpel dan Ketua Keamanan. Mereka semua menjamin bahwa the Jakmania akan bisa masuk dan tiket akan disiapkan khusus. Paling tidak itulah info yang gw dapet dari tim Advance The Jakmania.

1 bis pertama tiba di Stadion Siliwangi. Viking siap menyambut dan mempersilahkan masuk ke stadion, padahal tiket belum di tangan. Sayang hal yang dikhawatirkan Viking terbukti. Perlahan tapi makin lama makin banyak datanglah bobotoh nyamperin the Jak dengan sikap yang tidak simpatik. Melihat gelagat buruk ini Viking minta the Jak tuk keluar dulu ke stadion sambil menunggu rombongan berikut. Sembari menunggu, gw dan beberapa rekan dari The Jakmania ada yang melaksanakan sholat ashar dulu. Ketika selesai sholat, mulailah terjadi hal2 yang tidak diinginkan. Rekan2 kita dari the Jakmania mendapatkan pukulan disana sini dengan menggunakan kayu. Salah satunya tersungkur berlumuran darah yang keluar dari kepalanya. Melihat situasi ini the Jakmania kembali diungsikan menjauh dari stadion.

Rombongan besar 8 buah bis akhirnya tiba juga. Tapi karena terlambat, stadion Siliwangi sudah penuh sesak. Lagipula kita tetap tidak berhasil mendapatkan tiket. Panpel memang kelihatan salah tingkah dan berusaha mengumpulkan dari calo2 yang masih beredar di sekitar stadion, namun jumlahnya juga tidak memadai hanya 300 lembar. Sementara bobotoh yang masih berada di luar juga mulai melakukan serangan terhadap the Jakmania. Gw sempet coba menenangkan dan cekcok dengan seorang rekan bobotoh yang ngambil dengan paksa kacamata anggota The Jakmania. Bobotoh itu bilang kalo dia kesal sama anak Jakarta karena mereka juga diperlakukan dengan tidak simpatik di Jakarta ketika menyaksikan pertandingan Persijatim vs Persib di Lebak Bulus. Bobotoh tidak mau tau kalo Persijatim tu beda dengan Persija. Seingat gw kejadian ini sempat direkam foto oleh wartawan dari Tabloid GO dan terpampang jelas esoknya di media tersebut.

Gw lalu ngambil inisiatif tuk nyari rombongan pertama the jakmania yang dateng duluan dan mengajak mereka tuk gabung ke rombongan besar. Disana gw minta maaf ke semua anggota The Jakmania karena gagal membawa rombongan sampai masuk ke stadion dan pulang dengan aman. Di situ dari Panpel juga sempat minta maaf. Namun kondisi ini tidak bisa diterima oleh seluruh rombongan The Jakmania, bahkan mereka juga tidak mau berjabat tangan dengan gw dan 2 orang Viking lainnya yang masih setia mengawal meski pertandingan sudah berlangsung.

Ketika rombongan hendak pulang, tiba2 The Jakmania diserang lagi oleh bobotoh yang masih nunggu di luar stadion. Kondisi ini jelas tidak bisa diterima oleh The Jakmania. Sudah ga bisa masuk masih juga diserang. Akhirnya The Jakmania balas perlakuan mereka (Oknum Bobotoh). Jumlah bobotoh di luar stadion masih ratusan sehingga terjadilah bentrokan yang mengakibatkan pecahnya kaca2 mobil akibat terkena lemparan dari kedua kubu. Ketika polisi datang, keributan mereda dan the Jakmania mulai beranjak pulang. Sempat pula terjadi bentrok beberapa kali ketika rombongan berpapasan dengan bobotoh yang pulang karena tidak kebagian tiket.

Sejak saat itulah api dendam dan permusuhan terus berkobar di kedua belah pihak. Puncaknya di acara Kuis Siapa Berani di Indosiar. Acara ini diprakarsai oleh Sigit Nugroho wartawan Bola yang terpilih menjadi Ketua Asosiasi Suporter Seluruh Indonesia.
Sayang bentrokan ternyata ga bisa dihindari. Bukan gw memihak tapi faktanya memang Viking yang mulai. Mereka neriakin yel2 “Jakarta Banjir” yang dibales juga oleh the Jak. Suasana memanas hingga akhirnya terjadi benturan fisik.

Letak Indosiar di Jakarta, jadi ga heran pelan2 berdatanganlah para suporter Persija kesana. Suasana sudah tidak terkendali dan atas inisiatif Polisi dan Indosiar, Viking langsung diungsikan dengan menggunakan truk Polisi. Namun kejadian ini ternyata dah menyebar luas kemana-mana hingga akhirnya terjadilah penyerangan terhadap rombongan Viking di tol Kebon Jeruk.

Gw juga heran gimana Viking menyatakan klo hadiah menang kuis dirampok the Jak padahal hadiah itu kan belum diserahkan pihak Indosiar. Hadiah itu pun sampe sekarang ga kita terima. Saat itulah nama the Jakmania menjadi buruk. Di mata media the Jakmania tidak menerima kalah sehingga menyerang. Opini sudah terbentuk dan masyarakat di Bandung juga ikutan menghujat, sementara di Jakarta menyayangkan.

Semenjak terjadi permusuhan dengan the Jakmania, apalagi setelah kejadian Indosiar, Viking berkembang pesat menjadi suporter yang dominan di Bandung. Mereka terus menebarkan kebencian ke the Jak dengan mengeluarkan kaos2 dan lagu2 yang bersifat menghujat the Jak. Reaksi anggota the Jakmania juga heboh. Mereka rame2 bikin kaos yang balas menghujat Viking.

Sikap ini justru malah mengobarkan api kebencian suporter Persija terhadap Viking. Sehingga the Jakers banyak yang benci mereka bukan karena tau kejadian awalnya, tapi karena mereka ga suka dikata-katain terus. Belakangan Komisi Disiplin mengeluarkan larangan akan hal-hal seperti ini. Terlambat! Dan penerapannya juga ga konsisten, masih banyak yang tetap melakukannya, bukan hanya Viking atau the Jakmania tapi hampir di semua stadion di Indonesia.

Sebetulnya ada juga pihak2 yang mengusahakan perdamaian. Panpel Persib pernah berinisiatif mempertemukan the Jakmania dan Viking di Bandung. Tapi pertemuan tersebut buntu karena tidak ada niat dari Heru Joko tuk berdamai.

Perseteruan makin melebar. Semakin banyak Viking yang masuk ke website the Jakmania dan menebarkan virus kebencian … semakin banyak dan besarlah kebencian the Jakers ke mereka. Bahkan Panglima Viking Ayi Beutik sempat mengeluarkan pernyataan tuk menjaga kelestarian permusuhan ini seperti Barcelona dan Real Madrid.

Sekarang permusuhan the Jakmania kontra Viking menjadi warna tersendiri bagi sepakbola Indonesia. Seorang sutradara tertarik menjadikan perseteruan ini sebagai inspirasi dalam filmnya yang berjudul ROMEO & JULIET. Di tengah perseteruan, Viking justru kompak untuk menolak film ini dengan alasannya masing2. Ketua Viking dengan didukung anggotanya membuktikan ucapannya dengan menggagalkan pemutaran film ini. Sementara di Jakarta justru sebaliknya, meski pimpinan menyatakan akan menuntut tapi toh hampir semua bioskop2 di jabodetabek dipenuhi oleh The Jakmania yang memang sudah ga sabar menanti film ini diputar.

Nah, itulah kisah panjang tentang permusuhan 2 kelompok suporter besar di Indonesia, paling engga dari kacamata gw. Tulisan ini dibuat atas permintaan seorang bobotoh yang penasaran dengan sebab musabab permusuhan tersebut. Gw juga ga suka dengan orang yang berkomentar sinis baik terhadap the Jakmania maupun Viking. Mereka itu tidak tau apa2, bisanya cuma menghakimi aja. Ada hak apa mereka menghujat? Liat dulu kisahnya baru mereka akan berpikir dan bantu mencarikan solusi.

Klo lu tanya ke gw, masih ada ga kemungkinan damai? Jawabanya ‘bomat” alias bodo amat. Ngapain mikirin? Bagi gw damai tu bukan kata benda, tapi kata kerja. Jadi ga usah banyak ngomong, yang penting buktiin. Lebih baik mikirin KOMITMEN masing2 aja, lebih cinta mana kita sama PERSIB atau sama PERMUSUHAN DENGAN THE JAKMANIA

Sumber: Disini

502 Responses to Awal Mula Permusuhan The Jak dan Viking

  1. YOGA berkata:

    gw nak viking!!!!gw jlas ga trima smw yg dah nak the jak ucapin,klo mank mo dmai knp ga dr dl z!!!!skr da trlmbt nasi dah jd bu2r,smw nak viking dah benci smp mendrh daging ga kan lps dr jiwa!!!stu hal yg prlu d ingt!!!!knp da film yg lbh dominan tuk ngbela the jak anjing!!!!PERSIB GA KAN PRN DAMAI MA ANJING THE JAK!!!!

  2. oi berkata:

    @ yoga..karena loe goblok..menilai nya subjektif……….loe menilai bedasarkan kaca mata loe..sadar loe..loe tu ga abadi ..loe bakal mati….loe benci ama the jak….jelas2 loe duluan yg memulai permusuhan….bloon mloe…dasar murtad….sombong bgt jadi org loe….tidak mau menerima kebenaran..dan tidak mau mengakui kesalahan…….salam ribut dari gw tuk heru joko….bilang hidup ga abadi ……….

  3. asli jakmania berkata:

    YG BLAGU ASLI`A ANAK2 VIKING….
    PADAHAL ANAK2 JAKMANIA PENGENNYA DAMAI
    TAPI VIKINH AJA YANG KAGA` MAU….
    BELAGA VIKNG,,,,ORANG KAMPUNG AJA BELAGA LO…
    SAMPE MATI GUE ANTI VIKING…

  4. om kadar berkata:

    Saya anak pendukung persib…
    yang pasti gue pingin viking end thejack Damai..
    Biar Gwe.. kejakarta aman..cuy…

  5. bhey prahara berkata:

    the jak itu haya untuk di injak,,,,
    the jak tai anjing …..
    viking bonex sama saja asal jangan the jak,
    the jak itu anjing !!!!!

  6. Majin Buu berkata:

    setelah membaca, dari awal sampai selesai…
    ada yg perlu saya sampaikan buat temen2 disini, yaitu:
    Dimana ada permasalahan, tidak ada satu pihak pun yang benar, …. alias semuanya sama2 salah.
    entah itu siapa yang mulai duluan, siapa yang tidak terima. yang pasti,…semua salah.
    Dan masalah itu sendiri HANYA AKAN SELESAI jika SALAH SATU PIHAK BERSEDIA untuk mengalah.
    namun pada kenyataannya, yang ada hanyalah gengsi, malu, untuk bertindak mengalah.
    Saya tidak asal bicara (ngetik) disini.
    Pastinya, kedua belah pihak memang mempunyai niat yang baik bagi klub bola kebanggaan masing. *saya pun demikian :mrgreen:*
    namun sayang, tindakan-tindakan yang telah terjadi sampai saat ini, tak ubahnya hanya angan2 belaka.
    Saya sendiri juga sempat merasa bangga klub bola di kota saya sempat menorehkan prestasi, namun setelah melihat dan menyadari bahwa imbas yang diberikan tidak sepadan dengan apa yang diraih,.. saya urung untuk memelihara rasa bangga itu.
    untuk apa kemenangan, kalau ternyata hanya timbul kerusakan?
    Saya juga melihat mas Fachrie sempat posting “kapan PSSI” bisa masuk piala dunia… hehehe
    ga lah, Mas.
    bukannya saya pesimis, namun jika saya melihat realita yang ada, … hopeless.
    Sepak bola Indonesia tidak akan pernah berkembang jika kita tidak membangun mental diri masing-masing.
    Mental untuk siap menyambut kemenangan,
    dan mental untuk siap menerima kekalahan.

  7. jak berkata:

    wey viking nyadar lah lo itu pd kaga ad otaknya apa udh salah msh aja kaga mau ngalah.
    dulu kmaren skarang besok smpe mati pun gw anti viking krna lo tuh pd org kampung kg ngerti apa2

  8. beno berkata:

    gUa anAk JaKarta!!
    gUa bENCI VIKING yg kgak tAu diri,emang anjing viking…

  9. beno berkata:

    vIking anJing!!!
    the jak mania anti viking!!!

  10. Supporter indonesia berkata:

    mo kapan majunya sepakbola Indonesia. Supporternya aja katrok. Gw terakhir nonton indonesia vs kuwait. Males bgt. pas istirahat, penonton lemparin botol ke tengah lapang. KATROK.

    Ditambah ini lagi, permusuhan kayak anak kecil, masih pendendam. padahal ketua Viking orang gede (dewasa) ketua persija orang dewasa juga. Tapi kelakuan dan otak dua2nya anak2 TK.

    Supporter indionesia, nggak hijau, biru, orange atau ungu.
    Tapi merah putih (indonesia).

  11. Z0MBANK berkata:

    C0KKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK
    koYOK j0mbank nGEneloooo DaMai
    PEACE yoooooooooo…!
    REPUBLIK BONEK J0MBANK AMAN 100% Jaya

  12. holigan persib berkata:

    dasar the jack anjing mau nya menang sendiri dasar SETAN lo the jack!!!!!!1

  13. bram berkata:

    gue mh apakata heru joko aja, klo kta dia musuhan ya musuhan…. gue dukung deh persib bandung…. salam bwat ank2 kbeh dulur di tasik .

    gw tu ank jakarta tpi gw anti ma yang namanya d’jak anjing

  14. bram berkata:

    gue dukung persib bandung. salamnye bwt ank2 BRIGEZ se indo ja. . . . .

  15. teguh berkata:

    buat viking ama the jack mendingan damai,buat apa musuh2an…toh klo terjadi keributan korbannya masyarakat yang gak tw ap2…

    okey coyyyyyyyyyyyyy…………
    minum panther pasti bener….

    suporter indonesia ….

  16. wira berkata:

    sampe kapanpun the jak viking gg bakalan damai ,
    kalo sama-2 egois ,
    disini gw membela the jak , karena mereka solid ..
    dan tersebar di seluruh indonesia

  17. GREENSTREET HOOLIGANS berkata:

    lu orang2 pendukung bola pada ribet dah…emang nye kalo persib ataw persija juara lu orang kebagean fulus apa…klo lo mati emang tim pujaan lo mau ngurusin lo..asem lu pada tod…

  18. adit berkata:

    viking ama the jack sama aja sama” ANJING!!!!!!!!!!
    mending lo semua pada ke NERAKA!!!!!
    lo semua tu pantes di sanaa.. Dsr ANJING JAHANAM LO SEMUA!!!!!!
    jgn cm gara” gt bnyk korbn yg pada MATI!!!
    lo mw ga mati????
    dasar viking ama the jak tu OTAK ANJING!!!
    BANGSAT LO SEMUA!!!!!

  19. ozoN berkata:

    nePika pAeh ogE pEsib no 1………………… aNJingggggggggggggggggggggggg………………… thE jAk aNJing……….anJing…..ANjingggggggggggggggggggggg…………….

  20. anton berkata:

    eh viking anjing jngan senga tai brani satu2 ja u……….

  21. archd berkata:

    garuda d dada q
    garuda kebanggaan q
    ku ykin kalian pzt bs damai. . .

    ingat men. .qta stanah air. . berbeda2 tp te2p satu jua. . .

    pasoepati smpe matek. .

  22. yanie berkata:

    viking itu setan,iblis,tai anjing…………
    PERSIJA tetap nomor satu………….

  23. aremania anti bonek berkata:

    bener the jack emang viking itu setan semua apa lagi bonek mbahnya iblis

  24. agony crest berkata:

    ayo donk…2 kubu…
    mari qta damai aj d’daerah msing2…
    toh kn damai itu Lbh baik dr pda sgala’a…

  25. away nak viking berkata:

    viking n” bonek sama saja asal jangan the jack, the jak itu anjing.
    aku punya anjing kecil q beri nama the jak, the jak ANJING ,the jak ANJING, the jak TAI ANJING

  26. BetawiTulen berkata:

    Yaaa yang nulis Sejarah Startnya taon 2000 (Zaman Perserikatan), oi liat sejarah sebelumnya, saat Tragedi Indosiar (TOl Tomang), itu fakta awal permusuhannya.

  27. BetawiTulen berkata:

    Yaaa yang nulis Sejarah Startnya taon 2000 , oi liat sejarah sebelumnya (Zaman Perserikatan), saat Tragedi Indosiar (TOl Tomang), itu fakta awal permusuhannya.

  28. derry berkata:

    diem aja lo semua anak viking anjing sampe kpan pun gue tetep dkung persija,,,
    PERSIJA 100% SAMPE MATI,,
    ANTI VIKING N BONEK ANJING

  29. indra berkata:

    ank the jak smuanya anjink apa lgi ketuanya anjink. jkarta itu kota smpah;fuck you the jak anjink. “si anjink orange” anti the jack smpai mati.

  30. ferray jak orange berkata:

    w benci yang nama na viking ,viking adlah golongan para anjing .persija adalah jiwa dan raga kami kami siap mati demi persija !!!!!!!!!!!!!!!!sampe mati pun tiba

    PERSIJA
    MW LOVE
    ORANGE

  31. Pralia berkata:

    Hmm..gw ga pernah ngerti sebelumnya antara persib vs persija atau jak vs viking..
    Ternyata co gw jakmania,dri sana gw tau Tntang ribut”nya..
    emang viking kurang ajar,,wktu co gw beli makan, tiba” ada yg manggil anak viking..mrka ngbrol ber2,,tiba” co gw dipukul daerah sekitar mulut, sampu bibirnya aga luka..
    emang viking slalu mulai kayanya..
    Dri sana gw benci bgt sama viking anjing, babi,bangsat..
    Walaupun gw tinggal didaerah sunda, tpi gw sangat anti viking..gw benci bgt krna mrka suka cri ribut..
    Go jakmania..

  32. Viking berkata:

    The jak anjing itu cm anak ingusan yg br lahir kmarin sore..
    Jd anjing anjing (jak) kaya lo smua g pantes blagu. Lo bakal mati smua..

    Dasar anjing goblok, miskin, dan waria yg g punya ko*t*l..

    Jak itu anjing, tai anjing..

  33. demmy vikers berkata:

    qo ky mihak the jack y???
    hruz’a sbar’n donk yg fakta..sbner’a dri th 1995 viking dah da sdngkan d jakarta bru da ersija fans club yg jmlh’a kcil.
    nah yg jd mslah perseteruan sbnar’a manusiawi cm krna iri hti…
    wktu LI k2 persija vs persib d lebak bulus,,viking datang dngan 9000 anggota shingga jakarta mnjd lautan biru nmun PFC tu cma da mngkin 1000 orang nmun krna iri hti mrka mnbuat ulah kpd viking N g sdar jmlh mrka cm sktar 10% yg duduk d tribun VIV,krna ulah PFC viking tdak terima N meratakan lebak buls dri warna orange..
    lalu yg mslah KUIS SIAPA BERANI? ni FAKTA SESUNGGUHNYA:
    Kebodohan the jak terekspos keseluruh negeri ketika mereka tak berdaya menghadapi Viking dalam kuis Siapa Berani. Kuis yang menguji wawasan dan kemampuan berpikir. Itu merupakan edisi khusus kuis Siapa Berani, edisi supporter sepak bola. Menghadirkan Viking, the jak, Pasoepati (Solo), Aremania, dan ASI (Asosiasi Suporter Indonesia). Pemenangnya, Viking. Perwakilan Viking berhasil melewati babak bonus dan berhak atas uang tunai 10 juta rupiah.
    Seperti biasanya, rasa iri dari the jak muncul. Malu dikalahkan di kotanya sendiri, ketua the jak saat itu, Ferry Indra Syarif memukul Ali, seorang Viker yang menjadi pemenang kuis. Sungguh perbuatan yang tidak pantas dilakukan oleh seorang ketua. Ketuanya saja begitu, apalagi anak buahnya?
    Kejadian itu terjadi di kantin Indosiar, ketika dilangsungkannya acara pemberian hadiah yg langsung di berikan oleh indosiar secara tunai. Kontan keributan sempat terjadi, namun berhasil diatasi.
    Kesirikan the jak tak sampai disitu. Mereka menghadang rombongan Viking dalam perjalanan pulang menuju Bandung, tepatnya di pintu tol Tomang. Anak-anak Bandung yang berjumlah 60 orang pulang dengan menggunakan dua mobil Mitsubishi Colt milik Indosiar dan satu mobil Dalmas milik kepolisian. Ketiga mobil ini dihadang sebuah Carry abu-abu. Dua lolos, namun nahas bagi salah satu Mitsubishi Colt yang ditumpangi para anggota Viking. Mobil itu terperangkap gerombolan the jak. Kontan, mobil dirusak, Viking disiksa, dan uang para pendukung pangeran biru itu pun dijarah. Termasuk handphone dan dompet mereka.
    Tercatat sembilan anggota Viking mengalami luka-luka. Tiga diantaranya terluka parah. Namun sayang, pihak kepolisian lamban dalam menyelesaikan kasus ini. Termasuk dalam menangkap the jak yang merampok dan menganiaya anggota Viking Persib Club.

    sekilas fakta yg saya tahu.
    trims

  34. demmy vikers berkata:

    oh satu lagi karna ni cerita g netral cm jd bahan adu domba N malah manas2n aja,,
    BIAR SEMUA TAU FAKTANYA DARI TAHUN 1995 LIAT COMMENT SAYA.

  35. ipoenk berkata:

    PISSSS……………..
    aku ingin damai………..
    aku ingin tenang………….

  36. fahri berkata:

    ha sebenarnya viking tuch jaya dari tahun 1981 ampe 1995
    atau keemasannya persib nah pendukung persibtuh jumlah ya 9000 orang .
    trus ,the jak tdk lebih dari 1000 pendukung .
    lalu ada kuis ,yaitu kuis siapa berani.
    nah di quis itu pemenang yang persib.
    saat persib maw plang di cegat oleh pendukung persija.
    saat persib membawa uang 10 jt hasil quis ter sbt.
    lalu the jak pun mencuri barang barang nya viking.termasuk hp, dompet.
    karena polisi telat datang .akhirnya polisi susah u menangani kakus tersbt.

  37. vicka berkata:

    ulasan di atas qo kayanya lebih mihak persija ? itu yg nulis bobotoh kan ?
    stau saya persib sama persija nya baik-baik aja kan ?

  38. ADI berkata:

    viking sikap ny tidak begitu???

  39. egha berkata:

    gw pikir suporter persib yang harus berubah.. coba sekarang fikir.. suporter mana yang bersaudara dengan viking… apakah viking aman jika tour/tandang kekota lain…kasian fans persib yang lain yang mau menonton/mendukung persib secara langsung.. inget bung klo semua suporter bersaudara betapa indahnya.. kita juga bisa kemana aja buat mendukung suporter yang kita cintai

  40. si umbaL berkata:

    the jak tai anjing!
    banci lu the jak!
    krik doboL,,

  41. holigan bdg berkata:

    nepi paeh oge viking jeunk the jak moal akur lantaran the jak mach anjink,laknat,tai. the jak mach pantesna di injak-injak

  42. kontolwahyu berkata:

    eh jing..brisik amat sih tod..the jak ama viking sama2 anjing…!!

  43. UGIE berkata:

    biarin aje viking ma the jack ribut,,,lo ngga usah pade comen dah.gw tau lu comen karena lo banci ataw cew katro,,,yg pst g demen bgt musuhan ma ANJING KAMPUNG{VIKING}………NO PISS FOR VIKING
    THE JACK RABEL

  44. UGIE berkata:

    viking tai…………..

  45. garuda berkata:

    sampe 2022 juga ga bklan beres ni masalah!!!
    mending dukung indonesia bwt jd tuan rumah piala dunia 2022…lupain dulu warna kebanggaan kalian!!lupain dulu masalah kalian!!dukung indonesia…..

  46. Danee berkata:

    The jak garis keras => metode nnton k stadion klub lain :sembunyi2,ga pake kaos ato atribut jak,pulang lari terbirit2 sambil minta perlindungan polisi.What?Itu yg namanya garis keras?.Lucu ya…The jak adalah bangsa penghuni kali.Primitif,kampungan,kotor dan terbelakang.Modar sia anjing!

  47. Mas Oke berkata:

    @Garuda: setuju…

    Kalo gue baca, dari awal ampe ahir, permusuhan ini mungkin karena suporter Persijatim? Tapi gak penting ah siapa yang mulai entah itu Viking, Jakmania, Suporter Persijatim, yang penting bodo ah… lebih baik mikirin gimana Sepakbola Indonesia maju!

  48. Hawer berkata:

    Mk’y jd vikjing jng tolol u yg mlai dlu’n qita sbgai ank jak mania smp kpn pn ga trima prlkuan para vking2 anjing jangco……..

  49. jack mania berkata:

    woy lu smua liat dong . awal permusuhannya dari bobotoh . bukan viking. tp viking juga ga mau damai . yaudah . w ucapin slamet ribut aja dh

  50. mbenk berkata:

    wooy vikJING vikJIng…….lo JUAL GUE BELI,,,

    BONEK VIKING SAMA SAJA,,
    SAMA SAMA ANJING,SAMA SAMA ANJING

  51. kopidh berkata:

    woi the jack ,,,, bagaimanapun viking pasti kalah dalam cerita ini karena cerita ini hanya khayalan orng jakarta,,,bsanya cuma nipu aja anjing,,

  52. cinta indonesia berkata:

    g bakalan maju ne sepak bola indonesia klo smuanya saling tuduh
    gw suka nonton bola indonesia tp klo pd rusuh jd g enak nonton na
    dua2 na kya nak kecil
    pikirin donhg dampak yg di akibatin
    jng cuma ngedepanin emosi doang

  53. salam viking dari anak” macan putih . . .
    sebenernya yang salah tuh the jak, cuma the jak gak terima, jadi gini nih . . .
    seharusnya the jak minta maaf ma viking !
    jangan egois gitu . . . !
    mentang” lo anak ibu kota, jadi lo bisa se enaknya aja nyalah”in suporter laen . . .
    terus di tambah film “romeo juliet” yang cenderung ngebela the jak, sama saja tuh ngelecehin viking . . .

    inget jak “lo tu cuma numpang di pulau jawa, lo cuma punya jabodetabek doank, kalo viking udah niat abis lo !!! inget viking tu seJAWA BARAT + JAWA TIMUR, mau abis lo . . . ?”

    “persikmania, viking, bonex sama saja . . .
    asal jangan the jak . . .
    the jak itu ANJING . . . “

  54. kancil jak mania berkata:

    apa.an viking….
    anjing lu pada…..
    kampret.
    viking belagu amat loe????
    anjing..
    loe jgn mentang2….
    the jack mania&aremania
    anjing viking……

  55. GeePluck Bandung berkata:

    Sulit dicari titik temu nya…lebih baik berpikir untuk kemajuan TIM…dan bersaing prestasi bukan provokasi…JAYALAH PERSIB KU !!

  56. ogep piss berkata:

    woii smua .. lo jgn pada kaya orang tolol,goblok,
    lu dkung persija sampai mati , emank klo lu mati dy yg nguburin lu, trus u jga persib sma ajha lu kaya the jak yg bego .
    lo pikir tuh smua gmna sepak bola indonesia pngen maju klo klakuan lo smua ituh kaya bocah yg msih ingusan .
    guw kasih saran nih lu kmpulin tuh sluruh the jak sma viking , lu pecahin msalah lu ber dua .klo ga smpe pecah juga tuh masalah pcahin ajha pala lu be2.
    piiissssssssssttt slam damai ogep piss.

  57. yudi d'orange berkata:

    ya menurut saya kita kan satu bangsa ,satu bahasa ,satu negara indonesia , sah-sah aja sih kalu the jak dan viking itu ber damai tapi kalau liat kondisi sekarang ini kaya nya susah banget nyatuin the jak ma viking…..

  58. firdaus berkata:

    hidup ku hanya untuk persib.bwat anak the jak hanya ada satu kata “jak ANJING”

  59. dry berkata:

    anjing lo..the jaack setan tai babi….makan tah tai kuda…..ku maneh

  60. kumsi berkata:

    ahhh…
    tiap ada yang bahas kaya gini di comentnya pasti berantem!!

    orang kampung semua yg berantem!!

  61. Ozoz Gatels berkata:

    cnta adlh kenangan,,
    tpi PERSIB adlh Kprcayaan…
    cnta ntu tuk S’saat,,
    Tpi PERSIB ntu tuk slamanya…
    cnta ntu g slalu M’miliki,,
    Tpi PERSIB slalu d HATI…
    cnta dpat Br’akhir,,
    Tpi PERSIB SAMPAI MATI…
    “LUPAKAN CNTA DEMI PERSIB”
    formalitas X.. (^_^)

    by: Ozoz Gatels

  62. jak mania kabupaten bogor berkata:

    VIKING..BONEK SAMA AJJA…
    SAMA-SAMA ANJING…
    SAMA-SAMA DANCOOK…

    THE JAK..AREMANIA..SAMA AJJA
    ASAL JANGAN VIKING..BONEK..
    VIKING + BONEK= HARAM

  63. asKa disNey berkata:

    VIKING SELALU DIHATI
    BONEX SELALU DINANTI
    THE JACK SELAU DIKAKI
    AREMA TELAH MATI

    VIKING BONEX SATU HATI
    THE JACK AREMANIA HATI-HATI

    MAJULAH PERSIBKU
    VIKING SELALU MENDUKUNGMU

    THE JACK GO TO HELL…,,,JANCOK RAIMU..,,,

  64. dhuany berkata:

    gw bukan the jak tp gw dkung tim persija,sbaliknya ade gw viking tp ga tw apa2 soal persib.. Gw pgn kalian semua pd damai.. Ga pduli spa yg salah! Yg pntg kalian baekan n buka lembaran baru… demi kemajuan sepakbola indonesia..

  65. orang indonesia berkata:

    haaaaaaaaaaaaaaaaaaaah
    BONEKK,VIKING ,THEJACK SAMA AJAAAAAAAAAAAAAAAAAA
    SAMA SAMA NORAK..
    yg main bolanya aja biasa aja g sampe segituny..ini cuma jd penonton aja…NORAK BGT………
    cinta damaiii aja coooooooy..g pake brabtem..dari pada lo semua sibuk ngibarin bendera yg sama lambang macan…mending lo kibariin bendera yg berlambang daun 7 cabag,,,(ganja)…merah kuning hijau,……
    yg menggambarkan sinta damaiiiiiiii…
    yooooooooooooooo maaaaaaaaaaaaaaaaaan…dari w rastavara indonesia

  66. AREMANIA berkata:

    FUCKING VIKING ANJING PESING

    BOdoh NEKat kan TOLOLL NAMANYA

  67. asep berkata:

    ”Aku punya anjing kecil…kuberi nama Viking..”

  68. ibayy jakersss berkata:

    bwattt luw smua nak viking jngn btingkah dh luw.luw hanya sampah2 bandung yng gga jlazz’luw nrak tau gga jngan mntang2 luw bnyak kta the jak mania pada tkut.apalagi tuh tmen luw si bangsat surabaya .yng kmpngan katro .and bwat luw b2 gga lbih baik dri anjing yang gga pnya otak…………………
    dan kmi the jak mania akan slalu menghram kan viking dan bonek d’jakarta

  69. anak palmbng cinta bobotoh dan bonek berkata:

    ui the jack jangn belagu loh,,,,,,,,,,,kalu loh berani datng loh keplambng,,,,,anjing loh the jeck

  70. brajamusti indonesia berkata:

    saya memang brajamusti..tp dsini saya bukannya sbagai pembela viking(karna the jak tmennya slemania) yg menjadi bebuyutan kami(brajamusti)..SAYA NETRAL MURNI..rekan2 smua (viking,the jak,bonek,aremania,slemania,paserbumi dll),,saya tahu kalian smua(yg bermusuhan) emosi..dengki,dendam..tapi ingat satu hal..TUHAN..!!!,,(buat yg ber agama)..tim sepakbola yg kalian bela BUKAN TUHAN..nyawa tmen2 kalian yg sudah mati yg kalian bela jg BUKAN TUHAN..di akherat nanti kalian gak bkal ditanyain bgituan..nyawa2 tmen2 kalian yg sudah mati PASTI SEDIH liat kalian msh gni2 aja..inget ibu kalian..keluarga..pakai hati nurani..darah mengucur itu sakiiit..hinaan itu sakit..yg dibandung pasti butuh jakarta..yg dijakarta jg pasti butuh bandung..lihatlah suporter2 inggris yg berseteru (suporter arsenal vs Red army/m.u.s.t dll),,mreka jg dendam..marah..TAPI MREKA NGGAK KAMPUNGAN..karna mereka SAYANG DIRI SENDIRI,SAYANG KELUARGA dan SAYANG SESAMA MANUSIA..yg kalian musuhi juga punya 2tangan,punya mata,punya hati dan PUNYA KELUARGA..KALIAN PASTI JUGA..kalian itu manusia..jadi bersikaplah sperti manusia selayaknya..DEWASA LAH..jgn jadi kampungan..jadilah pssi utk tim kalian sendiri..MANUSIAWI itu indah..

  71. the jakmania berkata:

    vikjing adalah persatuan anjink…vikjing itu asshoe,sucker,fucker,babi,tai,anjing,kontol,memek,bodat……

  72. outsiders berkata:

    kita satu bangsa satu bahasa . . .
    kita ditanah yang sama ….
    kita pada air yang sama berjanji . ..
    jadi bersatulah . . .
    bukan . .
    bercerai berai . .

  73. maillink's berkata:

    arema2 mbokne jancok cok cok
    arema2 mbokne jancok cok cok

  74. maillink's berkata:

    arema2 mbokne jancok cok cok
    arema2 mbokne jancok cok cok
    gak koyok bonek bondo nekat

    viking bonek sama saja
    asal jangan the jack
    the jack itu ANJING

  75. Viking_Boy berkata:

    masabodo dengan permusuhan yang ada, yg jelas Ilove Viking PERSIB….. Biar Tuhan yang membuktikan siapa yang salah….. klo orang yang ngomong pasti banyak boongnya ga percaya ane, yg jelas yg bikin ni permasalahan bakalan masuk NERAKA karna dah bikin orang berperang tanpa alasan yg jelas. . .

  76. Viking_Boy berkata:

    sebagai orang sunda kita harus bisa Sabar. . . dah tw The Jack itu Anjink masih di ladeni juga, , , emang g malu ribut sama Anjink….. klo sama orang seh mending tp ini anjinK…. jatoh dong hargadiri.

  77. hendry berkata:

    liga indonesia bikin malu !hal kecil di gede”n !kapan bisa maju indonesia kalau cuma karena hal kecil menjadi api yg sangat berkobar kobar !satu hal yg mesti anak jak n persib tau indonesia itu satu perbedaan jangan sampai membuat jadi pertikaian karena kita semua bersaudara !

  78. hendry si pembobol lapangan berkata:

    liga indonesia bikin malu !hal kecil di gede”n !kapan bisa maju indonesia kalau cuma karena hal kecil menjadi api yg sangat berkobar kobar !satu hal yg mesti anak jak n persib tau indonesia itu satu perbedaan jangan sampai membuat jadi pertikaian karena kita semua bersaudara !

    NB: kalau saja salah satu ada yg mengalah pasti semuanya bisa di atasi !berkelahi bukanlah pemecah masalah karena itu g akan buat tambah runyam mending berdamai dan jadi lah negara dalam provinsi yg satu !

  79. adi_exalt to coitus berkata:

    pokok.a mah the jakk itu anjing , ,

    gues anjing eweuh damai” , ,

    pokok.a aiing viking berani matii

  80. rianfahrudin berkata:

    anjinkkkkkkk,thejak goblokkkkk,beraninya keroyokan,eh goblok datang ke bandung;berani ma gua,gua tunggu?anjinkkkkkkkkkkk

  81. rianfahrudin berkata:

    bangsatttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

  82. viking persib berkata:

    goblog sia anjing pengecut berani d kandang doanx,loe gtw ap loe tuh aslya jg cma 10% dari bobotoh,loe hanyalah sampah ibu kota yg slu bkin onar

    VIKING,BONEX,NJ MEMBENCI LOE DASAR BANCI
    BANGSAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAT
    ANJINNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNX

  83. viking persib berkata:

    ANJINK DATANG KE BNDNG GUA TUNGGU

  84. adit orang oren berkata:

    viking th banci.
    gak mau melihat kekurangan diri nya

  85. zhaev berkata:

    anjinx bau hitut the jak

    dasarrrrrrrrr thejak bekox d mna wae

  86. gelang zha berkata:

    kami VIKING VKAD ……Yg sLaLu stya dukUng PERSIB,,,Wlpun KAMI diklilingi Oren tpi KAMI tetep BIRU….

  87. dudung berkata:

    klw pngnd damai cium dlu kaki viking,,
    mank cih the jack tuch anjing,,,
    pha lgi arema bapa’na anjing,,
    hidup bonek,,,

  88. juang berkata:

    bner,bgt.the jak cman mau ke expos duand.
    pdahal kan baru,tp,klakuan’a udah kya TAI.
    gw saranin klau viking gabungan ja ma bonek truz nyerang the jak dech,kan ancur tuch,klau bsa hpuz ja dari persebak bolaan indonesia.
    hidup VISBEK…………{viking sahabat bonek}

  89. juang berkata:

    bner bgt.ngapain hRuz berdamai ma anak bopung{bocah kampung}sampah masyarakat.pdahal the jak tuch baru tp,klakuan’a kaya TAI.dia smua tuch pngen slalu ke expos.mangka’a dia blaga gila.hidup VISBEK{viking sahabat bonek}

  90. juang berkata:

    mesti’a Lu nyadar dong.asal’a lu tuch cman 50 orang yg mengdakan tur ke liling,spaya ambil simpatik orang.pntesan musuh Lu bnyak krjaan’a cman bkin onar doang,mnding klau nyali’a gede,brani’a cman di kndang doang………….lamun maen ka bandung ku aing di podaran kabeh.dasar sampah masyarakat,ga ada jiwa sportivitas sbagai sporter se jati.dasar BOPUNG{bocah kampumh}

  91. indra berkata:

    Berita terhangat yang saya dapat dari indovision chenel star sport, di situ jelas sekali di beritakan bahwa star sport akan membeli hak siar persib bandung,, di jelas untuk putaran berapa dan kapan realisasinya…

    kemudian saya juga dapat informasi dari teman2 facebooker, bahwa mereka juga menyaksikan berita tersebut di chanel starsport,,,

    suatu kebanggaan buat persib bandung, bobotoh, management, dan tentunya indonesia sbg negara penyelengara,,

    dampak positif akan segera di dapat oleh persib..
    secara tidak langsung persib bandung akan berkedudukan seperti halnya MU, chelsea, Liverpool, arsenal bersam klub-klub elit lainya,,

    ini semua terjadi berkat prestasi,popularitas,antusiasme para pecina persib yang ada di tanah air,,

    meskipun belum ada klarifikasi sebenearnya,,, saya bangga, sukabumi bangga, bandung bangga, jawa barat bangga, indonesia bangga..

    Goooo international…

    search engine menyebutkan persib bandung berada di posisi pertama untuk asia, yang di buru berita oleh para penggemar sepak bola,,

    belu lagi dari keberhasilan management yang membawa persib bandung satu-satunya tim yang banyak diminati para sponsor, sedikit contoh dari kalangan otomotiv,makanan,perbankan udah resmi menggandeng persib sbgai partner…

    mungkin ini sinyal untuk persib yang akan menjadi club profesional yang akan di akui oleh dunia… mudah2an saja..

    dengan adanya berita ini, mudah-mudahaan tim serta management termotivasi untuk meningkatkan kinerja serta mengejar suatu prestasi tinggi demi kemajuan bangsa indonesia…

  92. indra berkata:

    VIDEO sesama THE JAK terlibat TAWURAN

  93. indra berkata:

    Persib Bandung, klub paling terkenal di dunia maya

    Tidak bisa disangkal lagi, klub kesayangan kita adalah klub paling terkenal di Indonesia, khususnya di dunia maya. Iseng, saya coba melakukan search pada situs search engine terbesar di dunia, yaitu Google. Saya coba memasukkan nama-nama klub peserta Liga Super Indonesia pada keyword. Saya coba melihat jumlah hasil yang ada pada mesin pencari Google. Dan hasilnya adalah sebagai berikut:

    Persib Bandung ………………………………..539,000 hasil
    Arema Indonesia ………………………………459,000 hasil
    Persija Jakarta …………………………………328,000 hasil
    Sriwijaya FC …………………………………….294,000 hasil
    Persebaya Surabaya ………………………….234,000 hasil
    PSM Makasar …………………………………..211,000 hasil
    Persik Kediri …………………………………….167,000 hasil
    Persisam Putra Samarinda ………………….165,000 hasil
    Bontang FC ……………………………………..164,000 hasil
    Persema Malang ……………………………….123,000 hasil
    Persiba Balikpapan ……………………………122,000 hasil
    Persipura Jayapura ……………………………110,000 hasil
    PSPS Pekanbaru ………………………………109,000 hasil
    Persitara Jakarta Utara ………………………107,000 hasil
    Persijap Jepara ………………………………….84,700 hasil
    Persela Lamongan ………………………………83,300 hasil
    Persiwa Wamena ……………………………….70,200 hasil
    Pelita Jaya Karawang …………………………..54,500 hasil

    Dalam memasukkan nama klub ke keyword, saya menggunakan nama resmi klub yang dirilis oleh BLI pada musim 2009/2010. Misalnya, saya masukkan nama Arema Indonesia bukan lagi Arema Malang, atau Pelita Jaya Karawang bukan lagi Pelita Jaya Jawa Barat.
    Dari hasil diatas terlihat Persib Bandung merupakan klub peserta liga Indonesia yang memiliki nilai jual paling tinggi karena banyak diliput oleh media-media khususnya di Internet.
    Belum lagi jika kita masukkan kata bukan ‘Persib Bandung’, tapi cukup ‘PERSIB’

    yang terjadi adalah: “3,060,000 hasil !!!!!”

    bandingkan hasil tersebut dengan juara Liga Jepang yaitu ‘KASHIMA ANTLERS’
    yang hanya 637,000 hasil
    bandingkan juga dengan juara Liga Champion Asia yaitu ‘POHANG STEELERS’ yang juga merupakan juara liga Korea yang hanya 284,000 hasil

    meskipun 3,060,000 hasil masih kalah jauh dibandingkan hasil search tim eropa seperti ‘manchester united’ yang didapatkan 80,600,000 hasil, tapi kita sudah bisa melihat bahwa Persib Bandung bukan saja tim yang hanya bisa memiliki nilai jual di Indonesia, melainkan juga di Asia.

    Melihat hal ini, sudah sepantasnya Persib Bandung bukan lagi menjadi ‘Tim Papan Atas’ Indonesia tetapi menjadi ‘Tim Papan Atas’ di Asia.

  94. indra berkata:

    persib didekati 3 pemain sriwijaya FC

    Persib Bandung dikabarkan tengah didekati 3 pemain Sriwijaya FC (SFC). Mereka adalah Penjaga gawang Fery Rotinsulu dan 2 gelandang Isnan Ali dan Ponaryo Astaman (gelandang). Mereka diberitakan akan hengkang karena SFC mengalami masalah internal.

    Seperti yang dilansir okezone.com, Umuh Muhtar selaku manajer Persib mengaku telah mendengar kabar tersebut. Namun soal kepastian merekrut mereka belum bisa dipatikan sekarang.

    “Ya betul saya sudah dengar kabar tersebut. Saya senang sekali jika Persib menjadi bidikan para pemain timnas. Kita masih ingin mendengar kepastian. Soal apakah nanti direkrut atau tidak akan kita follow-up nanti,” kata Umuh.

    Umuh menambahkan Persib sendiri sangat membutuhkan mereka untuk mengisi skuad Pesib pada putaran kedua musim kompetisi 2009/2010 ini. Karena Persib sendiri masih mempunyai masalah dalam merotasi pemain.

    Persib sendiri sekarang sangat membutuhkan pemain untuk posisi penjaga gawang, setelah Kosin akan meninggalkan Bandung akhir bulan februari ini. Sementara itu, tentu saja kedatangan Isnan Ali dan Ponaryo akan menjadikan lini tengah Persib semakin bervariasi setelah kedatangan Otomo.

    Namun, seperti yang pak Umuh katakan, beliau masih belum mendengar pernyataan ini langsung dari pemain bersangkutan sehingga belum bisa memutuskan langkah apa yang akan beliau ambil.

  95. same berkata:

    kalo mnurut gw, damai az lo smwa !! gx da untungnya klian bermusuhan !! damai itu indahhhh , , ,

  96. Culay JAK MANIA berkata:

    VIKING BONEX SAMA AJA,SAMA2 ANJINK.
    KALO EMANG LOE VIKING DATENG KE JAKARTA PADA SAAT PERSIB ANJINK LAWAN PERSIJA JAKARTA.SALAM BWT ANJINK2 BANDUNG YA…………..!

  97. Culay JAK MANIA berkata:

    MACAN KEMAYORAN EMANG OKE………
    UNTUK OM BENDOL KALO BZ BELI DONK J.LOPEZ,ALI KHADAFI,ZAH RAHAN,MAHYADI P.
    SALAM BWT SLURUH JAK MANIA YANG ADA DI INDINESIA……..

  98. AREMA INDONESIA berkata:

    WLAH WALAH KITA SUPORTER INDONESIA SAMA SAMA MANUSIA NGAPAIN RIBUT SEMUA PASTI ADA JALAN KELUARNYA
    THE JAK BENCI VIKING LAH
    AREMA BENCI BONEK ITU JELAS HEHEHEHE

  99. egha viking kircon berkata:

    deeerrrrrrrrrr,.,.,

    kami viking kirco,,,

    siap menderang gonk perang!!

    the jek (anjink) brani nyerang kami saat kami menang 20 juta,,,

    kami siap menyerang de jek ke kandang nya (SAMPAH IBUKOTA)

  100. viking cibay berkata:

    g mna mau d blang benar sesama the jak aja tauran…. jak memang anjinkkkkkkkkkkk,warga sekitar jadi korban’emang g tau dri ngakunya anak ibu kota tp perlakuan ky rnx kmpng dasar anjinkkkkkkkkkk

  101. ajust berkata:

    mnrut gua,,,,,,,,, viking ma the jack gk bklan bisa dmai kloo orang’x pd gk tau dri,,,, dan gk tau kloo dmai tuu indah…..!!!!!!!!!!

  102. ukin ti viking berkata:

    aing rakyat padjajaran moal bsa damai jeng ngarana budak the jak. the jak itu sampah ibu kota,orang.a jgaa pda anjing gtw drii.goblog lagii,buang sanpah dikalii tnggu aja petaka.a rakyat the jak bakal musnahh?
    slam ribut dri rakyat padjajaran bwat the jak anjingg

    _kusimpan viking dihati
    the jak dina liang tai_

  103. cameet berkata:

    viking n the jack,,,, gk bklan prnah damai…….!!!!!!!!!! slam ributtt wat the jack tai anjink……

  104. fhereum berkata:

    the jack anjink,,,,,,bagonk siach….. wwni di kndang goblog pisan,,,,, dasar anjink the jack… pko.a the jack smua.a gembel,,,,

  105. cemon berkata:

    the jack anjink…….sampah ibu kota…..
    aink anti the jack….

    aink bdak viking…. slam ribut buat the jack dr brudak viing…..

  106. tunyep berkata:

    sok lah,,, raribut,,, aink siap jank mencet nun cderana mah…… viking sllu diHATI,,,,,

  107. fhereum berkata:

    sedikitpun viking gk prnah tkut sm the jack……..
    geus we ku cungur sia lamotan bajaj jeung bemo….tonk hayang jadi suporter bola…….

  108. adit berkata:

    pada banyak omong…mun wani viking datang ka jakarta…the jak datang ka bandung…aremania datang ka surabaya…bonek datang ka malang…ato lebih bagus viking, the jak, bonek, & aremania datang ke Papua…ikut perang sana di timika…lumayan…pulau jawa agak kosong…
    hidup persib…!!!!

  109. khocrot berkata:

    bansa viking ati” kLo pnya muLut….

  110. Masyarakat nih berkata:

    Gene aja deh yg mo damai,damai aja.. yg mo ribut,ribut aja sampe mati toh dosa dibawa masing2 sampai semua lu pada mati…Lo semua mo pd perang ato nonton and ngedukung tim sepakbola sehh… The jack and viking sampah masyarakat semua bsanya pd ribut aja… Geto aja kok repot…!!!

  111. Bambang Pangnotdet berkata:

    Penyebabnya sepele dan manusiawi, rasa iri. Iri hati dan sirik inilah yang membuat keduanya bermusuhan. Rentang waktu 1985 hingga 1995 adalah masa keemasan Persib. Sementara Viking yang berdiri tahun 1993 begitu setia mendukung klub kebanggaan warga Jawa Barat itu. Dimanapun Persib bermain, disana pasti ada Viking. Termasuk jika bermain di Jakarta. Semua menjadi lautan biru.

    Inilah yang membuat anak muda ibukota iri. Selain kejayaan Persib kala itu, kesetiaan Viking membuat hati mereka panas. Saat itu muda-mudi betawi baru mampu membentuk kolompok kecil bernama Persija Fans Club. Walaupun begitu, kebesarkepalaan mereka sudah sangat menjadi. Hingga terjadilah insiden di stadion Menteng. Saat Persija menjamu Maung Bandung pada Liga Indonesia ke-2. Viking membirukan Ibukota dengan sekitar 9000 anggotanya. Sementara Persija Fans Club hanya berjumlah tak lebih dari 1000 orang. Rupanya bocah-bocah betawi itu tak rela kandangnya dikuasai supporter kota lain. Mereka pun membuat ulah. Seakan lupa jumlah mereka tak lebih dari 10% anak-anak Bandung. Hingga akhirnya, mereka mendapatkan akibatnya. Dengan kuantitas yang hanya satu tribun VIP, lemparan batu diarahkan Viking pada lokasi mereka menonton. Dan itu dilakukan Viking di Jakarta. Hal yang tidak berani dilakukan bocah Jakarta di Kota Kembang.

    Singkat cerita, pada tahun 1997, muda-mudi ibukota ikut-ikutan membentuk perkumpulan supporter. Mereka menamakannya the jakmania.

    Kebodohan the jak terekspos keseluruh negeri ketika mereka tak berdaya menghadapi Viking dalam kuis Siapa Berani. Kuis yang menguji wawasan dan kemampuan berpikir. Itu merupakan edisi khusus kuis Siapa Berani, edisi supporter sepak bola. Menghadirkan Viking, the jak, Pasoepati (Solo), Aremania, dan ASI (Asosiasi Suporter Indonesia). Pemenangnya, Viking. Perwakilan Viking berhasil melewati babak bonus dan berhak atas uang tunai 10 juta rupiah.

    Seperti biasanya, rasa iri dari the jak muncul. Malu dikalahkan di kotanya sendiri, ketua the jak saat itu, Ferry Indra Syarif memukul Ali, seorang Viker yang menjadi pemenang kuis. Sungguh perbuatan yang tidak pantas dilakukan oleh seorang ketua. Ketuanya saja begitu, apalagi anak buahnya?

    Kejadian itu terjadi di kantin Indosiar, ketika dilangsungkannya acara pemberian hadiah. Kontan keributan sempat terjadi, namun berhasil diatasi.

    Kesirikan the jak tak sampai disitu. Mereka menghadang rombongan Viking dalam perjalanan pulang menuju Bandung, tepatnya di pintu tol Tomang. Anak-anak Bandung yang berjumlah 60 orang pulang dengan menggunakan dua mobil Mitsubishi Colt milik Indosiar dan satu mobil Dalmas milik kepolisian. Ketiga mobil ini dihadang sebuah Carry abu-abu. Dua lolos, namun nahas bagi salah satu Mitsubishi Colt yang ditumpangi para anggota Viking. Mobil itu terperangkap gerombolan the jak. Kontan, mobil dirusak, Viking disiksa, dan uang para pendukung pangeran biru itu pun dijarah. Termasuk handphone dan dompet mereka.

    Tercatat sembilan anggota Viking mengalami luka-luka. Tiga diantaranya terluka parah. Namun sayang, pihak kepolisian lamban dalam menyelesaikan kasus ini. Termasuk dalam menangkap the jak yang merampok dan menganiaya anggota Viking Persib Club.

    Hingga saat ini perseteruan kedua kelompok supporter itu masih terus berlanjut. Viking, yang bersahabat karib dengan klub penggemar sepak bola lainnya ( Bonek, Sakera, Blue Devil, The Lobster, Persikmania, Kampak FC,dll. ) tidak akan pernah berbesar kepala. Viking akan menjaga persahabatan itu sampai kapanpun. Persija pun iri dan ingin menggoyahkan persahabatan ini. Tapi Persija tidak berhasil. Sampai kapanpun kita akan satu…

  112. dikky.zuk berkata:

    darahku biru
    jiwaku biru
    viking nu aing
    bonex temanku
    the jak musuhku
    di bawah kaki

    aing budak persib
    aing dukung persib
    viking anu aing
    the jak mah anjing

  113. yepi sanjani berkata:

    yang penting persib di hati……..
    bonex dinanti………………….
    dan musuh” seporter kita telah mati…..

  114. TYAN THE JAK berkata:

    AKU PUNYA ANJING KECIL
    KU BERINAMA VIKING
    DIA SENANG BERLARI2
    SMBIL MEMANGGIL BONEK
    BONEK MAU KEMANA-BONEK MAU KEMANA
    GAK MAU KEMANA2 CUMA MAU MATI
    MA VIKING ANJING

  115. jaber berkata:

    wooyyyyy ,, anak” the jak n viking ,,
    ngpaen mw msuhan ,, sma” indonesia juga ,,
    tp ,, it kn dh prinsip klian ,,
    yg penting ,,

    hiduppppp ,, POST terong

  116. gadink berkata:

    the jack ancok!!

  117. BluE virGin berkata:

    Gw setuju ma posting Bambang Pangnotdet
    semua ini hanya berawal dari :”IRI”
    bototoh sudah memberikan fakta yang ada tentang prestasi klub kbanggaan mereka “Persib Bandung”..namun para jakjing tidak terima dengan kenyataan2 itu . makanya mereka hanya bisa meledek menghujat, menghina, dan membuat diri mereka bangga dengan ketidakmampuan(baca: ketololan) mereka.
    satu fakta yang nyata dari thejakjing : mereka bermusuhan dengan supporter satu kota sendiri yaitu supporter persitara yang notabene adalah klub dari jakarta, apalagi dengan supporter klub kota lain???
    apakah ada supporter tim tandang ke jakarta pulang dengan aman???? TIDAK ADA!!
    dari sisi Viking sendiri sudah di buktikan pada laga Persib-Persebaya berhasil menjamu bonek tanpa adanya kerusuhan dari pihak viking…begitu juga sebaliknya.

    Saran untuk para supporter yang lainya Dukunglah tim kesayangan kita semua dengan damai.(jangan ng-IRI dengan kami yang memang lebih baik dari jakjing)

    VIVA VIKING

  118. orbit4it berkata:

    asal yang bikin artikel ini!

    permusuhan the jack dan VIKING bukan diawali dari tahun 2000. Tapi jauh-jauh hari. Sebelum Liga indonesia juga atau zaman perserikatan juga sudah ada perselisihan the jack dan VIKING

  119. zain berkata:

    tetaplah menjadi viking teteplah jadi suporter yg menurut anda itu baik………………,,,,,,,,,,,,,,,

  120. cexcox berkata:

    yang jelas ada beberapa fakta:

    pertama : the jak kalah dalam kuis siapa berani yang membuktikan bahwa mereka tolol dan bodoh!!

    kedua : dengan tim se kota (nj mania) saja ribut,, apalagi dengan suporter lain? itu mmbuktikan bahwa jak mania tukang bikin ulah.

    ketiga : jak mania iri dengan suporter lain yang saling bersahabat… nj mania aja yang notabene nya tinggal di jakarta damai sama viking,,,

    terakhir tinggal jak mania berkaca dari kata3 di atas…

  121. agus berkata:

    eh anjing thejack bangsat sia,aink viking smpe mati anti thejacj anjing bangsat, thejack anjing.jakarta tai anjing

  122. agus berkata:

    viking bonek smpe mati the jack anjing..inget loe the jack anak-anak kuningan anti the jack bangsat sia anjing

  123. basri smanda tanjungpandan belitung berkata:

    awarrrrrr ,, jaberrrrr ,, ikaq smue

  124. basri smanda tanjungpandan belitung berkata:

    anjing semua ,, asuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    fuck,,fuck,,fuck,,fuckk
    viking fuck,,bonek fuck ..

    orange drah q ,,

  125. THE JAK berkata:

    VIKING BONEK SAMA SAJA
    SAMA2 ANJING
    ANJING ITU VIKING BONEK ITU BABI
    DUA2NYA SAMA2 SAJA
    SALAM VIKING ANJING
    DARI THE JAK CIREBON TIMUR

  126. viker's 0493 berkata:

    yang nulis cerita kayanya pengarang yang handal.
    ea pengarang cerita yang goblok.
    kaya mengadu domba.
    ceritanya emang sesuai tapi ada yang lu buang,
    knapa guk lu angkat dari tahun 1996.
    yang terbaru 24 juni 2001.
    persija vs persib disenayan.
    knapa guk lu tulis cerita arogannya the jack.
    disini awal terparahnya.jangan asal nulis,klo lu cuma denger cerita dari media.dasar goblok.
    tulisan lu malah memperburuk keadaan.

  127. viker's 0493 berkata:

    Aing setuju pisan kanu tulisan bambang pangnotdet.
    itu yang benar.

  128. XTC JABAR berkata:

    kami jarang nonton bola,tapi kamu tahu tentang persib.
    yang kami tahu hanya satu yaitu :

    HARGA DIRI PERSIB=HARGA DIRI BANDUNG
    HARGA DIRI BANDUNG=HARGA DIRI KAMI.

    siapapun yang menghina PERSIB sama artinya menghina BANDUNG.berarti sama dengan menghina kami.
    sekalipun kehadiran kami di benci di kota bandung,tapi kami tidak terima harga diri kami dihina orang lain.
    kami siap MATI demi menjaga harga diri BANDUNG.
    THE JACK=M2R=BRIGEZ=GBR sama sama ANJING,harus disuntik mati bisi rabies.

  129. SUPORTER INDONESIA berkata:

    aku mau nanya,pas aku nonton INDONESIA VS OMAN.
    kok banyak yg pake baju orange.
    sejak kapan timnas INDONESIA pake baju orange.
    dari dulu aku lihat timnas itu pake baju merah atau putih.kirain lawan yg dihadapinya BELANDA.
    suporter ribut terus,gimana sepak bola kita mau maju.
    mau ribut jadi atlet tinju aja bung.

  130. rizal berkata:

    Ya ampun… emang negara ini ga akan pernah maju sepak bolanya…. capek2 kita bangun eh malah rontok lagi gara2 ulah segelintir orang… dulu para pendahulu kita dengan susah payah nahan imbang Rusia yang jelas2 raksasa dunia… ibarat keringet ampe ke bo ol… atau mungkin sampai mati di tengah lapangan mereka rela asal indonesia bisa berjaya di kancah pesepakbola dunia.. itu dulu loh.. jaman masih apa aja susahnya kaya apaan tau.. nah sekarang jaman udah enak.. apa aja ada.. teknologi maju… seharus nya moral kita jauh lebih maju dari jaman dulu… coba liat negara2 maju… itali .. belanda.. bahkan afrika skalipun yang noabene banyak orang susahnya.. mampu jadi tuan rumah piala dunia… makanya ga heran kalo Bambang CS ga bisa berkembang.. jangankan didunia.. diasia aja melempem.. itu mutlak dari andil kita yang masih mengedepankan emotionalisme.. dibandingkan intelijential kita… mau bandung kek.. mau jakarta kek..tetep indonesia bung…
    kalo ga dari sekarang mo kapan lagi… gw pencinta persija… tapi gwe kagum ama persib bandung yang managementnya sudah berubah menjadi PT.. luar biasa… ayo… sekarang yang kita kedepankan persatuan.. demi terciptanya Bola kita yang makin maju… masa kita kalah ama laos yang baru kemarin…

    caiiiooo Sepak bola indonesia

  131. Bobotoh Depok berkata:

    Mau tahu kenapa rusuh melulu? Sebenarnya yang ngata-ngatain itu bukan anggota The Jak maupun Viking, mereka cuma simpatisan. Tiap ada pertandingan Persija, gw selalu lihat anak-anak berbaju oranye berbondong-bondong naik bis, sampai ke atap-atapnya, dan mau tahu mereka siapa? Cuma anak-anak kecil ingusan yang sok gaya! Gak tahu kalo di Bandung, tapi di Depok dan sekitarnya, gw lihat sih anak-anak The Jak itu isinya anak-anak kecil yang paling tua usianya 15 tahun..yang dewasa? Gak tahu, mungkin kerjanya cuma ngajak anak-anak kecil itu….sumpah,gw pikir kok anak-anak itu tolol banget sampe naek2 ke atap bis…

  132. bv berkata:

    THE JAKWARIA+ AREWARIA = KUMPULAN WARIA ,HEU HEU HEU………………… MAAF YA THE JAK ANJINKKKK…………… MAAF YA AREMA DJANCOOK……………. KUBURAN LOE UDAH DEKAT……….

  133. darwin radar berkata:

    Apa pun itu maslahnyah hanya satu sebuah gengsi…kedua kubu tak ada yang mau mengalah…….sy pendukung persib sampai mati……tapi saya gak pernah ikut2 buat benci the jack….bodo amat..mereka yg trus berseteru…yang jelas kerugian yg diterima persib maupun persija ketika viking dan the jak berseteru coba kalian pikirkan….apakah ada untungnya dr perseteruan ini….???mati konyol dan luka memar atas kekonyolan ini….salam damai slalu…..Hidup Persib….

  134. AREMA & THE JAK bondho duwit…
    kalau BONEK & VIKING BODHO NEKAT…!!!!

  135. cumi 354 berkata:

    .au ahh..
    .mending gw molor !!!!!

    .ge ngeliat sepak bola bukan dr

  136. cumi 354 berkata:

    .au ahh..
    .mending gw molor !!!!!
    .GAK PENTING LW SEMUA !!!!

    .gW ngeliat sepak bola indonesia tuh bukan dr ASAL DAERAHNYA !!..
    .TAPI..gw nilai sepak bola itu dari PERMAINANNYA..
    .APAPUN KLUBNYA !..
    .asal PERMAIANANNYA BAGUS N INDAH..
    .gw pazti dukung..
    .N GW TONTON..

    .tolong dunkz..jgn ky ANAK KECIL..
    .apa lagi YANG TUA TUA (pemimpinnya)..
    .MEMALUKAN !!!..

  137. ga pentng sapa gw berkata:

    betul betul betul , , ,
    gw dukung klub yg permainannya bagus !

    gw suka kok ama persib & persija.

    tapi yg gw ga suka twuh viking & the jak nya !

    viking the jak sama aja !!!!
    sama2 ANJINK !!!
    tukang rusuh twuh semua !

    mati konyol twuh orang yg rela mati cuma gara2 viking ma the jak.
    ga bisa menghargai hidup !!

  138. Vikers Jakarta berkata:

    GW ASLI BETAWI…Warna biru itu indah penuh dengan kedamaian….liat aja kalo awan lagi cerah pasti warnanya biru…tentram deh Hati…liat laut kalo tenang pasti warnanya biru…Klub di eropa yang berwarna kostum biru pada elite termasuk suporternya….Anda semua pasti tau warna biru itu artinya apa??? cuma anak2 The Jackjing yang buta warna….APA KATA DUNIA KALAU LANGIT DAN LAUT WARNANYA ORANGE…!!!!!!! VIKING IS NEVER DIE!!!! MATI AJA THE JACK GUE KECEWA MA THE JACK…SESAMA THE JACK RIBUT AKHIRNYA GW PINDAH KELAIN HATI AYO GW TUNGGU BUAT THE JACK YANG MAU TOBAT DAN BERGABUNG BERSAMA KAMI VIKING JAKARTA…100% BUAT VIKING JAKARTA AND NORTHJACK…HIDUP PERSIB BANDUNG

  139. Irfan berkata:

    betul,,the jak ma the jak ajj berantem, apa kaga ancur tuh…guw suka persija tapi w gak suka the jaknya,

  140. ga penting sapa gw berkata:

    THE JACK ANJINK !!!
    THE JACK ANJINK !!!
    VIKING ANJINK !!!
    VIKING ANJINK !!!
    THE JACK ANJINK !!!
    tHE jack TAI ANJINK !!!
    VIKING TAI ANJINK !!!

    SUPORTER BOLA INDONESIA SEMUANYA ANJINK !!!
    ANJINK ANJINK ANJINK ANJINK SEMUA SUPORTER BOLA INDONESIA !!!!

    BAGONG SIA ANJINK !!!

  141. suporter indonesia berkata:

    ga penting sapa gw berkata :
    kami memang anjink.
    kan lu bapa dari para anjink.
    hormat gw buat bapa para ANZINK.
    kapan mengadakan reuni para anzing.

  142. jakers berkata:

    buat vikjing…shrus’a lu sadar…lu ngatain the jak anjing..the jak anjing…
    asal lu tau..famili lu tuh bnyak yg kerja nyari duit d’jakarta…jd lu mikir famili lu aje masih nyari duit di jakarta…jd ga usah dah lu ngatain the jak mania atau PERSIJA LAGI..
    inget tuh…
    viking bonek 1 taiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  143. diah berkata:

    Perseteruan antar suporter Persija dan Persib sudah berlangsung lama, tepatnya sejak tahun 2000 yaitu bertepatan dengan Liga Indonesia 6 berlangsung. Di putaran 1 sekitar 6 buah bis suporter Persib datang ke Lebak Bulus dan masuk ke Tribun Timur. Mereka terdiri dari banyak unit suporter seperti Balad Persib, Jurig, Stone Lovers, ABCD, Viking dll. Saat itu yang terbesar masih Balad Persib. Meski sempat nyaris terjadi gesekan dengan the Jakmania, tapi alhamdulilah tidak terjadi bentrokan yang lebih luas. Justru suporter Persib bergerak ke arah the Jakmania tuk berjabat tangan. Gw inget banget yel mereka waktu itu : “ABCD … Anak Bandung Cinta Damai”. Selesai pertandingan suporter Persib juga didampingi the Jakmania menuju bus mereka. The Jakmania mengikuti dengan menyanyikan lagu Halo Halo Bandung.

    Penerimaan the Jakmania membuat Viking berniat tuk mengundang datang ke Bandung saat putaran 2. Dialog berlangsung lancar karena seorang Pengurus the Jakmania yang bernama Erwan rajin ke Bandung tuk bikin kaos. Hubungan Erwan dengan Ayi Beutik juga konon akrab banget sampe2 Erwan pernah cerita kalo dia suka sama adiknya Ayi Beutik. Melalui Erwan jugalah Viking menyatakan keinginannya tuk mengundang dan menyambut the Jakmania di Bandung meski mereka sendiri masih khawatir dengan sikap bobotoh yang lain.

    The Jakmania saat itu belum sebesar sekarang. Yang nonton di Lebak Bulus aja cuma di sisi Selatan tribun Timur. Jadi bersebelahan dengan Viking. Nah ajakan Viking itu langsung kita bahas, dan kita memang sudah punya niat tuk melakoni partai tandang. Dibentuklah kemudian perencanaan, salah satunya dengan mengutus Sekum dan Bendahara Umum the Jakmania saat itu yaitu Sdr Faisal dan Sdr Danang. Mereka ditugaskan tuk melobi Panpel Persib dari mulai masalah tiket hingga tribun the Jakmania. Kebetulan Danang lagi kuliah di Bandung sehingga tempat kosnya jadi tempat kumpulnya the Jakers disana. Selain mereka berdua memang adalagi yang menawarkan diri tuk bantu seperti Sdr Budi Rawa Belong.

    Jujur gw katakan kita memang belum pengalaman mengkoordinasikan anggota tuk nonton tandang. Tapi yang menjadi masalah justru bukan di koordinator tapi di anggota. Banyak anggota yang bandel daftar pada hari H nya. Jumlah yang tadinya cuma 400 orang berkembang menjadi 1000 orang lebih! Bayangin gimana repotnya kita nyari bis tuk ngangkut segitu banyak orang. Akibatnya kita berangkat baru jam 12 siang! Itu juga terpecah menjadi 3 rombongan. Satu bis berangkat lebih dulu karena akan ganti ban. Disusul 4 bus kemudian. Dan terakhir termasuk gw berangkat dengan 4 bus tambahan.
    Keberangkatan kita sendiri juga masih diliputi keraguan apakah dapat tiket atau tidak. Tim Advance yang diutus mendapatkan kesulitan mencari tiket. 4 hari sebelum pertandingan terjadi kerusuhan di stadion Siliwangi akibat distribusi tiket yang kurang lancar. Ada seorang Vikers yang menganjurkan the Jak tuk hadir di acara khusus pertemuan tim dengan suporternya. Faisal, Danang dan Budi ambil keputusan tuk hadir di acara itu. Disana mereka sempat bertemu Walikota Bandung, Kapolres, Ketua Panpel dan Ketua Keamanan. Mereka semua menjamin bahwa the Jakmania akan bisa masuk dan tiket akan disiapkan khusus. Paling tidak itulah info yang gw dapet dari tim Advance.

    1 bis pertama tiba di Stadion Siliwangi. Viking siap menyambut dan mempersilahkan masuk ke stadion, padahal tiket belum di tangan. Sayang hal yang dikhawatirkan Viking terbukti. Perlahan tapi makin lama makin banyak datanglah bobotoh nyamperin the Jak dengan sikap yang tidak simpatik. Melihat gelagat buruk ini Viking minta the Jak tuk keluar dulu ke stadion sambil menunggu rombongan berikut. Sembari menunggu, beberapa rekan ada yang melaksanakan sholat ashar dulu. Ketika selesai sholat, mulailah terjadi hal2 yang tidak diinginkan. Rekan2 kita mendapatkan pukulan disana sini dengan menggunakan kayu. Salah satunya (gw lupa namanya) tersungkur berlumuran darah yang keluar dari kepalanya. Melihat situasi ini the Jakmania kembali diungsikan menjauh dari stadion.

    Rombongan besar 8 buah bis akhirnya tiba juga. Tapi karena terlambat, stadion Siliwangi sudah penuh sesak. Lagipula kita tetap tidak berhasil mendapatkan tiket. Panpel memang kelihatan salah tingkah dan berusaha mengumpulkan dari calo2 yang masih beredar di sekitar stadion, namun jumlahnya juga tidak memadai hanya 300 lembar. Sementara bobotoh yang masih berada di luar juga mulai melakukan serangan terhadap the Jakmania. Gw sempet coba menenangkan dan cekcok dengan seorang bobotoh yang ngambil dengan paksa kacamata anggota kita. Bobotoh itu bilang kalo dia kesal sama anak Jakarta karena mereka juga diperlakukan dengan tidak simpatik di Jakarta ketika menyaksikan pertandingan Persijatim vs Persib di Lebak Bulus. Mereka tidak mau tau kalo Persijatim tu beda dengan Persija. Seingat gw kejadian ini sempat direkam foto oleh wartawan dari Tabloid GO dan terpampang jelas esoknya di media tersebut. Dan kalo ga salah yang nyerang kita tu pake kaos Stone Lovers dan Persib. Mungkin ada juga yang laen karena gw dah lupa dan kurang jelas.

    Gw lalu ngambil inisiatif tuk nyari rombongan pertama yang dateng duluan dan mengajak mereka tuk gabung ke rombongan besar. Disana gw minta maaf ke semua anggota karena gagal membawa rombongan sampai masuk ke stadion. Di situ dari Panpel juga sempat minta maaf. Namun kondisi ini tidak bisa diterima oleh seluruh rombongan, bahkan mereka juga tidak mau berjabat tangan dengan 3 orang Viking yang masih setia mengawal meski pertandingan sudah berlangsung.

    Ketika rombongan hendak pulang, tiba2 kita diserang lagi oleh bobotoh yang masih nunggu di luar stadion. Kondisi ini jelas tidak bisa diterima. Sudah ga bisa masuk masih juga diserang. Akhirnya kita balas perlakuan mereka. Jumlah bobotoh di luar stadion masih ratusan sehingga terjadilah bentrokan yang mengakibatkan pecahnya kaca2 mobil akibat terkena lemparan dari kedua kubu. Ketika polisi datang, keributan mereda dan the Jakmania mulai beranjak pulang. Sempat pula terjadi bentrok beberapa kali ketika rombongan berpapasan dengan bobotoh yang pulang karena tidak kebagian tiket.

    Beberapa waktu kemudian ketika Tim Nasional akan bertanding di Senayan, Viking Jakarta berniat datang. Gw melihat gelagat kurang baik jadi gw minta mereka tuk selalu jalan berdampingan dengan gw. Ketika pertandingan selesai, ada sedikit cekcok antara beberapa orang the Jakmania dengan pendukung PSIS Panser Biru Jakarta. Gw kemudian meminta Sdr Aceng tuk ngawal Panser Biru hingga mereka pulang. Ketika gw hendak kembali ke rombongan Viking, ternyata mereka sudah diserang oleh sekelompok the Jakmania. Buru2 gw lari kesana dan ngambil lagi syal Persib yang sudah diambil. Viking gw kawal trus dibantu seorang anggota dari Tanjung Duren. Di depan, seorang anggota Viking yang mengalami serangan jantung dibawa naik taksi tuk pulang. Sisanya gw temenin sampe Polda Metro Jaya. Kalo ga salah ada Viking Depok yang namanya Rusdi. Sebetulnya menurut gw serangan the Jak saat itu tidak separah ketika kejadian di Bandung. Toh tidak ada satupun anak Viking yang cedera. Cuma sayang ternyata di antara mereka ada juga yang berasal dari Bandung dan entah apa yang mereka ceritakan disana, Viking langsung membalas ketika kita bertandang ke Cimahi melawan Persikab Kabupaten Bandung.

    The Jakmania awalnya bebas bernyanyi dan memberikan dukungan ke Persija. Tapi Viking yang awalnya berada di seberang tribun kita mulai bergerak menghampiri tanpa ada satupun usaha pencegahan dari Panpel. Ketika dekat mereka langsung meneriakkan kata2 penuh kebencian disertai lemparan benda2 keras dan botol ke arah kita. Salah satunya mengenai Sdri Temi yang langsung jatuh pingsan. Gw coba menelpon Sdr Heru Joko Ketua Umum Viking tuk minta bantuan menghalau anggotanya. Heru saat itu bilang kalo dia masih di perjalanan tapi akan segera datang. Belakangan gw dapat kabar dari seorang wartawan kalo Heru ternyata sudah tiba sejak awal pertandingan …..???!!! Ketika pertandingan usai, Panpel meminta the Jakmania bertahan dulu di tengah lapangan hingga suasana aman.

    The Jakmania kemudian keluar stadion dengan pengawalan ketat. Diluar kita diangkut dengan truk polisi dan panser menuju jalan tol dimana bus2 kita sudah menunggu. Sampai disana kita mendapati bus kita dalam kondisi hancur berat. Salah seorang anggota yang usianya mencapai 70 tahun lebih ternyata sudah berada di dalam bis ketika penyerangan berlangsung. Dia jadi saksi bagaimana seluruh tas dan perbekalan diambil oleh Viking yang tidak bertanggung jawab tersebut. Gw langsung telpon lagi Heru Joko tuk protes keras kenapa dia tidak berusaha meredam amarah anggotanya dan kenapa dia berbohong mengatakan kalo dia belum tiba di stadion. Tidak ada penjelasan apapun yang memuaskan hati gw. Dan mulai saat itu gw pikir sangat sulit tuk berharap hubungan membaik bila pimpinan tidak berusaha tuk meredam api permusuhan ini.

    Sejak saat itulah api dendam dan permusuhan terus berkobar di kedua belah pihak. Puncaknya di acara Kuis Siapa Berani di Indosiar. Acara ini diprakarsai oleh Sigit Nugroho wartawan Bola yang terpilih menjadi Ketua Asosiasi Suporter Seluruh Indonesia. Waktu itu Sigit sempat telpon gw dan minta supaya the Jak yang dateng jangan banyak2 tuk menghindari bentrokan. Gw tunjuk 20 orang peserta dab 3 orang cadangan sesuai permintaan Indosiar, plus 1 orang lagi bagian dokumentasi. Mereka cuma gw ijinin pake 3 buah mobil pribadi, karena kalo gw nyewa bis nanti banyak yang ngikut. Gw sendiri ga ikut acara itu karena harus kerja.

    Sayang bentrokan ternyata ga bisa dihindari. Bukan gw memihak tapi faktanya memang Viking yang mulai. Mereka neriakin yel2 “Jakarta Banjir” yang dibales juga oleh the Jak. Suasana memanas hingga akhirnya terjadi benturan fisik. Ketika ditelpon gw langsung menuju Indosiar pake taksi. Sampe disana sebagian the Jakmania sudah diluar Indosiar, di dalam gw liat 6 orang the Jak sedang berselisih dengan Viking. Melihat hal yang tidak sebanding ini gw langsung mendesak ke arah Viking tanpa gw tau siapa yang gw serang itu. Sebelumnya gw nyamperin dulu Aremania dan Pasopati yang hadir disana. Yang gw heran kenapa Viking hadir disana dalam jumlah yang cukup besar, 2 bis berisi 74 orang.

    Letak Indosiar di Jakarta, jadi ga heran pelan2 berdatanganlah para suporter Persija kesana. Suasana sudah tidak terkendali dan atas inisiatif Polisi dan Indosiar, Viking langsung diungsikan dengan menggunakan truk Polisi. Namun kejadian ini ternyata dah menyebar luas kemana-mana hingga akhirnya terjadilah penyerangan terhadap rombongan Viking di tol Kebon Jeruk.

    Setelah kejadian itu gw beberapa kali mendapat panggilan dari pihak kepolisian. Saat itu gw membantah kalo terjadi penyerangan yang memang dikoordinir oleh the Jakmania. Juga gw bantah kalo terjadi perampokan. Gw juga heran gimana Viking menyatakan klo hadiah menang kuis dirampok the Jak padahal hadiah itu kan belum diserahkan pihak Indosiar. Hadiah untuk the Jak pun sampe sekarang ga kita terima. Saat itulah nama the Jakmania menjadi buruk. Di mata media the Jakmania tidak menerima kalah sehingga menyerang. Opini sudah terbentuk dan masyarakat di Bandung juga ikutan menghujat, sementara di Jakarta menyayangkan.

    Ya sudahlah. Biarin orang ngomong apa, tapi ga menyurutkan kebanggaan gw terhadap Persija dan the Jakmania apapun kondisinya. Paling tidak di mata gw sekarang Viking cuma bisa bekoar nantang tapi ketika kalah mereka malah ngadu ke polisi. Sesuatu yang dimata gw sangat tidak suporter.

    Semenjak terjadi permusuhan dengan the Jakmania, apalagi setelah kejadian Indosiar, Viking berkembang pesat menjadi suporter yang dominan di Bandung. Mereka terus menebarkan kebencian ke the Jak dengan mengeluarkan kaos2 dan lagu2 yang bersifat menghujat the Jak. Reaksi anggota the Jakmania juga heboh. Mereka rame2 bikin kaos yang balas menghujat viking. Tapi semua ga ada yang jadi karena gw melarang seorangpun tuk bikin kaos yang bertuliskan viking/persib meski dalam bentuk hujatanpun. Bagi gw tulisan yang pantas berada di kaos suporter Persija hanyalah PERSIJA dan THE JAKMANIA.

    Cuma akhirnya gw nyerah juga, biar gimana gw ga mungkin ngelawan arus trus. Ini terjadi ketika Ismed Sofyan diserang sama Viking di Bandung ketika uji lapangan. Kondisi kaya gini dah ga bisa gw terima. Sejak itulah bertubi-tubi keluar desain2 dan yel-yel serta lagu menghujat mereka. Cuma tetep ada bedanya the Jak sama Viking. Kalo the Jak nyanyi hujatan hanya saat pertandingan melawan Persib, tapi klo Viking sepertinya hendak melakukan propaganda kepada anggotanya dan masyarakat bola. Mereka terus melakukan hujatan meski saat itu Persib tanding melawan tim lain.

    Sikap ini justru malah mengobarkan api kebencian suporter Persija terhadap Viking. Sehingga the Jakers banyak yang benci mereka bukan karena tau kejadian awalnya, tapi karena mereka ga suka dikata-katain terus. Belakangan Komisi Disiplin mengeluarkan larangan akan hal-hal seperti ini. Terlambat! Dan penerapannya juga ga konsisten, masih banyak yang tetap melakukannya, bukan hanya Viking atau the Jakmania tapi hampir di semua stadion di Indonesia.

    Sebetulnya ada juga pihak2 yang mengusahakan perdamaian. Panpel Persib pernah berinisiatif mempertemukan the Jakmania dan Viking di Bandung. Gw sendiri hadir saat itu bersama 2 orang lagi, Heru Joko hadir bersama 3 orang temannya, Panpel Persib dan Manajer Persija saat itu Bpk IGK Manila. Tapi pertemuan tersebut buntu karena tidak ada niat dari Heru Joko tuk berdamai.

    Perseteruan makin melebar. Semakin banyak Viking yang masuk ke website the Jakmania dan menebarkan virus kebencian … semakin banyak dan besarlah kebencian the Jakers ke mereka. Bahkan Panglima Viking Ayi Beutik sempat mengeluarkan pernyataan tuk menjaga kelestarian permusuhan ini seperti Barcelona dan Real Madrid.

    Gw sih sebetulnya dah masa bodo dengan hal ini. Konsentrasi gw sekarang kan di tim, dan the Jakmania sudah punya pengurus yang baru. Tapi gw juga ga bisa tinggal diam bila permusuhan ini merembet ke tim masing2. Setelah beberapa kali mendapat perlakuan buruk tiap bermain di Bandung, akhirnya the Jak melakukan pembalasan pada bis Persib di Lebak Bulus. Jujur, gw tidak setuju dengan cara seperti ini, meski gw juga tidak menyalahkan. Seminggu sebelumnya gw dah bilang di forum the Jakmania di sekretariat Lebak Bulus, kalo Heru Joko ketua Viking, ikut bantu mengamankan bis Persija di Bandung. Ia bahkan berada langsung dalam bis Persija. Tapi masa disana memang sudah sulit terkendali bahkan oleh ketuanya sekalipun. Apa boleh buat? The Jakmania sudah melaksanakan pelampiasan dendamnya, sayangnya dengan melakukan tindakan yang sebelumnya mereka cela.

    Sekarang permusuhan the Jakmania kontra Viking menjadi warna tersendiri bagi sepakbola Indonesia. Seorang sutradara tertarik menjadikan perseteruan ini sebagai inspirasi dalam filmnya yang berjudul ROMEO & JULIET. Lucunya di tengah perseteruan, mereka justru kompak untuk menolak film ini dengan alasannya masing2. Bedanya di Bandung .. Ketua Viking dengan didukung anggotanya membuktikan ucapannya dengan menggagalkan pemutaran film ini. Sementara di Jakarta justru sebaliknya, meski pimpinan menyatakan akan menuntut tapi toh hampir semua bioskop2 di jabodetabek dipenuhi oleh orang oren yang memang sudah ga sabar menanti film ini diputar.

    Nah, itulah kisah panjang tentang permusuhan 2 kelompok suporter besar di Indonesia, paling engga dari kacamata gw. Tulisan ini dibuat atas permintaan seorang bobotoh yang penasaran dengan sebab musabab permusuhan tersebut. Gw juga ga suka dengan orang yang berkomentar sinis baik terhadap the Jakmania maupun Viking. Mereka itu tidak tau apa2, bisanya cuma menghakimi aje. Ada hak apa mereka menghujat? Liat dulu kisahnya baru mereka akan berpikir dan bantu mencarikan solusi.

    Klo lu tanya ke gw, masih ada ga kemungkinan damai? Jawabanya ‘bomat” alias bodo amat. Ngapain mikirin? Bagi gw damai tu bukan kata benda, tapi kata kerja. Jadi ga usah banyak ngomong deh, yang penting buktiin. Lebih baik mikirin KOMITMEN masing2 aje, lebih cinta mana kita sama PERSIJA atau sama PERMUSUHAN DENGAN VIKING?

    sumber:notes fb bung ferry

  144. cocovnut treez berkata:

    ah ….
    iianq pntng oren sejati taq kan pernah berhenti PERSIJA AMPE MATI …..

  145. hary sii bocah neraka berkata:

    akkkkh , jak cmand bsa ngada” .
    dluu tuuuh viking niat utk mndukung persib klub k’syangan.a . . .
    nmund , viking d.srang oleh jak tanpa ad penjelsan .
    viking ngk terima doonk d.gituin .
    spa jga yg terima klo d.pukulin tnpa ad mslah yg jlas .
    dluu maend.a d.kndang persija jd persib tandang .
    nmund wktu viking maw masuk ad stu penyerangan thdap persib .

  146. gua ingin viking and jak damai…

  147. JAk PadeManGan berkata:

    Wew kan dari dlu yg salah viking duluan knp dia membenci kita? padahal mereka yg bilang (Permusuhan ini harus di lestarikan!!) kegoblokan viking itulah yg jadi kita musuhan

  148. JAk PadeManGan berkata:

    Viking Goblok nya Keterlaluan!!!!!!!!1

  149. david berkata:

    Haramkan viking d ibu kota
    viking peliharaan ibu kota
    viking sampah ibu kota
    meskipun banyak yg menghujat persija di mata w persija selalu dihati and selalu dinanti…….

    PERSIJA sampai mati……..

    by:THE JAKMANIA

  150. GARIS KERAS berkata:

    buat apa viking ?
    buat apa bonek ?
    viking,bonek tak ada gunanya….

    woyyy anak jakarte….
    kite ga usah komentar lgi.
    sbage supportes terhormat.. kite ga usah ngusurin sampah jawa barat.
    kite urusin bersama ilangin a”NJ”ink.

    Arema,the-jak,pelita jaya, snek, dan lain” sodara abadi.
    ga usah ngurusin viking,bonek..
    klo semacam seporter kya pereksik kediri ga usah d urus..
    mereka cuma suporter buangan aje.

    salam GARISKERAS dan lain-lain..
    by: b’ler (SENAYAN).

  151. Wiro berkata:

    Setelah baca tulisan diatas kesimpulan yg didapat adalah :
    Binatang paling ngetrend disini nomor :..
    1.Anjing
    2.Monyet

    Manusia kayaknya sedikit..wkwkwwk

  152. muhammad berkata:

    YA JECK MANIA DA VIKING SEMOGA CEPET DAMAI SAJA OK

  153. ella berkata:

    Bisa gak sc ga ribut trus,mlu dunk sma org luar,THE JAK,VIKING saudara kok kita kan 1 indonesia sharus nya kita hrus membanggakan tanah air kita dunk,masa demi bolla kita haris mati,smpai2 darah bercu2ran,ingat sma dosa,klw demi bola mati hny ingin menyiksa diri,…
    Jadi Lah anak INDONESIA yg membanggakan,,,,,

  154. ella berkata:

    jika Viking,THEJAK damai itu sulit ,buang Napa setan2 dari fikiran kalian ,shrus nya kalian bersyukur udah di ciptakan di dunia ini,jgn mnyia2 kan hidup hnya mati tauran..
    klw org kya gitu mah emang di dunia gak bahagia,di akhirat pun sengsara,…
    Bhagiakan dulu kLuwarga kalian,
    Ok,Oke Dunk…

  155. haryandi agustiana putra berkata:

    lihat viking brnyanyi utk mendukung tim kesayangan.a .
    yaitu persib .
    kami viking datang bukan utk mencari keributan .
    tp , utk mendukung tim kesayangan .

  156. joy berkata:

    jaya lah persib ku .. bantai semua yangmenghadang di depan mu ..
    para bobotoh dan viking slalu ada untuk mu …

  157. Meonk berkata:

    Dilihat dr asal mulanya emang SUDAH KELIATAN ada mslh, dr k tdk sigapan panpel THE JAK mengkoordinasikan jmlh sporter dr 400 menjadi 1000. Sudah lah yg lalu udah terjadi dan sekarang tinggal generasi muda untuk memperbaiki citra masing2 sporter. saatnya persepak bolaan INDONESIA melangkah jauh ke depan. Apapun bendera kita, kita tetap INDONESIA.

  158. candu berkata:

    BODO AMAT !!!!!

  159. cindy berkata:

    sudhlaaaahh,,dunia smakin tua tlong ciptkan kedamaian.. itukan msalalu

  160. maLLa rHee siie berkata:

    wOOOiii,,,
    masA mUda tUKh bWt dii niikmaTiin,,
    seNEng”..
    biiiiN rUsUh,,
    nd sTu llg,, TAWURAN,,
    u sMua ga bkL pRnH taU giimaNa sERu’a taWURAn ..
    cUma oRAng” yaNg fiikiRAn’a “KOLOT” yang biLang “DAMAI”..
    “VIKING EX PERSIJA AMPE MATII KAGAK BAKAL DAMAI”

  161. park choyoung berkata:

    sekali anjing tetep aja anjing ..
    dasar viking keparat sama n’a ma bonek dancok ..

  162. The kmer's berkata:

    Salam perdamaian untuk smuanya…

    The Kmer’ s

  163. feri berkata:

    jangan saling berbicara rasis, jangan menghina, dukung tim kesayangan masing-masing gendan benar, kalau supporter harus mendukung, bukan mengejek atau merusak, menjarah, lemparin warga.
    by:JAK-AREMANIA satu hati & BONDO.N-VIKING sama saja

  164. GARIS KERAS PETUKANGAN berkata:

    Persija Berdiri sejak tahun 1928 sedangkan Persib 1933
    Stadion pertama di indonesia adalah stadion menteng berdiri sejak 1921 (stadion Persija)
    Jadi Persija thn 1928 sudah bermain bola kalian Persib masih nyeker di sawah….Jadi aneh kalau kalian bilang banyakan supporter Persib dari pada supporter Persija…??? Aneehhhhh,mungkin kakek kalian kenal dengan Anjasmara,alm Ronny patinasarani andi lala dll pemain persija…apakah Persib atau Persebaya sudah ada waktu itu…??? hahahahahahahaha
    Jadi jangan Pernah Menghina the JAKARTA selama Kakek Nenek,mbah,ninik,mamang,teteh atau bahkan kalian masih mencari uang dan Kerja di JAKARTA..oke
    THE JAK GARIS KERAS PETUKANGAN

  165. PERSIB CUMA JAGO KANDANG
    GA PUNYA NYALI KELUAR KANDANG
    ORANG KAMPUNG YANG BERLAGAK KOTA
    VIKING PENGECUT CUT CUT CUT
    KAYA CURUTSSSS

  166. yogie berkata:

    GAK PEDULI SIAPA THE JAK, VIKING, BONEK, AREMANIA….
    KALO LOE MEMANG JANTAN DATANG KE SUMATERA LOE PASTI HABIS………..

  167. nie ftie berkata:

    BuaT pa cie.,beRanTem tRus.,mendinGan juGa sHoLat berjama’ah kan dPeT pHaLa

  168. z-plak oi berkata:

    gue anax abcd ( anax bandung cinta damai ).
    kalo loe manusia ?…
    loe pasti ngerti arti dari kata perdamaian.!!!
    by : abcd bandung.!

  169. conot berkata:

    buat aku kenapa ada kata terlambat segala wat jalan damai toh pendukung barcelona n madrid juga tidak sampai musuhan…….. akh ada” aja kalo lolo pade ngaku warga indonesia apa susahnya sieh damai

  170. angga berkata:

    hey aq rang persib wllu pun aq viking tp aq ttp gx mw musuhan ma the jack dan bukan.a aq gx tw tntang bola,, ngapain mesti ribut segala sich,, gx add kerjaan klian semua,, heh nyadar dunia tuch dach di penuhi oleh dosa klian yg sifat.a msih keanak anakan,,
    saya harap yang sudah biar lach berlalu,, ikhlas kan,,
    nyadar dong klian itu,, wllu pun aq viking aq ttp gx mw add pertengkaran ,, lg.an buat app para suporter klu kalah maen ribut ajj dasar ebel,, kadang rusakin jalan2,, beg0,, INDONESIA mau maju gmn kalian.a jga begini AUTIS!! mana sifat dewasa mu ,, jgn kalah ma aq yg masih umur 13 tp logika.a ,, dan buka.a aq sombong!!!! ayo kita bangkitkan dengan senyuman agar INDONESIA maju dan dosa dosa kalian di hapuskan oleh yang maha kuasa,,
    sadar!!!!!!!!!!

  171. Blue Lady berkata:

    “ERZA RAHMAWAN: emang dasar tim kampung , gol gol nya gk ada yg brmutu , ngapain pake sujud syukur sgala goNzalek , mualaf aja sok soan sujud , msuk islam cuma pngen ngentot sah doang ama istrinya .

    gk ada sejarah’a tim gw kalah di jakarta .
    Persib ANJING
    Sunda haram
    BDG kota jinah kena bnjir”

    Seorang Jakmania menulis kata2 tersebut di facebook…untuk melihat lebih lengkap bisa dilihat di link berikut:
    http://www.facebook.com/pages/Bandung-Indonesia/PERSIB-Bandung/21164211233?v=feed&story_fbid=376160746233

    Tulisan tersebut membuktikan siapa sebenarnya yang pengecut?siapa yang rasis?siapa yang menebarkan isu permusuhan?Yang hanya berani bertingkah di dunia maya

  172. fachrie12 berkata:

    wah, kalo kaya gini sih gue gak setuju, gue juga dari sunda, gue juga Islam

  173. ebol_melodix berkata:

    persib aing aing pisan.
    no rasis ah kita satu tanah tanah air indonesia.

  174. aceng jak mania berkata:

    yg slh twh VIKING!!!
    VIKING BONEK sma sja sma” ANJING!
    VIKING ANJING
    VIKING KONTOL
    VIKING MONYET
    SETAN lw !
    BONEK ANJING
    BONEK KONTOL
    BONEK NORA
    hdup JAK MANIA

    VIKING…BONEK…sma…sja…sma” ANJING…

    i love you PERSIJA

    HIDUP JAK MANIA

    VIKING n BONEK; ANJING,KONTOL,MONYET

    by;
    aceng

    hdup JAK MANIA….

  175. bojesz si anak ROAD GLADY berkata:

    anak viking cinta damai!!!!!
    anak the jack cinta..laura!!!!!!!!!!!!!!!
    sing damai lah!!!!
    bingung aink!1

  176. HEXAZ berkata:

    gw nih ank JAKMANIA SUBANG…..gw pnya pngalaman d kroyok ma ank” lembang (VIKING)..pda wktu itu gw brtiga sama tmn gw abis maen dari rmh cewe gw di CICAHEUM (BANDUNG)…kbtulan emang pda wktu itu gw pke baju kbangga’an gw…yua bju JAKMANIA tentunya.eehh pas gw turun dari angkot pas bgt gw turunnya d tmpat tongkrongannya ank” VIKING ANJINK itu…lalu tiba” za ank” VIKING ANJING itu nyrang gw sma tmn”…klo ga salah pda wktu itu ank” viking anjink itu brjumlah 12 orng….

    Intinya smpe skrang gw DENDAM bgt sma ank” VIKING ANJINK…..

  177. wisnu berkata:

    utk GARIS KERAS PETUKANGAN:
    PSM berdiri tahun 1915, ingat alm Ronny Pattinasarani berasal dari PSM dulu, baru dy bermain untuk Persija.
    Trus emgnya knp??
    Sudah tidak usah saling menghina…
    Mari qt dukung persepakbolaan di Indonesia..

  178. aska boy berkata:

    apakah permusuhan kalian akan bermanfaat untuk diri kalian.. saya tau pasti ada benak di antara viking ingin menonton tim kebanggaan menonton dengan aman di jakarta.. begitu pula sebaliknya the jak di bandung..

    saya sangat sedih melihat salah satu kaos bertuliskan ” Alhamdulilah permusuhan ini masih tetap Abadi” menurut saya tulisan itu adalah tulisan yang sangat bodoh.dengan bangga nya mereka dengan permusuhan sampai2 mencampurkan urusan agama..

    ayolah kita berdamai bukankah damai itu indah.. hilangkan rasa kebencian diantara kita..

  179. dildaar80 berkata:

    Cuape dehh…

  180. uuuui di neraka ngakk ad jak mania di neraka ngakk ad aremania di neraka adanya vikink bonek jancok di hukum cambuk MALAIKAT

  181. Rupamu VIKING koyo Mbedes tenan.
    nang klaten ono VIKING kudu mati, ora urusan VIKING anggotaneh APARAT KEPOLISIAN.
    sing penting IWAK(IKATAN WARGA KLATEN) kuwi anti supoter VIKING karo BONEX.
    wes suwe ora patenih supoter VIKING+BONEX nang kuta KLATEN.

    THE JAK ora nang ngendih-ngendih.
    Mung THE JAK ono nang ngendih wae.

    PERSIJA bukan milik warga JAKARTA(BETAWI) saja.
    tp PERSIJA kudu wajib milik wong KLATEN(JATENG).

  182. saepul berkata:

    assalmualaikum wr wb
    hai pra sahabatku jngan lah kau berburuk sangka antara the jak dan viking
    the jak viking satu saudara di lahirkan oleh nabi adam dan siti hawa dan jangan lah kalian membenci satu sama lain karna hukum nya dosa
    seseungguh nya allah juga maha pemaaf msa kalian manusia tidak bisa memaafkan satu sama lain ,gmna indonesia mau majju lou orang orang ya saling bermusuhan
    sesungguh nya allah sangat mmbenci orang orang yang bertengakar
    ingatlah suatu saat nanti kalian akan mnyesel
    ingat pepatah “siapa orang yang menanam kebaikan pasti akan meuai hasil kelak nanti dan juga sebalik nya”…..
    wasalam
    hamba allah swt
    asshaduall

  183. saepul berkata:

    assalmualaikum wr wb
    hai pra sahabatku jngan lah kau berburuk sangka antara the jak dan viking
    the jak viking satu saudara di lahirkan oleh nabi adam dan siti hawa dan jangan lah kalian membenci satu sama lain karna hukum nya dosa
    seseungguh nya allah juga maha pemaaf msa kalian manusia tidak bisa memaafkan satu sama lain ,gmna indonesia mau majju lou orang orang ya saling bermusuhan
    sesungguh nya allah sangat mmbenci orang orang yang bertengakar
    ingatlah suatu saat nanti kalian akan mnyesel
    ingat pepatah “siapa orang yang menanam kebaikan pasti akan meuai hasil kelak nanti dan juga sebalik nya”…..
    wasalam
    hamba allah swt

  184. ibenk bobotoh persib berkata:

    w ngmong berdasarkan yg real aja ya …

    w anak tangerank …
    banyak anak jak yg tiba” berkata viking anjink !!!
    ”viking kampungan”

    sekarang gini aja kita liat bukti’y banyakan mana suporter vining dan jak ??

    karena viking ituh jiwa soli’y kuat ..

    sedangkan kalian mungkin tau sndiri antara kubu sesama jak aja masih ribut ..

    mana solid antara sesama pendukung jak ??

    dan ada yg bilang viking kampungan ??
    yg kampungan siapa ??

    bandung ituh indah boy ..
    bahkan d’sebut kota paris van java …

    bahakan anak jak klo mw gaya beli baju ..
    pasti kalian bertanya ini bahan asli bandung gk ??

    betul tidahk ??

    berati bandung ituh indah ..

    n’ untuk anak jak ..
    yg pernah ngejek w ..

    thanks ..
    berfikirlah lebih dewasa ..

    masih jaman ya ceng”n ??

    ngajakin ribut ..
    ngajakin ketemuan ..

    tapi akhir’y gk dateng ..

    bahkan bilang klo berani lu dateng k’glora ???

    orang goblok jg gk bakal mw boss ..
    mati konyol …

    sekarang klo u pada mw ngelampiasin dendam lu kita maen d’luar daerah ..

    lu sendiri mw gk ribut dateng k’siliwangi ??

    bukan’y w ngabela viking …

    silahkan anda tanya k’suporter lain’y …

    jiwa the jak itu rasis n’ anarkis ..

    walau viking anarkis jg tapi ituh cuma untuk u jak !!

    kenapa viking banyak kawan’y dari suporte lain ..
    karena tingkat solideritas’y kuat …

    sopan ..

    silahkan survey logat sama sosial’y jakarta dengan bandung ??

    salam damai
    ibenk_bobotoh tangerank

  185. Tegar Jak Mania berkata:

    DAMAILAH SUPORTER INDONESIA …!!!! KITA ITU SATU NEGARA , JADI HARUS SALING MEMBANTU

  186. anak bandung berkata:

    buat apa ribut,, gue dukung persija tapi gue ngga ngebenci persib,, ga ada guna’a ribut..!!!
    bersatu itu lebih baik….

  187. cinta damai berkata:

    anjing semua kalian……kapan bisa damai kalo ribut2 mulu…..
    w viking sampe mati, tapi g mau juga kalo gini2 mulu…..

    damai aj….

  188. dina solehati berkata:

    saya gak tau mana yg bnr dan mana yg salah…saya belum percaya 100% dengan cerita di atas saya akan mencari tau lg…tp saya adalah pecinta damai dan akan selalu mendukung persib..bagi yg baca comment saya terserah kalian mau bilang apa tentang comment saya ini dan saya gak mau ambil pusing…

  189. Salsiagam berkata:

    yang tau ini semua Hanya ALLAH 🙂

    intinya the jakmania selalu menerima , sporter mana pun yang ingin bergandengan tangan and memper erat persodaraan ..!! tapi terserah viking lah, ribut yah ribut tapi kalo damai yah lebih bagus kan .

    SALAM JEMPOL TELUNJUK DARI KAMI THE JAKMANIA SALAM SATU JIWA .

  190. IJOY berkata:

    yg anjing itu sebener nya yg pada emosi wkwk , udah pada tua masih ngebelain yg gitu. Boleh jadi fanatic tapi gausah sampe gini juga kali. kampung haha.

    gue juga anak bandung sob , anak viking juga. tapigue ga mau emosi gitu, menurut gue kalo emosi gini terus kapan viking mau maju..

    salam viking

  191. THEJAK MANIA OEJOENG BARATz G GenTaR walau VIKING menGhadanG….
    kaan q teRjang walau seRibu VIkinG menGhadang

  192. Dartono berkata:

    Sepakbola INA gagal masuk Asia dan Dunia aja tawuran… malas ngebacanya…. berprestasi dong…jangan tawuran…

  193. nupuguh mah ……..kudu nyadar ………..jeung ulah rusuh

    sakitu

    SALAM DAMAI ,,,,,,,,,,,,AG,,,,,
    anak gilagilaan tasikmalaya

  194. Bierind berkata:

    Walou pun tempat tngal gue jauh dari jakarta tapi gue Ttp dukung persija, Gue Mohon sama Kalian Semua Jangan Ribut Npa, Kita Seaslinya Mau Damai Tapi Viking nya Yang ga Mau Damai,
    Gue heran knpa Sesama Anak Indonesia Bermusuhan darah kita sama Dari nenek Moyang kita,,

    The Jak Cinta Damai

    By The jak Tegal

  195. saya emang suporter viking.,.

    saya tidak benci sma persija atau siapa lahhhh,m,>
    tetapi ada satu hal yang harus kalian ingat the jack,.,

    loe jangan hina kota tercinta ku.,.
    (BANDUNG)
    aku suka jakarta seperti suka pada kota ku sendiri .,.,
    tetapi aku tidak suka sampah-sampah ibu kota.,
    seperti jack mania yang mau menang sendiri.,.,
    dasar munafikl loe.,.,jack mania.,.,

  196. udah lah….
    w juga anak jakarta…
    w juga udah pernah ngerasain ama yang nama nya di pukulin rame” ma viking waktu pergi ke Pangandaran….
    tapi yach…..
    mau diapain lagi…..
    klo w mau balas…
    w harus balas ke siapa..?
    sedangkan w sendiri ajha g tau yang mana yang mukulin w…..
    akhirnya yach w pahamin lah semua…….
    percuma jha kita bermusuhan tapi yang jadi korban justru orang” yang gak bersalah…..
    disini w cuma mau mengutarakan cerita perdamaian….
    semua yang udah w alamin….
    w anggap sebagai pelajaran paling berharga dalam hidup w….
    jadi buat kalian semua yang merasa manusia yang diberikan akal oleh Tuhan….
    gunakan lah otak kalian….
    jangan menggunakan nafsu…..
    w cinta Persija dan w juga suka Persib……
    salam damai dari w…..

  197. yazzmiicuaemm berkata:

    wOOOY…
    tolol klian smw,yg lo smw rbutin tuh gx da guna nya.sdar donk kita ini 1 indonesia.kt hrs brstu bwt maju,bkn nya pada rbut.
    slm dri anak KARIMUN RIAU

  198. MAMAY KARIMUN berkata:

    bwt viking n the jak…
    udh lah klian sma2 hdup d negara yg sma,rbut cma bkin negara lain tertwa.
    lbih baik kt dukung indonesia untk lbih maju.
    by anak karimun.

  199. mikki berkata:

    Udah udah , mau the jak mau viking sama saja . gua ga simpatik sama dua dua nya , mendingan netral …….. Gua anak geng motor , ribut yang real dong bukan nya di dumay …..

    salam gua XTC – SEXYROAD INDONESIA

    MikkiBee64.

  200. ya ya ya berkata:

    kata viking “the jak tai anjing”
    kTa the jack “viking tai anjing”

    BAGI GUA KE 2 nYA SAMA2 TAI anjing KAYAK ANAK KECIL KATROK SEMUA SUPPORTER VIKING N THE JACK

  201. Salam Damai..!!! Kita Semua Sama berkata:

    cuman bisa Kasihan,Sedih,Merenung
    membaca dan melihat kejadian yang terjadi di antara 2 kubu itu

    Jujur aja sii..

    w The Jak.. w gk pernh ada dendam sama Suporter lain.. apa lagi viking buat apa w dendam,hanya merusak moral suporter INDONESIA rusak.. tohh kita semua tuh saling membutuhkan

    kita Butuh Biru Untuk awan Pagi Yang Cerah
    Kita Butuh Oranye Untuk awan Sore Yang Indah
    ^-^
    salam damai.. Greetings of Peace to all Suporter Ball “INDONESIA”

  202. VIKERS_UNPAD berkata:

    GUOBLOKKKKKK ANJING!!!!!!!! THE JAK NU GOBLOG MAH…AING PUNYA SODARE ANAK THE JAK BELAGUNYA WMIT AMIT !!!!!!!!!!!!!! EMANG JAKARTE PENGHUNINYA ANJING SEMUA………..!!!!!!!!!!!!! MUSNAHKAN THE JAK DI UNPAD!!!!!

  203. ya ya ya berkata:

    kata THE JACK “VIKING MATI SAJA”
    kata VIKING “THE JACK PAEH WAE”

    THE JACK JEUNG VIKING SAMA2 KUDU PAEH MONYET TEH,…jiga budak leutik wae,

    KUNAHA KUDU AYA THE JACK JEUNG VIKING NYAK ? HAHAHAHHAHAHA<<<<<<<<<

  204. doRryBoneK SIDOARJO berkata:

    . Tidak ada Kata DaMai untuk ThejaKjing DELTAEK AREMALING

  205. otrong berkata:

    woooyyyyy…….ngeributin apa sihhhh udahhh tau yg pastiiiii slahhh tuhh the jak anjiinnnggg yg sllalu bkin masalah

  206. MERAH : DARAHKU
    PUTIH :TULANGKU
    BIRU : PERSIB KU……

    KALO THE JACK YA…… ANJING KU………..

  207. Dze7 berkata:

    Ane the jak mania cikarang.
    Tpi ga peduli dgn smua permusuhan antara the jak vs viking.
    Dan w hanyalah suporter,bkn perusuh.
    Ane stuju dgn kata2 “bomat” bodo amat.
    DAMAILAH INDONESIA KU.
    msh bnyk hal yg lbh penting dri pda kerusuhan.

  208. ICHSAN D'GILLIS berkata:

    gue orang bandung tepatnya di siliwangi , tapi gue THE JAK MANIA , kenapa gue pilih JAKMANIA , bagi gue JAKMANIA itu kompak anti rasis , ribut ..
    beda selagi gue ikut VIKING , yang sok jagoan , jiwa ribut , apalagi , klo bawa bawa geng motor , nama VIKING sudah tak di hiraukan lagi untuk nama perdamaian ..

    INI JUJUR APA YG GUE ALAMIN

  209. Danu Hermawan berkata:

    viking anjink
    ex :Jak Bekasi

  210. sugema berkata:

    anjing the jak kmi para viking sebenernya kasian ma klian soalnya baju klian itu luh mnjijikan bnget kaya tai di solokan

  211. sugema berkata:

    sbener nya gw kasain maklian para the jakk soal nya harus pake baju warna taii
    hahah

  212. gw netral berkata:

    wkwkwk gara2 masalah bola bisa sampe begini? gimana indonesia mau maju? kita jadi terpecah belah hanya karena mendukung tim kita?

    kalo mau maju indonesia harus bersatu
    lupain masa lalu… rencanain masa depan yang lebih indah!

  213. yuda berkata:

    Tenang ajj para bobotoh bentar lg juga jkarta mah tenggelam…..

  214. abenk23 berkata:

    bodah alias bengak,,,orang yang main kita yang mati…..bodohhhh……….
    lemak tidur drmh,,,,’
    hahahahhhaah

  215. sok ahh perang we anjink jeung aink anjink ..
    permusuhan VIKING vs THE JACK nggeus darah daging
    rek di kumaha* ken gge moall bsa damai.!!!!!!!

  216. crouzer berkata:

    the jak yg pertama buat masalah ,,,,suruh sapa datang ke siliwangi dah tau kandang mau bandung jak anjink

  217. THE JAK BANDUNG berkata:

    eh bangsat lo gak baca cerita di atas ? JAK itu di undang anjing., am persib, berhubung kebanyakan vikING orang kampung gak tau aturan sasarannya kaum kami yaitu the jak.
    “SANAJAN AING ORANG SUNDA
    TETAPI AING TETEP DUKUNG PERSIJA”

  218. bobotoh bandung berkata:

    sejarah adalah masa lalu yg berimbas pd hri ini, apapun yg tlah terjadi itu tetap menjadi sbuah fakta yg tdk bsa d pungkiri.sy sorang bobotoh cinta PERSIB. namun, tidk fanatik buta. sy brteman baik jg dngn anak2 the jack “yang berpendidikan”. dan sy jg bermusuhan dengan oknum Viking yg tdk berpendidikan.
    sy seorng muslim dmn dlm agama sy d ajrkan untk cinta damai..karena arti kt islam adalah damai.
    semoga kita kembalikan smuanya pd aturan agama..sehingga negara kita menjadi negara yg aman, damai, dan sejahtera. amin

  219. Orray chiapOest berkata:

    .drri w,,,Orray THE JAKERS MANIA chiapOest tangbar iiaNg slallu dkuNg PERSIJA amPe skaraNg, dRi 2009 amPe 2022…

    .sllam jempoll tellunjuk densus 1928 anti VIKBONTAR…
    .fuck with PERSIBBEGO ANJING…
    .awall mulla bntrokkand PERSIJA vs PERSIBBEGO…
    .PERSIBBEGOllah iiaNg mullai terllebih dahullu bntrokkand ini…

  220. koziro berkata:

    viking itu anjing orang kmpung aj belaga keren mau mnang sendiri

  221. Ari Darizqiy berkata:

    yang menteing mah viking thu anjing berani di kandang alo brani d luaran lu anjing

  222. arvan jack manggarai berkata:

    kebandung pake label DJACK matabbb kalee ya ..

  223. Dadan Ramdhani berkata:

    Sumpah bro, seru banget nih cerita…
    Yang masih musuhan, silahkan… ane mah santai” aja…

    Dukung Make MANAH…!! Lain Make ANJING…!!

    Hidup PERSIB…!! Hidup PERDAMAIAN…!!

  224. cemink berkata:

    persib sampai mati…
    the jak musuh viking abadi…..

  225. bahen berkata:

    Viking, yang bersahabat karib dengan klub penggemar sepak bola lainnya ( Bonek, Sakera, Blue Devil, The Lobster, Persikmania, Kampak FC,dll. ) tidak akan pernah berbesar kepala. Viking akan menjaga persahabatan itu sampai kapanpun. Persija pun iri dan ingin menggoyahkan persahabatan ini. Tapi Persija tidak berhasil. Sampai kapanpun kita akan satu…

    emang the jak anjing, mirip bagong, babi, setan iblis, idajilanatullah, yang sering beken onar.

    anjink the jak.

  226. bahen berkata:

    the jak belagu, percis tai.
    anjink the jak
    anjink the jak
    anjink the jak
    anjink the jak
    anjink the jak
    anjink the jak
    anjink the jak
    anjink the jak
    anjink the jak
    anjink the jak
    anjink the jak
    anjink the jak
    anjink the jak
    anjink the jak
    anjink the jak

  227. Nakula Muderath berkata:

    PERSIJA JAKARTA KEBANJIRAN…………
    LOE ITU LETAK BUNTU BRO…. ADA NJ MANIA… KABO MANIA… TERUS VIKING SE JABODETABEK DAN SEJABAR..

    TEMAN NYA SI ANJINK THE JACK JAUH CUMA DI MALANG……………. MIRIS DEH KALO DI SERANG SAMA NJ MANIA , KABO MANIA DAN VIKING JABODETABEK. APALAGI DI TAMBAH PULUHAN RIBU BONEX….. BISA BISA THE JACK ANJINK LARI TERBIRIT BIRIT……………… NGOMPOL DI CELANA.
    ANGGOTA THE JACK KAN KEBANYAKANGEPENG DAN GEMBEL GEMBEL PENGHUNI KOLONG JEMBATAN DAN PENGHUNI GEMBEL DI PINGGIR REL KERETA API SE JAKARTA.
    BAYANGKAN SAJA JAKARTA KOTA METROPOLITAN SEHINGGA PULUHAN RIBU GEPENG DAN GEMBEL MENJADI PEMANDANGAN… SAMPAH BERSERAKAN DIMANA MANA .. WUALAAAHH……. KOTA IBU KOTA KOQ GINI……………….. !!!! DI SAAT MUSIM HUJAN BANJIR LAGI….. WADUH….. THE JACK … THE JACK…. MEMANG KALIAN PANTAS DI BUBARKAN…. KARENA MERUSAK PEMANDANGAN IBU KOTA.

    BANDUNG KOTA IS THE BEST…. DI KELILINGI GUNUNG SEHINGGA ADEM, KOTA TERBESAR KE 2 SETELAH JAKARTA ANJINK.
    BANDUNG TRAND CENTRE FASHION DI INDONESIA BRO…. PARIS VAN JAVA.
    BANDUNG HOOLYWOOD NYA INDONESIA BERBAGAI MACAM ARTIS BANYAK LAHIR DARI BANDUNG.
    BANDUNG KOTA PERINGKAT NO 2 KOTA UNDERGROUND TERBESAR DI DUNIA.. DEATH METAL, BLACK METAL, SKINHEAD, PUNK , HARD CORE ETC……
    BELUM LAGI BAND BAND POP YANG MENJUAL HAMPIR SEMUA BAND SUKSES DI INDONESIA BERASAL DARI BANDUNG : PETERPAN, COKELAT, THE TITANS, FIVE MINUTES. DAN TAK TERHITUNG YG LAIN NYA.

    AKU BANGGA JADI WARGA KOTA BANDUNG… AKU BANGGA MENDUKUNG PERSIB. !!!!!

    MEMANG PANTAS YA THE JACK ANJINK GELANDANGAN JAKARTA BERTEMAN DENGAN KOTA BAKSO……… HAHAHAH… NORAAAAAAA………….
    FUCK THE JACK…….

  228. PERSIB BANDUNG vS PERSIJABLAY
    Hahhhhhh nepi ka kiamat moal akur
    Aing darah biru cicing dikampoeng orange
    Nepi ka komor
    Dukung PERSIB
    bodo amat tentang sejarah mh
    Dulu ya dulu aja
    Sekarang besok dan masa depan
    Bandung jakarta selamanya versus
    Jangan ngururusin sejarah
    Yg peting buktikan dulu
    Kualitas match of the match kalian
    Aing embung aya kata akur meng jak anjing
    Wc aing oge warna orange
    Kekesed aing warna orange……
    Naon guna na atuh
    Salam fuck for you the jakblay

  229. Ajez, berkata:

    Tp klo,dah dkung TimNaz gx prduli mau Viking apa the jak jd stu wrna MERAH PUTIH.hidup INDONESIA.

  230. jak mania berkata:

    aenk bdk bandung tpi aenk mah ngadukung persija vikjing mah k0s tai
    viking anjing, bngsat, setan.

  231. Ryann berkata:

    Udahlah kpd viking semua kt bantai jja semua the jack smpai tak brsisa.

  232. enda berkata:

    yg nulis’y GOBLOK,SOK TAU.

  233. Rhie berkata:

    Aink budax viking…………..
    Aink teu ngnah Viking di kitukeun…………
    Bntaian ku aink kbeh budax the jackjing

    The jack Tai anjing ………………..
    Fuck anjing………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  234. anggoro berkata:

    ada juga anak” vikink yg khontol yg mula” bikin permusuhan antara the jak mania dan vikjink ..

    kenalin gue anak the jak mania joglo baru yg cinta damai anti biru di indonesia ..

  235. byotha berkata:

    ayolah , kita tunjukan aksi damai kita,,
    kita buktikan kalau indonesia itu cinta damai….!!

  236. the jak sejati berkata:

    berani di kandang lo viking

  237. the jak sejati berkata:

    gmane mao damai..!!
    sedangkan viking bisa nya menjelek jelek khan nama THE JAK MANIA….!!!!!!!!!

  238. Sableng berkata:

    Sy org yg msh baru sbg pnggemar sepak bola, sbg warga JABAR yg tinggal di Kalsel, tntu’y sy cinta PERSIB. Sy seorg Bobotoh. Mnurut sy, prmusuhan TheJak & Viking yg skrg adlh dendam warisan. Sy sndri dlm dunia maya sk ikut2n nimbrung jg brsilang sngketa, pdhl sy tdk tau awal mula prmusuhan itu, toh itu jaman dlu. Tp klo d pikir2, ngpain sy cari musuh, toh sy jg sk brgaul dgn org jkt, jawa, madura,dll. Sy tdk benci pd ank2 thejak, wong tiap hr sy nton bareng sm tmen sy ank thejak jg, Sy sndri tdk sk dgn yg nama’y kkerasan/prbuatn anarki. Aplg sy mmpunyai dasar agama.. Jd mnurut sy, prmusuhan dn kkrasan gada guna’y.. Sy mncintai saudara ssama muslim, dn sy mnghormati shbt non muslim!

  239. Sableng berkata:

    Sekali lg.. Sy jg sngt brtrimakasih kpd saudara2 bonek, yg tlh brdamai dn mngikat tali prsaudaraan dgn Viking.. Smoga kita smua bs brsatu utk memajukn prsepak bolaan tanah air!

    By: Bobotoh KaLseL

  240. Jakmen berkata:

    Nah gw lbh suka Nak Bobotoh, orangx sopan santun!!! Stuju aMa cah Sableng

    ‘Jakers

  241. mentox berkata:

    gw ank viking,,apa salahnya kita damai,toh juga apa untungnya kita musuhan,,kita tu stanah air,,bonek and aremania aj kmarin gw liat di HBT KAYAKNYA spanduknya pada berdekatan,,ngpain kita tidak,,stop pertengkaran, kibarkan bendera damai,, LOVE AND RESPECT,UNITY FOR ALL,,,,,

  242. ipull van houten berkata:

    taelahh bwat the jak.
    makan’a klo nnton di stadion orang jgn banyak2.
    the jak anjink,
    the jak suporter kampungan..

    #fuck the jak#

    ex:viking jakarta

  243. sanjoy 1928 berkata:

    JAK BANDUNG MEMANG ADA ITULAH GW ,,,,,

    “VIKING” = VISUAL KAYA ANJING
    “BONEK” = BODOH NEKAT

    VIKING BONEK SAMA SAJA, SAMA SAMA “KAMPUNGAN”

  244. ady rezpector berkata:

    GWE NJ MANIA GWE BELA VIKING GWE HABISIN LOE THE JAK

  245. joe jak rantau berkata:

    Salam Satu jiwa buat The Jak dan Arema.
    > Peristiwa ini mmg sdh lama,gw sdr dah lupa,tp gw sll ingt peristiwa ini.Saat itu.gw adalah satu diantara The Jakers yg hadir disana…yg gw ingat satu nama,,HERU ANJING,,sang ketua yg gk becus & goblok itu.gw gk jelasin bgmn saat itu,krn sebagian sdh dijelaskan di atas…cerita kecilnya,,gw dgn beberpa bus ssmpainya di Kota Bandung ( d luar stadion ) dsmbut oleh bbrp unit kel suporter,,ada JURIEG,ABCD dll,,para The JAKERS brjln mnju stadion,di prjlnan smua Unit Kel sup Persib memaki,mnghujat dn mnghina,,smpai d dpn stadion kt brhdpn sm bbrp unit kel sup Persib,jrk cm 15 mtran.
    The jakers persis d dpn markas siliwangi,,krn positif gk bs msk krn tiket gk jelas,,bla bla bla,,terjdilah bentrokan,,yg gw alami gw lari mnju bus,krn suceng gw gk bw brng,gw bermodalkan kayu balok bekas yg ditinggalkan Fans Persib.gw lht bgt gmn brutalnya di kmpung sndr pr sup pen Persib,,SALUT,bbrp menit kmdian JAKERS brhsil mmkul mndur pr sup Persib k arah stadion,Bbrp JAKERS nyaris msuk stadion ( SALUT ),pdhl Pend Persib sungguh byk brd di luar stadion..bentrokan hny sbntar,tp JAKERS bs mmkul mndur ratusan Pend Persib yg brd d luar (gk pny tiket).
    mmg terjd bbrp bntrokan kecil saat mngglkn area kejadian.
    bla bla bla,,JAKERS diamankan dgn truk militer pny Siliwangi,Bus mayasari bhakti sdh brd di area dpn tol,kaca bus sdh pecah brntakan,,,
    itu pngalaman pribadi,jd bkn dibuat buat,wlpun gk dan bisa mukul atau gebukin lgsung,toh gw sdh buktikan bhw gw benci bgt sm suporter mcm gitu ( unit Persib Fc )..yg norak,katro dan pengecut.
    Soal KUIS SIAPA BERANI,kbtln gw ada d Lampung,gw jg smpt mau brgkt sm bbrp JAKERS yg gw bentuk dsna,tp batal krn kerusuhn etnis dsna.
    smp skrng darah gw sll The Jak,sodara” dan sahabat” adalah Aremania ( club sup yg dewasa-gw akuin).

    salam,
    joe-songklha-south Thailand

  246. aaaaaaa berkata:

    the jak anjink tai babi bangsat lo jak tai memek ….

  247. kharis pandega berkata:

    musnahkan viking..,memang viking anjing

  248. kharis jak pasundan berkata:

    llu asyik gw santai.,, llu usik gw bantai.., gw anak betawi segaja tigal di jawa barat, hanya ingin tau gimana nyali viking ??, ternyata viking gx da pha pha nya……. dasar viking ANJING

  249. fajar please doong ahh berkata:

    Gw sebagai pendukung persib bandung gak terima viking di caci maki oleh the jak,padahal the jak itu kan anjing,harusnya di bunuh aja,kalau gak di bunuh nanti najis mughaladah……………………………………THE JAK PENGECUT

  250. nak betawi berkata:

    buat nak viking y9 sudah menghina the jak., datengin gw di priok., kalo emang viking berani……., viking ANJING bonek BANGAT..

  251. klo berkata:

    gg semua the jak anti viking dan viking anti the jak
    di tempat tinggal gw the jak viking sering gabung alias nongkrong bareng,,,klo emang ada yg masing masing nge beni satu sma lain itu mah nama’a egoiss ya dalem hati gw juga sebener nya najis bgt sma yg nama’a viking tpi nam’a hidup itu perlu silaturahmi
    jadi buat lo anjink’ viking yg ngebenci the jak WHAT THE FUCK

  252. varis berkata:

    klo gue tetep dukung pasoepati artinya gue dukung the jak karena pasoepati sahabat the jak

  253. juki berkata:

    kl gw tetep Patifosi penggemar kota pati.gw jg tetep dukung the jak…

  254. ojjo berkata:

    Udah kbiasaan suporter sepakbola d indonesia itu ribut.. Sangat aneh knapa gara2 sepakbola pd ribut.. Liat suporter luar, conto fans madrid dn fans barca mreka gak musuhan, justru mreka benci dgn club musuh krna tdk ingn club’y kalah. Tp justru fans madrid indo dn fans barca indo yg pd musuhan smpe saling hujat.. Nah inilah cermin rendah’y moral org indo, kyk gak punya agama aja lo.. Yg paling parah ni viking ma thejak.. Gw harap kalian brdamai jgn saling benci, brsatula demi prsepakbolaan indonesia. Tmbh parah lg, org kelas atas jg ikut ribut, tuh PSSI dn KPSI. Hancur sudah indonesia..

  255. afiif jakmania berkata:

    jangan ribut aja sesama suporter indonesia itu harus damai kenapa sih viking musuhin thejak kan bukan thejak yg mendahuluin keributan kan bobotoh……
    mending kalian damai saja

    salam damai

  256. jack kemayoran berkata:

    dah blng sama korlap ancurin aja viking ngentod klo ada di senayan jgn smpe pulang bwa nyawa lgi

    arema satu hati satu jiwa sama persija

  257. V_DONGKELAN CITY berkata:

    i miss you oh persija
    i love you oh the jack mania
    i miss you oh persija i love you the jack mania
    i heart you oh jakarta

    kmi the jack mania pedongkelan
    sungguh kmi tak suka persib bandung
    kta nya persib bandung terkenal nAma maung
    tapi ternyata kya burung KOONTOL

  258. ( GARIS KERAS ) berkata:

    film ROMEO & JULIET menceritakan tentang ue bnget

    ue syang sama seseorang tapi kta berdua daerah nya slalu msuhan , abang nya dia abang”an bedeng sedangkan ue msuh berat sama bedeng tapi ue syang bnget sama dia and dia juga syang sama dia , prnah dlu ue k’rumahnya dia dan ue di perlakukan yg gk menyenangkan

  259. Bayu pusamania berkata:

    Saya bangga dgn para suporter yg ad d pulau jawa terutama 4 suporter besar ya itu aremania , bonek , jack mania dn viking yg selalu kompak saat mmbela suporter a. D samarinda seluruh suporter masih blom kompak sehingga saya bangga dgn suporter” trsbt . Saya orang mlang dn saya bangga dgn arema by pusamani dan aremania salam garuda

  260. the jak anjing
    viking anjing
    bonek anjing
    aremania anjing

    semua lo anjing….
    anjing lo anjing semua suporter…

    temen w mati karena lo semua kaya anjing

  261. den't fariz poetra jack mania berkata:

    sebener’a yg bner siapa sih viking atw the jack yg pasti dua-dua’a slah lh …………..
    mendingan dmai aja lah biar kga ada kerusuhan dan kga ada korban yg meninggal akibat ulah suporter indonesia !! ok

    slam the jack mania 🙂

  262. andan berkata:

    the jack ‘n arema anjink
    the jack ‘n arema bangsat
    the jack ‘n arema jancok

    hanya brani di kandang sendiri

    ” bonek viking satu hati ”

    By:

    ” BONEK MANIA “

  263. Ariel berkata:

    Gue ANAK PASOEPATI
    VIKING dan The Jack sebaiknya damai saja

  264. Ebott Si Lebah Tempur From D.K.I berkata:

    Gw Lahir Di Jakarta..,
    Tempat Tnggal gw Di Jakarta selatan..

    Tpii gw Anti THE JAK.,,
    gw ga SUKA sma THE JAK.,,

    THE JAK ituu SAMPAH Ibu Kota.,

    SALAM Anjing For The Jak..
    #VIKING,, XTC Sexy Road JAKSEL..

    SAMPE MATI
    Anti
    THE JAK,, BRIGEZ,, M2R,, GBR,,
    TAI ANJING

  265. Jisut berkata:

    Mampus aja indo ! ga penting banget the jak or viking or bonek or arema …tai ngentot semuanya

  266. liat prestasi persija, papan atas slalu…
    naon viking anjing ka jurang neraka weh sia anjingggggg……

    jakmania karawang

  267. Ebod viking BPN berkata:

    anda harus lihat apa arti viking apa sifat dari nama viking !
    jangan seenaknya menghina viking sebelum anda tau apa arti nama viking itu !
    BLUE SUPPORTER VIKING INDONESIA

  268. viking berkata:

    yoyoyoyo…. Gua pilih viking karna viking tak seburuk thejakjing..
    aing rujit ka thejek…
    modar sia anjing,,,, lieurrrr goblogggg…..

    viking jakarta barat.. salam buat persib yang anti the jak…

  269. gumilang rekso pragolo viking inheren jatinangor kab sumedang.. pencinta damai.. berkata:

    gimana jadinya klo viking ama thejak damai… ?
    tapi lebih baik damai…
    karna musuhan gx ada untungnya..

  270. the jak berkata:

    di bandung gx ada thejak.. taapi di jakarta ada viking tuhhh deleuu ku sia thejak anjing warga sorangan oge teu raresepeun ka sia… mikirrr we sia tehhh anjingg,,,,

  271. KAMI ANAK MAKASSAR! berkata:

    Ewako PSM!!!

  272. vhee jhee berkata:

    kalian damai ajah……
    tp law gak mw gak ppa krna sy dukung SRIWIJAYA FC.

  273. anonim berkata:

    aing the jak buah batu (bandung) ,aing benci viking ,viking anjing ,viking goblog ,viking tai ,bisanya cuman ngehina dong .modar lah anjing viking
    buat the jak ,wols brayyyy ,ntar juga ketauan siapa yg salah (viking)
    ku aing biru na persib jeng viking bakalan di ganti orange na persija the jak ,
    di bandung the ges nyebar di mamana ,di antarana :
    pusat : the jak ciwastra
    cabang : the jak buah batu ,the jak derwati ,the jak riung bandung ,the jak ujung berung ,the jak antapani ,the jak cicaheum ,the jak kosambi ,the jak cibeureum ,the jak dago ,the jak unpas ,the jak unisba ,the jak itenas ,the jak unpar ,the jak UIN sunan gunung jati ,the jak cimahi ge aya
    the jak aya di mana mana bung ,ieu lain bohong ,the jak bakalan mermbah ka daerah2 nu lain na deui

    TANAH SUNDA THE JAK MANIA
    VIVA LA PERSIJA
    BRAVO THE JAK MANIA
    VIKING BONEK TAI ANJING !!!

    “THE JAK BANDUNG TAK KENAL TAKUT SAMA VIKING TAI ANJING”

  274. rey berkata:

    Gua anti Viking tae
    Bagi gua the jack di mana mana
    bukan vikjing di mana mana
    lu NGERTI KAN ..!!

    NGENTOD LAH BUAT VIKJING

  275. anti the jak berkata:

    the jak itu emang anjink. meraka tuh sampah ibu kota. kalo aku punya anak nanti aku bakal bilang kamu harus benci ke the jak anjink. karena darah the jak itu haram anjink. modar sia goblok.

  276. Iwan berkata:

    Ohh knapa VIKING gitu ma Nak JAK MANIA ,,,,,,,,,,,,,, Pdahal Ank Jak mania MInta DAMAI,,,,,,,,,,,,,,,ANJINK SIA VIKING WaLAUPUN AINK BUDAK BANDUNG ,,,,,,,,Tetap sja gw Gk SUKA gya LOH VIKING ANJINK gk BISA Di ajAk DAMAI,,,,,,,,,,,ANJINK…….ANJINK……ANJINK……BOBOTOH Persib

  277. Eza_Viking_tea berkata:

    The jak anjing …

  278. Ir.D'Jak. berkata:

    SAJETE POERWAKARTA 1928 .
    gw Anak poerwakarta ,gw pengen damai ,biar bisa nonton PERSIJA d bandung. tp VIKING VIKING ANJINK yg KAMSEUPAY.

  279. the jack anjink kaos tai aink disini wilayah viking poerwakarta se indonesia sia kudu ngasa an tai anjink aink viking poerwakarta

  280. amun AREK DAMAI SIA KUDU MAWA TAI MUNDING SIA THE JACK KAMSEUPAY HYNG NONTON PERSIJA KAOS TAI AINK NONTON WEH DI WC SIA

  281. urang sunda berkata:

    damailah kawan! buat apa bertengkar dan berkelahi hanya karena urusan gituan, lebih baik buat hal-hal yang bermanfaat.
    “Berbeda itu boleh, Bersaing silahkan saja, TAPI jangan BERPERANG”

    Rahayu tur Waluya

  282. gordon berkata:

    setelah gua baca dari awal sampe akhir dan gua baca coment coment nya ..
    ternyata bner bner ya viking itu ga tau diri , jelas jelas dya yg mulai permusuhan ini , tapi dya ga mau d salahin dan merasa paling bner …
    klo emang lu sadar dan tau diri , dateng ke jakarta , minta maaf !

  283. Madridistas berkata:

    Pinter juga ni org… bikin blog yang bisa membuat semua orang tertarik…. jika di survey… ni bisa menghasilkan uang

  284. e;mif persib berkata:

    .Damai lebih baik,,gak ada gunanya naruhin nyawa konyol kaya gitu,………….

  285. joe banget berkata:

    gw adalah satu diantara the jakers yg dikhiananti Viking,gk usah gw jelasin,toh byk yg mengatakan ” tahu banget” alias mengalami kejadian sebenarnya.disini gw cuma mau tulis bahwa benar sekali persib besar karena suporternya,,tp ingat,,bkn karena VIKING,,mereka adalah suporter sejati PERSIB,,mrk militan dan berwawasan,,hnya mereka sdh usia,,krn regenerasi MUNCUL BBRP UNIT SUPORTER PERSIB,,,mrk ada yg dewasa,kampungan,katrok dan menjijikan.gw orang cirebon,orang tua gw suporter PERSIB Di jamanya…gw jg smpt ikut nonton PERSIB VS PSMS MEDAN brng bokap gw di tahun jebot,,hebat mmg…gw juga iri wktu itu,pdhl gw msh kecil,gw smpt berpikir kpn JAKARTA YG IBUKOTA NEGARA INI,pnya wadah suporter yg besar dan solid…..kl dulu ia,Pendukung Persib Besar dgn beberapa unitnya dibandingkan suporter Persija (itu dulu)..THE JAK MANIA YG USIANYA MSH MUDA SAJA,saat ini sdh sgt sngt disegani di NKRI ini.
    Saat di Singapore gw smpt liat ada komunitas The Jak,di sepang Malaysia,Vietnam dan Thailand/songklha ada komunitas the jak,yg pastinya adalah orang2 mereka sendiri alias pribumi,jd jgn ditanya kenapa.pasti jawabanya ada di mereka sendiri,,dan VIKING atau siapapun jgn angkuh atau menyombongkan diri,,JANGAN HERAN KALAU NANTI ADA THE JAK DI UKRAINA ATAU POLANDIA,,,

  286. Faisal berkata:

    Mending belajar yang rajin membanggakan ortu jangan pada ribut kenapa ribut kalau kita ribut kita sendiri yang susah danorng lain

  287. Nx ra ngerti opo2 ku do meneng ojo do podo Padon ae koyo tukang bejak ngerti ga Akiu ae ora kakean padon ko kue do kakean padon mending nx omah wae toro opo angon sapi ahahahahahhahahahahahahahahahahahah moga kalian selalu dimaapkan oleh Tuhan Soale bariki ameh kiamat kurang 7 sasi neh kan buktine ws ono kue do tukaran ra ono mandeke ora bermoral biada ngono iku wong indonesia jare anake kyai tek ngono kelakuane heeeeee

  288. utep berkata:

    yang laen saling ejekkkkk,, gue mah ENJOY aja…………………………………………………………………………………………… FUCKK buat loe loe yang cinta kerusuhan……… http://www.edan.onCOM

  289. Vera berkata:

    kalo semua pada bikin cerita kaya gini mah ga bakal ada kata benernya.
    si A bikin cerita yang “mojokin” si B, nah si B bikin lagi cerita yang “mojokin” si A.
    Semua beda versi, pasti “berat sebelah”
    kalo mau damai mah damai aja TO! ga usah pake awal mulanya tuh gini, yang salah tuh ini, yg mulai duluan dia.
    kapan mau abisnya.
    UNITY IN DIVERSITY dong, mana INDONESIA!
    kita merah putih bukan orange, biru, ijo, purple, pink.
    Siapin mental kalo pendukung sejati. pendukung sejati itu siap MENANG dan SIAP KALAH.
    yang menang juga jangan jatohin yang kalah dengan kata2 kasar, nah yang kalah juga harus besar hati.
    mungkin lebih bagus pertandingannya ga di lakukan di dua daerah yg klubnya sedang bertanding. misalnya persija dan persib tandingnya di luar GBK atau bandung kaya di stadion medan kek atau papua lebih bagus.

  290. benedictus ardhi berkata:

    Gw jakmania ,, terus terang aj gw rada ngakak liat komen2 ny.
    kesimpulan ny ada 2:
    1.gw salut sama viking dan the jak yg bisa berfikir dewasa,cerdas dan jaga nama tim kebanggaanya sendiri.
    2.gw cukup heran dengan mereka yang saling menghujat.karena itu semakin mencerminkan cacat nya mentalitas suporter kita.
    #SAVE_PERSIJA

  291. ijul the jak berkata:

    kalo pade gak punya nyali jangan komen yg kagak2 pake nyri yg slah yg bner.yg gak punya nyali gak sah pada komen anjing

  292. achmad taufik h berkata:

    BOMAT!!
    itulah kata2 dia yg w suka,,,

  293. PENGAMAT SITUASI berkata:

    saya angkat bicara deh, saya rasa the jak cari korban aja buat maksud dan tujuannya sendiri. bagaimana caranya komunitas baru muncul kemaren dengan anggota sedikit bisa ngetop dan jadi punya masa banyak ? caranya cari gara2 sama suporter besar,, awal2 digerakan orang2 yang diterjunan khusus, lama2 dibiar aja toh bakal besar sendiri kalo udah pake unsur ribut.

    viking jadi korban. the jak pantas di hukum dan mendapatkan karma

  294. bandung-jakarta berkata:

    kalau diterusin ini kaya obat nyamuk……muter…trus….!!!semua merasa benar….padahal hakikatnya allah yg bnar,syariatnya manusia yang jalankan kejayaan itu tidak ada yang abadi hidup seperti roda berputar, setiap orang punya kelebihan punya kekurangan tidak ada manusia yg smpurna psti ada ksalahan.
    Bagi kedua pihak yang beragama muslim ingat ketika kita berbuat sesuatu perkataan atau perbuatan disamping kita ada dua malaikat mungkar nakir yang mencatat semua amal perbuatan kita, ketika kita meninggal kelak tidak ada yang memakai biru ataupun orange semua memakai kain kapan putih , dan ketika dua malaikat datang mereka tidak menanyakan apa klub bolamu tetapi siapa tuhanmu, apa agamamu bukan apa baju suportermu, siapa rosulmu bukan siapa pemain pavoritemu. apa kita bisa menjawab semuanya. berfikir2 ulanglah sebelum bertindak kawan
    sepakbola olahraga hiburan dan bukan dijadikan ajang permusuhan apalagi merengut nyawa orang.
    orang pintar gunain otak bukan gunain otot.
    Dalam sejarah di indonesia kolonial belanda memecahkan indonesia dengan cara memecah belahkan kaum muslim menjadi beberapa ormas, sekarang kita dipecah belah oleh ormas bola. banyak dampak yang diakibatkan permusuhan blue vs orange.
    padahal kita masih sodara jakarta itu yang saya ketahui disebut juga sunda kelapa. manusia mahluk sosial satu sama lain saling membutuhkan jakarta butuh bandung, begitupun bandung butuh jakarta. di bandung ada yang jual kerak telor di jakarta ada yang jual siomay. elok apabila kita saling memaafkan, indahnya kebersamaan.

  295. dildaar80 berkata:

    Contoh pengumbaran nafsu nggak pakai otak…pendukung persija dikeroyok dan dibantai The Jak…

    Pagi tadi, sebelum saya ke kantor saya sempatkan datang ke rumah salah satu almarhum yang menjadi korban saat usai pertandingan sepakbola (Persija dan Persib). Saya melihat mukanya biru lembam seperti bekas pukulan, kata teman saya si korban juga mengalami tusukan di perut dan di kepala bagian belakang. Masih kata teman saya, korban memang tidak memakai kostum salah satu sepakbola yang bertanding namun kedatangannya ke sana memang untuk mendukung salah satu klub yang merupakan klub kebanggaan di kotanya ini, yaitu kota Jakarta.

    Siapakah si korban? Mengapa saya datang ngelayat kerumahnya? Lalu mengapa dia sampai terbunuh?

    Dia teman saya dari kecil, dia tinggal di Menteng dekat dengan Manggarai yang berdekatan juga dengan rumah saya. Saya selalu ingat tawa khasnya dan keluguannya. Waktu saya belum kuliah, kami suka membantu Panti Asuhan di dekat rumah, di Menteng. Dan dulu kami memang sama-sama suka datang ke Panti tersebut, karena di panti tersebut kami belajar tentang kehidupan dan mencoba mengenal Tuhan. Tentunya tidak hanya saya dan si korban yang suka berkumpul di panti yang akhirnya merasa seperti sudara. Yup… kami menganggap sudara di dalam panti tersebut.

    Namun, takdir memang tidak bisa semuanya kita lawan. Si Korban tidak seberuntung saya yang bisa kuliah, dan dengan kuliah saya mengenal kehidupan yang begitu luas. Sedangkan si korban, dia tetap seperti itu… tidak berubah sejak saya sering bersamanya atau saat kami masih SMA. Beberapa tahun terakhir ini korban bekerja sebagai tukang ojek di dekat rumahnya. Kami masih sering tegur menegur kalau bertemu, bahkan dia pernah mengantarkan saya ke salah satu tempat untuk jadwal interview saya. Terakhir, belum lama ini korban berkata ke teman saya bahwa dia ingin di bulan Ramadhan membantu panti asuhan tempat kami biasa berkumpul.

    Di tempat kami memang banyak sekali anak The Jack atau fans Persija, Korban kemarin sore ikut nonton Persija namun tidak bersama rombongan melainkan menggunakan motor. Dia semakin sulit dikenali karena dia tidak memakai atribut dan kostum Persija. Parahnya, korban memang salah satu teman saya yang tidak pernah nonton Persija, sama seperti saya yang belum pernah nonton Persija. Sehingga, dia bisa dikatakan tidak berpengalaman dalam soal nonton-menonton atau menjadi supporter sepakbola.

    Kata teman saya, Korban menjadi salah incar dari anak-anak The Jack. Saat ia ada dikerumunan pendukung persija yang seperti lautan itu, saat di luar stadion setelah pertandingan, tiba-tiba ada yang meneriakin korban. Korban diteriakin anak Viking atau pendukung Persib, Nah…. Saat itu juga keadaan berubah total. Korban menjadi bulan-bulanan oleh anak-anak yang sama-sama mendukung klub yang sama.

    Kenapa dia bisa diteriakin anak Viking? Ini tidak bisa saya prediksi apakah memang benar-benar si korban tidak bersalah lalu ada yang iseng teriakin dia anak Viking, atau dia saat itu sedang emosi sama anak persija yang menghalangi dia dalam kemacetan naik motor sehingga bedebat mulut lalu dia diteriakin anak Viking, atau dia memalak anak the jack trus anak the jacknya neriakin dia anak Viking. Ya…. Itu semua tidak diketahui mana yang benar…. Kecuali yang meneriakin itu, saat ini juga menulis dan bercerita lalu meminta maaf. Entah yang meneriakinnya itu hanya iseng karena korban tidak memakai kostum persija. Sungguh saya tidak bisa meyakini mana yang benar….

    Tapi, saya kenal dekat dengan si korban, saya tahu banget karakternya dan sifatnya. Dia memang orang yang menyenangkan di lingkungan kami, dia sering ngelawak dan menghibur kami dengan kalimat-kalimat konyolnya. Bisa dikatakan dia senang ngebanyol… tapi ketika dia bertemu dengan orang yang tidak dikenalnya, lalu orang yang dikenalnya itu terlihat belagu gayanya dan mengganggu dirinya. Dia akan berubah menjadi macan, galak sekali dan siapa saja bisa dilawan sama dia… yup, dari kecil memang kami diajarkan untuk berani pada apapun.

    Setidaknya cerita nyata ini menjadi potret untuk bangsa ini khususnya di kota Jakarta yang katanya hebat. Pendidikan dan kesejahteraan yang belum merata, perbedaan pendapatan yang terlalu besar sehingga memunculkan kecemburuan social yang tinggi. sehingga jangan berharap semua warga Indonesia khususnya Jakarta mampu berpikir cerdas dan logis, jangan berharap semua warganya bisa berfikir dan berakhlak baik, karena ada sebagian penduduk ini hidupnya hanya mencari makan untuk hari ini tanpa memikirkan hari esok dan selanjutnya, apalagi masa depan. Lalu emosi anak-anak muda meledak besar seolah-olah pejabat-pejabat dan aparat adalah bajingan… Dan anak muda tidak akan mau mendengarkan dan mematuhi apa yang dikatakan bajingan-bajingan… terutama bajingan yang suka mencuri kekayaan negeri ini, uang masyarakat negeri ini…

    Namun saya yakin, setidaknya hati dan kebahagiaan kita tidak bisa dicuri oleh para bajingan….

    Untuk sahabatku…. ( Aju )

    Semoga Bulan Ramadhan ini, kita bisa membantu Panti Asuhan itu bersama-sama….

    http://regional.kompasiana.com/2012/05/28/supporter-korban-meninggal-persija-vs-persib-kemarin-adalah-teman-saya/

  296. alegro berkata:

    GOBLOK SEMUA!

  297. faiszal berkata:

    lw gw rasa anak viking ttu urat malunya udah pda putus x yya .. udh jels” viking ttu slah . byangin pdahal viking yg udh ngundang thejak ke bandung vfi smpai di bndung nak thejak di gebukin . brti anak viking udh brencana untuk brmushan dgn thejak . loe ingat yye vikjink loe jual qmi beli loe nntang brti loe cari mati . ingat brani loe injakkan kaki di kalimantan barat siap2 blik tnggal nama loe . bandung sampah pualu jawa .slam thejakmania dan aremania kalimantan barat ..

  298. Mr.Viking berkata:

    saran gw bwt pelaku pengeroyokan yang menewaskan anak viking,,harap dipenjarakannya di penjara bandung aja,,biar the jak anjing itu dikeroyok sama napi2 yang ngdukung persib alias viking,,biar mampus tuhh dipenjara..!! Katanya anak kota tp ko kampungan ya the jak itu? weleh weleh……..
    terus knp jg ya di jkrta itu bnyk tawuran yg ga penting? pdhl yg tawuran itu psti ada anak the jaknjing jg..dengan kata lain the jaknjing itu tolol,,katanya bersaudara tp ko tawuran !! anak jakarta memang kampungan !!

    THE JAK ANJIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIINGGG
    THE JAK SAMPAH IBUKOTA

    VIKING SELALU DIHATI !!!!

  299. zaii berkata:

    the jak anjing

  300. dhanz berkata:

    karena gw org bandung,,gw dukung viking..
    lagian anak jakarta pada manja,,kaya the jak..
    fuck the jack..

  301. apasaja berkata:

    viking & bobotoh ngajak damai, the jak pasti gk mau

  302. qyy berkata:

    ehs pada nyadar att hidup d dunia bukan nya untuk saling bnci woi meski nya saling silatu rahim brow ,,,,indonesia ga bakalan maju ke piala dunia kalo suporter nya kaya gini trus
    kta nya ingin melihat indo mju v klakuan kalian brdua THE JACK and VIKING kaya gini
    dasar kedua nya pada bikin onar,,,,,,,,,,,,

  303. abang cinta damai berkata:

    heh, lo smua para superter diseluruh indonesia (baik viking, the jak, bonek, aremania, pasoepati, dll)
    dnger kta” gue baik-baik dan renungkan, klian smua manusia bkan? klo manusia yg beragama, yg bermoral, dan yg punya fikiran. sharsnya klian tu ngk pantas bermusuhan seperti ini.

    klian seharusnya berdamai, menciptakan negara ini maju. klo klian sekolah, pasti tahu demokrasi. mendingan permasalahan ini diselesaikan dgn demokrasi.

    klo klian trus bgini ingat klian akan mendapatkan dosa, dan masuk neraka

  304. FAHMI berkata:

    DAMAI AJ

  305. N E T R A L berkata:

    Halah ngpain ngdukung bola dlm negri kgk maju2 mlhn mkin tnggelm dlm dsar laut.
    Gue ykin smpe kpn pun indonesia tk akan mmpu brprtisipasi dlm piala dunia kcuali jdi tuan rmh.
    Jdi tuan rmh piala dunia……..?
    Hahahahaha……. Mimpi kali…….
    Coba prhtikn stdion2 di indonesia yg stndr internasional , cuman GBK doang itupun fasilitas class 3 atau 4 bndinkn dngn eropa atau amerika latin jauh.
    Ditmbh lgi ini ulah para suporter2nya yg pd tolol , knp gue kata’in tolol krn yg dirugikn tuh club yg dibela itu sndri.
    Satu lgi suporter yg bukan jgo kndang cuman BONEKMANIA aja , salut ama bonek satu2nya suporter yg kgk gentar wlau dikndng lawan suporter lainnya apa’an brninya cuman dikndang alias banci banci smua.
    Bandingkn dngan
    HOOLIGANS ( SUPORTER INGGRIS )
    ULTRAS ( SUPORTER ITALIA )
    VOCANOME ( SUPORTER ARGENTINA )
    ZNEALLE (SUPORTER JERMAN )
    ROCCO ( SUPORTER MEXICO )
    mreka smua tidk jago kndng sprti kalian smua yg bnyk bacotnya aja , mreka datang wlau hrus nyebrang ke negara tetangga yg jauh skalipun tp jarang rusuh.
    Rusuh krn ada yg mau jual makanya mreka beli itupun jarang trjdi tp kalau trjdi rusuh yg melibatkn suporter diatas dahsyat msih ingatkah pd tragedi heysel yg mnewaskn
    kalo gk slah 39 orang suporter juventus dan liverpool ( liga chmpions eropa ) trus tragedi sicillia yg mnewaskn 12 orng suporter palermo catania ( liga italy ) dan jg seorang polisi yg sngaja mobilny dilempar bom molotov sm suporter palermo.
    Tp club2 disana yg prnh kena sanksi trus berbenah agar kjdian kelabu itu tk terulang tidak sprti kalian di dlm negri yg brsikap melestarikan permusuhan ini.
    Maaf yg prnh mngucpkan “LESTARIKAN PERMUSUHAN INI” siapa hayo . . . . . . ? Kgak tau malu seorng yg diberi jbtan malah mnganjurkn prbuatn trcela sprti itu.
    Saya tidak mnybutkn oknum siapa tp yg merasa hrus mawas diri apakah bnar atau salah.
    Club dlm negri kita sedang ancur2nya jdi hrus brbenah apalagi muncul 2 kompetisi ( udah pasti ) dan 2 induk organisasi ( katanya ) biarlah kita jdikn PR yg mngkin tk prnh trselesaikn dan garuda indonesia tak akan pernah bangun dri tidurnya.
    Sbnrnya saya bilang kyak gini krn malu jdi warga negara yg sepakbolanya dri dulu kgak maju asal kalian tau saya amat cinta pd indonesia krna sejarahnya tp benci indonesia krn negara yg rawan kerusuhan , bnyk korupsi ( orang bangsat kgak tau malu ) dan kurng mmberi keamanan pd warganya khususnya cabang olahraga sepakbola.
    Okelah sbnrny bnyk oknum2 suporter yg brniat damai dngan rivalnya tp sayang mreka gengsi untuk mngataknnya pdhl apa susahnya bilang “DAMAI BUNG”.

    SEKIAN DAN TERIMA KASIH
    BILA ADA KATA KATA YANG KURANG ENAK DENGAN BEBERAPA PERKATAAN SAYA MOHON MAAF.

    MERAH DARAHKU PUTIH TULANGKU
    BERSATU DALAM SEMANGATKU

  306. wong guntur berkata:

    lanjutkan musuhan….kalo damai gag bakalan rame liga indonesia.

  307. zen rida rahagi berkata:

    the jack mania….viking

    BERSATULAH

  308. cinta jakarta berkata:

    http://www.persibhistory.com/2011/07/liga-indonesia-vi-tahun-19992000.html.. untuk para supporter persib mending baca deh cerita ny di salah satu blog pendukung persib,, baca yaa .. viking ngerti bahasa manusia kan??? tu link ny diatas baca yaa,, baca yaa??? ngerti kan bahasa manusia???

  309. andri berkata:

    liat komenan semua di atas ternyata pikirannya masih pada kaya anak kecil ,,, maen balesbalesan ,,, baru liat gittu ajjah udah pada panas ,,, ga viking ataupun the jak smuanya sama ajjeh ,,,

  310. xtrimis berkata:

    klo pernah berteman, dan asal permusuhan hanyalah sebuah kesalahpahaman, bisakah nanti mereka berteman lagi?

  311. adryan berkata:

    buset dah viking gk bisa bdain yg mana persijatim yg mn prsija…benclung,,,dan yg memulai adalah viking..malu”in aja…gw viking tapi gw cinta damai orang yg di dukung tim bola bukan suporter,,,aneh lu pada …riweh ajah…

  312. iyonkthejack berkata:

    thejack mania,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  313. priya pusamania berkata:

    the jak sma viking ni mau cri mti klian smua ingin hdup kok tpi tawuran itu nmanya bkan cri hidup tpi cri mti sdalah damai sja dri pda mti gak bsa ngpa ngpain lbih baik hdup bsa minum bsa mkan enak lgi

  314. ridwan berkata:

    w ini nak viking tapi w g suka yang namanya bentrok apa lagi saling membunuh lebih baik damai dari pada nywa menghilang(mati knyol) damai itu jalan satu2’a supaya sepak bola indonesia maju

  315. psikiater berkata:

    Anak SMP semua ya yg koment…… atau udah dewasa otak ABG…. dasar ga punya pendidikan… Percumah sekolah tinggi-tinggi klo pada ribut…..

    GA MALU SEPAK BOLANYA KALAH MULU… (NEGARA LAWAN CLUB KALAH) miris
    GA MALU NEGARANYA KALAH SAMA NEGARA SEBRANG….

    LO SEMUA HARUSNYA MIKIR BAGAIMANA CARANYA SEPAK BOLA INDONSESIA BISA MAJU…. BUKAN PADA RIBUT…. (ego di tinggiin)

    bukan orang lain yang mengkredilkan lo pada.. tapi lo sendri yang mengkredilkan diri lo….

    ASAL LO TAU…. UANG SEPAK BOLA HABIS BAKAL BENERIN STADION YG LO RUSAK….
    SEHARUSNYA BUAT PENDIDIKAN PEMAIN BIAR PADA JAGO TUH MAIN….. (GA CUMA BISA NENDANG BOLA)……. (BIKIN TEMPAT LATIHAN YANG INTERNASIONAL KAN BISA DARI PADA BENERIN STADION atau FASILITAS UMUM yang lo RUSAK)

    (COBA LO PADA PIKIR KAPAN INDONESIA BISA MASUK PIALA DUNIA)

    yang udah, udah aja berlalu… sekarang msa depan…
    NGAPAIN NGURUSIN MASA LALU….

  316. Riswan Ramadhan berkata:

    siapa yg bilang the’jak anjink langkahi dulu mayat ku

  317. hellmi san berkata:

    salam buat anak2 indonesia::::

    maju terus persepakbolaan indonesia,,,
    wish u all the best for indonesia n footbal indonesia

    @japan

  318. viking berkata:

    viking the jack bersatula viking yafis banget

  319. acenk berkata:

    sudahlah gk ad manfaat smuanya.. yg pnting the jack viking sama saja, saudara. kta setanah air semuanya cinta damai okray…

  320. BLODIX VIKING UTA berkata:

    mengapa VIKING And THE JAK RUSUH TERUZZ PADAHAL KALO GA RUSUH LEBIH NYAMAN KALI YA……………………

  321. dicky berkata:

    gw ingin viking and the jack damai untuk slama2nya biar ga da lgi pertumpahan darah

  322. luthfi berkata:

    eror!

  323. ooooss berkata:

    kumaha sia we nu pentingg produkk urangg kaos urangg larisss ok

  324. Dudi Goe berkata:

    lamun eweuh the jak di dunya ie dunya ibaratkeun surga, hahahahahahaha!!!!!!

  325. rio irfanda (rhivhie) berkata:

    lagian. jak itu anjink banget… sumpah….
    omongan loe jak, buat semua suporter pengen hajar aja… kgak ada sopan santunnya….
    anjink2 oren di kaki gua inget itu….

    gua viking soreang…. bandung…

    save 1933 delete1928….

  326. ajiegilaquotn@yahoo.co.id berkata:

    tolong aja yg punya video the jak viking di kuis siapa berani share dong.#pesut city casual.persisam samarinda

  327. iwan bonek purworejo jawa tengah berkata:

    napa gak damai aja sih … kalau damai kan kita antar suporter jadinya enak , bila ketemu bisa saling menghormati … kalau bermusuhan kayak ginikan yang ada hanya kehawatiran, misalnya: anak viking ada yg ke jakarta kan jadinya khawatir , takut di gebugin ma anak – anak thejack, dan sebaliknya, kalau misalnya ada anak the jack yg pergi kebandung, dia juga di khawatir digebugin ma anak viking …

    jadi bagusnya mending damai aja …

  328. bobotoh berkata:

    Gue pendukung PERSIB, klo LOE (The jackjing). . .mau damai atau apalah, . .yg penting GUE JAGAK SETUJU. .

    Forza Maung Bandung

  329. ingwer berkata:

    Apakah butuh korban berikutnya untuk menyadari bahwa yang kalian(viking dan the jack) lakukan adalah sia-sia!!
    apa yang saudara pikirkan saat memukuli orang? senang? bahagia? atau apa?
    pikirkan apa yang terjadi pada senyuman orang terdekat mereka(keluarga korban) bahwasanya dia(korban) sudah tidak ada di dunia ini lagi? pikirkan apa yang Tuhan sedihkan?
    KEMBALILAH SAUDARA!!!! yang namanya pertobatan tidak ada kata terlambat, itu semua hanya memerlukan waktu!
    kita satu bendera, MERAH PUTIH!!! jangan buat warna merah itu keluar dari tubuh mu(lagi) sodara!!
    THE JACK + VIKING + BOBOTOH + BONEK + LA + ULTRAS + AREMANIA + SMeCK + KAMPAK + PIMEN + SELURUH FANS CLUB = INDONESIA = MERAH PUTIH = BURUNG GARUDA!!!
    Terbangkan GARUDA MU ke mana pun dia mau!

  330. bei berkata:

    Guwa aing cuma mau ngomong , Viking the jack ASUUUU kabeh

  331. VIKING berkata:

    PERTANYAAN SEDERHANA:
    KAN YANG RICUH PERSIB+PERSIJA,
    APA HUBUNGANNYA SAMA AREMA ? -_- ADA KASUS BARU APA ? -_-

  332. Dika Bobotoh PERSIB berkata:

    urang tgl 3 Maret 2013 kamari ka Jakarta mawa mobil da aya acara, jelas plat D..ka daerah Gambir deuih.
    asli urang make kaos Persib (lain sok jago, tapi urang nyaah ka Persib), urang Jakarta ngadon arolohok ning? teu wani noel2 acan..

    ceuk urang ge hirup mah CINTA DAMAI, ulah mimitian nya Jak?

    VIKING GAROET.

  333. ada benarnya juga permusuhan antar suporter indonesia teutama VIKING THE JAK sangatlah KONYOL karna sepak bola dan ego masing masing INDONESIA jadi terpecah belah bukan saling lempar SENYUM KEBAIKAN PEDULI SALING MEMBANTU tapi malah saling lempar BOTOL KAYU TINJU PARANG DAN SENJATA TAAJM LAINNYA higga jatuh korban ,yang lalu biar berlalu apa kalian ga mikir bagaimana kaloyang kalian aniaya itu KAKA TEMAN ADIK PAMAN AYH TW KELUARGA KALIAN YANG LAINNYA,…..SAVE INDONESIA DAMAI ADIL SENTOSA DAN SEJAHTERA SEPAKBOLA

  334. gua anak viking yang dewasa kita semua saudara kita semua bakalan mati jadi hentikan lah permusuhan ini kalau mau berontak ke suporter malaysia ajh

  335. prijakarta berkata:

    dari pada kalian berantem mending kalian berdamai,kita setanah air,,,,kalian harus damai selamanya,,,viking the jak damai bonek arema damai 🙂

  336. Om berkata:

    Sudah lah…
    Viking & The Jak tuh berbatasan, sekarang kalian mikir, mau ga Viking nonton enak di kandang Persija & The Jak mau ga nonton enak di kandang Persib buat dukung tim kalian? Bismillah VIKING & THE JAK BERSATU… Amin

  337. Yana berkata:

    Soal awal permusuhan bukan masalah yg jd masalah knapa the jak mau nguasain jawa barat dg cara tdk baik contoh : membacok viking/bobotoh n’ lady’s vikers dll tepat pas kejayaan viking bonek yg menggunakan kereta dan skarang bobotoh harus menggunakan bus dll tdk boleh lagi menggunakan kereta karna kerusakan kaca akibat lemparan dan banyak.ny bobotoh yg mati

  338. smkn 19 jakarta berkata:

    hidup the jak,hidup viking,hidup arema dan hidup bonek itu sementara dan gak akan lama karna terus bermusuhan.
    beda dengan hidup timnas,selalu bersama demi kejayaan bangsa!!

  339. Koentoels berkata:

    Syudah – Syudah :p

  340. Eeeq kucing lu !!! berkata:

    semua komentar kebanyakan pake kata Anjing, berarti anjing semua dong wokwowkowk ;D

  341. dha , tg priok berkata:

    , udah lah damai aja biar sama2 aman, jdi ga perlu takut kalau kmna2. . .

    salam kabomania tg.priok

  342. dha , tg priok berkata:

    KAVINBO(kabo,vikink,nj,bonek) siap ngberantas anjing2 di luar sanaa. . . bangkit melawan atau tunduk tertindas. . .

    viss love, kabomania. . .

  343. t_rexx 1933 berkata:

    arema* tukang baso ,the jak anjing tukang ngaloco

  344. mssfaishal berkata:

    meskipun permusuhan udah mendarah daging
    d antara viking dan thejak,
    toh itu kan permusuhan antara pendahulu kita
    ,nah generasi sekarang yg toh gak tau awal permasalahan nya
    jangan lah d doktrin untuk menjadi generasi yg sama,
    ,,generasi baru yg merubah
    mari lah kita pikir kan bersama
    alahkah indah nya biru dan oraye bisa menyatu,,

    viking thejak BERDAMAI LAH,,

  345. karuhun persib berkata:

    Cik mikir sia teh. THE JACK ges boga sabara rebu pendukung sia,kawas nu loba lamun sia di serang ku VIKING sa~jawa barat ancur siah tah jakarta teh,cik mikir THE JACK goblog siahhhhhhh

  346. jay087 berkata:

    bieung ah.. baca dari pihak viking gini, pihak the jak gini.. smakin bingung mana yg bener,, smua pengin menang sendiri-sendiri dgan brbagai sejarah yg gue juga kagak tau..
    lupakan lah sejarah silam yg bikin bencana sepanjang masa,,, inget bro indonesia butuh sopporter yg dewasa, bukan yg kayak gini.. gimana indonesia mau maju… KATROK KUABEH…

  347. Asli sunda berkata:

    The jak jing, aremaling harus di bantai,

  348. Dudun Suradun berkata:

    Kebodohan the jak terekspos keseluruh negeri ketika mereka tak berdaya menghadapi Viking dalam kuis Siapa Berani. Kuis yang menguji wawasan dan kemampuan berpikir. Itu merupakan edisi khusus kuis Siapa Berani, edisi supporter sepak bola. Menghadirkan Viking, the jak, Pasoepati (Solo), Aremania, dan ASI (Asosiasi Suporter Indonesia). Pemenangnya, Viking. Perwakilan Viking berhasil melewati babak bonus dan berhak atas uang tunai 10 juta rupiah. Seperti biasanya, rasa iri dari the jak muncul. Malu dikalahkan di kotanya sendiri, ketua the jak saat itu, Ferry Indra Syarif memukul Ali, seorang Viker yang menjadi pemenang kuis. Sungguh perbuatan yang tidak pantas dilakukan oleh seorang ketua. Ketuanya saja begitu, apalagi anak buahnya?

  349. jojo berkata:

    Bubarin ajah tu dua tim…..cma gara2 bola aja smpe bunuh bunuhan…….

  350. chon berkata:

    ada api ada air, ada kiri ada kanan, ada racun ada madu, ada pertikaian ada prdamaian, klw kta nurutin ego smpai kpanpun prdamaian itu gk bkal ada dan setanlah yg menang,, tujuan dri olah raga ini adalh untuk mningktkan sportivitas buknnya prmusuhan,, hidup cmn satu kali, jngn sia”kn hnya demi untuk keegoan. salm damai tuk smua suporter

  351. Yesseowen berkata:

    Anti viking 10000000%
    persija ampe mati

    viking anjing ,bngsat
    viking sampah masyarakat
    fuck

  352. kuya terbang berkata:

    wkwkwkwk gwe cuma bisa ketawa liat tuh cerita sama komen-komennya.. kaya baca komik Shinchan behahahahaha lanjutkan gan nice posting buat nghibur ihihihihihihi

    SALAM UNITED INDONESIA !!

  353. agus berkata:

    gw viking cikajang smpai kpanpun gw gak akan trima jka ada the jack di ckajang,, klo the jack mau damai ma viking maka ketya the jack and panglima the jack harus mati,

  354. Derry berkata:

    saya anak viking…
    maaf sebelumnya jika ada yang tidak sepaham dengan saya.
    tp coba kita fikir secara sehat…apa sih artinya permusuhan ini???apa untungnya?GA ADA !!!
    saya cinta persib.tp bukan berarti saya harus benci persija kn???
    bukannya bakal lebih baik kalo kita damai.bisa nonton bareng.kaya viking n bonek…the jak n arema…
    ITU JAUH LEBIH INDAH…

  355. andri berkata:

    gw tinggal di hayam wuruk jakbar deket karoeke dragon
    liat anak” persija pada songong kalo bnyakan tau nya dia sendiri anak the jack gk bnyak tingkah
    disitu gw gk suka the jack apalagi ismed
    udah kecil belagu lagi
    SURAM

  356. zae bomberr berkata:

    wahh sudahh sudahh kita harus nya menikmati hidup dengan tenang dan senang,,kita harus liat orang”sebelum kita yg susah payah untuk memerdekakan indonesia masa skarng kita pelanjut nya malah merusak denggan permasalahan antara supoerter ,,,,,

  357. seng penting vikjing itu anjing

  358. Keonk Racun_94 berkata:

    The jak slam 1 orange kawan..
    The jak pusam.pusam the jak kita saudara.

  359. 아지 완디토 프라보워 berkata:

    akuuuuuu punya anjiiiiinggggg keecil kuberi namaaaaaa viking dia senanggg berlari lari sambill bernyanyi nyanyi vvvviiiiiiiiikkkkkkiiiiiinnnggg aaaaanjing viking anjingggggggggggggggggggggggggggggg vvvviiiiiiikkkkkkinnnnnggggggggggg eeeeeeeeeemankkkkkkkkkk aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnngggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggg

  360. the jack memanx anjink ……….
    viking teu genah di komentar keun kitu …
    mun edeuk oge perang sakalian jeunx viking …..

    ahk da the jack mahk carariut jelemana jeung barencong ….
    haha geus ue mun persija maen make rok we .
    da persija jeung suporter na barencong kabeh ..

    hahaha viking bonek satu hati
    the anjink ….

  361. the jak dan viking kaga bermutu berkata:

    jiah sesama anjing dan para suporter yang kampungan alias ga bermutu, kalah ribut, ketemu ribut.. orang2 kaya2 lu yang ga bikin persepak bolaan di indonesia itu maju,, beranianya keroyokan,, mending pada jadi banci aja loe

    biasanya orang begini ya anak2 alay, orang pengangguran, anak putus sekolah, yang otak nya sempit, kaga pnya pekerjaan yang jelas,, sampah masyarakat..!!

    “yg jelas kehadiran 2 suporter ini meresahkan warga”

  362. azis berkata:

    salam the kocar kacir d sleman jakjing…
    😀

  363. viko berkata:

    bukankah panglima kalian si gembel beutik yg ngumpet di pojok tribun VIP stadion maguwoharjo ? ahayy jebret

  364. Arwah Setiawan berkata:

    SaLah-saLah yang benar-benar saLah menjadi benar-benar benar,, . dan yang benar-benar benar, saLah-saLah menjadi benar-benar saLah… . .

  365. roy boy berkata:

    viking anjing!!!!!
    viking tukang runtah!!!!
    jiwa raga kami hanya untuk persija
    nyawa kami hanya untuk persija
    sahabat kami arema mania
    musuh abadi kami hanya viking anjing yang tinggalnya di kota sampah

    musnakan viking dari indonesia!!!!!!
    viking anjing dasar tukang runtah!!!!!!!!!

    the jack arema satu hati

  366. ARYA berkata:

    the jack anjing kampang tai babai dateng lo ke lampung gua arya gk terima gw viking di kataain anjing roy kontol dateng lo ke lampung anjing lo THE JACK ITU KOTA SAMPAH MENERTI
    BY ARYA DWI SYAHPUTRA SALAH HORMAT VIKING

  367. William James Sidis berkata:

    Ane gak suka sepak bola

  368. AKUL berkata:

    istighfar semuanya yang udah komen diatas, permusuhan kalian emang mau dibawa sampe akhirat?

    kalian bakal tahu nanti kalo udah pada dikubur, bahkan kalo udah di akhirat bahwa memusuhi seseorang itu tidak ada gunanya, hanya membuat kita tertahan di neraka

    buat apa mencari siapa yang salah, tidak akan menghasilkan pembenaran, mending ayo kita duduk bersama, kita cari solusi damai bersama

  369. the jak anjing ,gue nih anak brigez tpi gua mendukung PERSIB
    THE JACK ANJING
    AREMA ANJING
    DAN GBR ANJING

    X;AING BOEDAK COERAWA BRIGEZT
    X;PRASETYA

  370. rezario berkata:

    gua anak the jak !! walau gua idup di bandung tapi orange darah gua ,, mw gmana ? udah di gebugin berapa kale jga !! sama aja ,, bukan masalah apa”” kalo udh suka gmana ?? presiden juga ga larang ! masalah di ejek udah biasa ,, terserah yang penting gw dukung PERSIJA !

  371. roni berkata:

    kLO aq sakera mania sehidup semati. walaupun sakera sekarang tidak bermain di isl tapi aq tetap peRsikapas

  372. diwan berkata:

    permusuhan = kehancuran

  373. diwan berkata:

    ane bobotoh sejati persib, yang harus lo pada tau semua.
    yang namanya bobotoh tidak semua adalah viking
    tapi setiap viking adalah bobotoh.
    jadi kata dari bobotoh adalah pendukung klo di artikan ke analogi bahasa, bahasa atau kata bobotoh dah tercipta sebelum viking ma the jack lahir, bobotoh tuh dah ada sejak pertama kali persib lahir.
    jadi gw bobotoh persib sangat menyayangkan permusuhan antara viking dan the jack.
    dan menurut gw orang -orang yang menjaga permusuhan ini adalah oorang yang tidak berpendidikan tidak beretika, yang lebih utama tidak BERAGAMA, gw yakin yakin agama mereka di KTP doang statusnya.
    yang harus pda loo tau ,koorbanya akibat pemusuhan ini lebih banyak orang yg tidak bersalah ketimbang para pengecut yang bikin onar.
    gw muslim dan gw tau arti buruk dari kata permusuhan = kehancuran.
    saudara saudara ku ingat kita satu agama, kita saudarra. walaupun kita tidak seagama kita senegara, kita bersaudara. apakah ada di ajaran agama kalian untuk saling bermusuhan apalagi saling membunuh hanya karrna sepak bola, yang pasti tidak.
    sudah saat nya kalian yg ada di foorum ini berpikirr dewasa dan bijak, banyak keluarga korban dari oorang ygbtidak bersalh di rugikan karna permusuhan yg tidak membawa mamfaat ini.
    gw diwan bobotooh sejati PERSIB

  374. Campernik berkata:

    Udah pada damai aja mas brow.

  375. soeya berkata:

    Gue orng bogor gua suka persib tpi g suka ribut apalagi sama the jak bkan g berani v mikir aja
    Gua krja d depok bnyak djak emng orng nya songong orng pinggiran lah djak nya pengamn pmungt smpah dsb lah
    Trus saia pindah k purwakarta krja nya dsitu tau kan pasti bnyak viking allhamduliah orbg nya pda ramah g tau juga sih
    MUngkin kultur nya aja ya apa gmana
    Yg pasti bda bngt

  376. Viking Magelang berkata:

    Viking always cinta damai bro..
    by: VIKING Magelang

  377. setan kalian…
    ngapaen kalian (viking & the jack) musuhan..
    kta ini satu bangsa coy..
    malu dilihat negara tetangga…
    klub kalian tu ta ada apa2nya, ..
    tak untungnya rusu hmelulu

  378. irwan berkata:

    mereka THE JAK N VIKING ngeributin apa sih..kalian tuh besar karna gengsi…ingat kawan gengsi ga di bawa MATI…

  379. Skyscraper berkata:

    Viking vs The Jak itu wajar broo kotanya juga beda toh
    Coba loe liat kota Palembang
    Singa mania lah,SMS lah,Simanis lah,Beladas lah,Ultras lah,S-MAN lah semuanya dukung 1 klub yakni SFC tapi mereka saling bunuh setiap kali mau nonton SFC kami harus siap perang sodara,apalagi SFC kalah di kandang wuiiiih Palembang bisa banjir darah bro,itu pun darahnya suporter SFC sendiri bukan suporter klub laen. KAMI YG 1 KOTA AJA GAK BAKAL BISA DAMAI apalagi beda KOTA.
    Prinsip kami MEMBUNUH ATAU DIBUNUH
    Kalo mau bikin damai The Jak ama Viking
    Tolong bikin damai kami dulu yg 1 kota
    Kami pernah mau damai tapi ternyata itu sia sia

  380. prueba berkata:

    yang komen diatas ini nih yang bego. ngapain dipikirin, urusin diri lo aja sono.

  381. Aroel Soekamti berkata:

    Viking anjing ,

  382. aprianto surya berkata:

    bhineka tungalika,
    berbeda beda tapi satu.kita semau ini bangsa indonesia seharusnya kita saling merangkul satu sama lain,kita tunjukan pada dunia bahwa suporter indonesia baik2 dan cinta damai . . .

  383. nannaona sich ieu…………………..ribut wae eweh manpaatna. hirup maneh rek jadi naon gaweanna ribut wae.

  384. yuli berkata:

    Ah semuanya jg g d yg bnar g mawas diri.mening bekukan jangan ada pertandingan sepak bola lgi daripada ribut terus.

  385. ANDU berkata:

    VIKING ? THE JACK?
    BODO AMAT
    TETEP VISCA BARCA……. EL CLASICO HARI SENIN JAM 2 MALAM

  386. udiwahyudi berkata:

    viking anjing !!

  387. sunardi berkata:

    gue Nk jack mania sampai mati anti viking

  388. riki saputra berkata:

    gw nax The Jak kebon baru ni anti vikjing/viking anjing 😛

  389. anggi viking salawasna berkata:

    GW ANAK VIKING,, JACKJINK JANGAN BERKOAR AJA, CUMA BERANI DI MEDIA SOSIAL, FUCK BUAT LU ANJINK ANJINK IBU KOTA

  390. Halra berkata:

    ceritanya etai juga sob, tapi kan pasti ada beberapa versi, pastinya masing masing memiliki versi sendiri dan merasa yang paling benar, namun sebaiknya kita sebaga sesama warga selalu berdamai dan bermain sportif, itu akan lebih baik, makasih

  391. vita Wandy berkata:

    intinya di 2 kubu tuh semua seporternya anak anak yg masi pada labil dan ga sayang ma orang tua nya masing masing.
    viking/the jek kalo tawurang jangan merugikan masarakat lain dong.
    w punya usul masih mending dikumpulin di lapangan suruh lawan 1 lawan 1 mau mate mau idup tuh namanya jagoan.
    paling yg rugi orang tuanya masing masing.
    ni w korban ke 2 seporter bangsat……………

  392. RIZAL berkata:

    HALO PERSIB

    AKU PENDUKUNGMU WALAU PUN AKU DI JAKARTA
    SELAMAT JUMPA

  393. RIZAL berkata:

    thejack is the best vikng is dead

  394. RIZAL berkata:

    aku punya se ekor bool kuberinama thejack

  395. ble'e berkata:

    cukup satu kata buat viking yaitu fuck

  396. viking berkata:

    lu denger smua nya bwt anak2 the jak.. lu itu anjing .. jadi yg nama nya anjing harus apa kata tuan nya….

  397. viking berkata:

    lu denger smua nya bwt anak2 the jak.. lu itu anjing .. jadi yg nama nya anjing harus nurut apa kata tuan nya….

  398. herdy berkata:

    #sanguan

  399. cepi holligan berkata:

    The jack bangsat….modar siah anjing…..tai

  400. bimbim Prasetio berkata:

    Gw ketawa aja.. Hahahahahhahahaha :v :v :v :v
    LUCU PISAN 2-2 Nya kaya BADUT.
    Bruakakakakkakakak…

    Gw mah HALA MADRID, ga Rasis ! Always peace..
    Buat The jack ama Persib Ribut aja sono sampe Nyokap/bokap lu Nangis kalo udh ngeliat mayat lo pade.
    Wkwkwkwkwk 😀 😀 😀

  401. Hendra berkata:

    Gw cuman bsa ngakak deh ma klian berdua yg kaya anak kecil berantem mlulu.
    Gw tinggal di bandung tpi gw netral alias ga dukung siapa2.
    Ntar gw bkin pertandingan antara viking bonek vs the jak arema di stadion glora bung karno, trs gw ntar nontonin kalian ampe puas.
    WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKWK

  402. REGGY SURYA ANJASMARA berkata:

    VIKING THE JAK SAMA SAJA… ASAL JANGAN BERANTEM…..BERANTEM ITU DOSA….

  403. Gue Tunggu Lu Di GBK … Tanggal 10 Agustus 2014

    Jack Kebon jeruk

  404. asjdhashjkdjads berkata:

    emang masi tolol suporter kita, udah baca artikel ini aja masi pada saling hina & saling sumpah

    percuma di didik juga, ga mau terbuka pikirannya

    jenis2 orang yang terbawa mode & bangga kalo uda sepihak sama mode nya,,

    ga aneh pemakaian BB,facebook, di Indonesia cukup tinggi

  405. reyka berkata:

    BANGSAT LOE VIKING. EMANG DASAR ANJINXX LOE SEMUA!!!

  406. Gitoloh berkata:

    Viking tai anjing

  407. wong indramayu berkata:

    aja milih djak cah..djak itu sampah ibu kota..doyn ngerampok..ngising paduan bae..ora lok cebok…najis

    @bomber indramayu

  408. azis berkata:

    Inget ga , persib ketika kalah di kandang sendiri , ngamuk nye malah sma plat B , DASAR BANCI

  409. Reza Ari berkata:

    salam buat the jack gue the jack selalu ampe mati ……. i lowe yuo the jack

  410. ROGEH aSLI ZUM'DANK CIKERUHZ berkata:

    VIKING + BONEK + THE JAK + AREMA + SMeCK + BOMBER + KAMPAK = INDONESIA!!!!!! Ayo bersatu dan bantai semua lawanmu!!!!! Bayangin aja klo semua supporter bola indo b’satu, pasti lawan tim lawan menang 30-0 cuyyyyyyy. Stop yel-yel rasis, pengrusakan stadion dll. Inget, hidup gak selamanya! Salam ‘TCNBMA’ (the cold never bothered me anyway) FROM SUMEDANG ANTIRASIS n’ DAMAI

  411. JE!! berkata:

    bohong banget ini ceritanya, mana berani thejak ke bandung. tolol banget the jak

  412. kurniawan berkata:

    udah damai aja .

  413. persib berkata:

    siap the jek kawin sama monyet ,hahahaha tai tah the jak .

    #persib juara

  414. FLAG berkata:

    nasib gw terancam,,
    bolak balik jakarta – jawa barat,,
    lahir jakarta kerja di jakarta,, sekolah 12 tahun di jawa barat,,
    ngiri cuy,, serba salah,, terjebak the jak pernah ke jebak viking pernah,, tapi skrng untungnya NJ dh gk ama the jak (klau gk salah) jadi gw agak aman,, salam,, CINTA DAMAI INDONESIA
    biarkan warna itu menjadi milik kalian tapi ketika bersatu satukanlah warna itu menjadi milik kalian (merah putih)

  415. Rizky berkata:

    Sebenarnya The Jak SERING menyumpah hin persib dan sampai sampai DEJEK berjanji:Kalo Sampe Persib Juara Gw Kwin Sama monyet,,,Makanya Jek MUN Sia Ngomong TONG SA OMONG”NA HAKAN TAH MONYET
    #viking PESISIR

  416. Hidup Tak Abadi berkata:

    Sepertinya agama viking sama agama jak lagi marak, keduanya bilang sampai mati nga akan mau bela salah satu, sampai mati bela enih, bela onoh, emang lu pade kalau mati akan ditanya agama viking atau agama jakmania, inget AMAL yang dibawa mati…..guys…masalah bola jangan samapai merusak AMAL kita bekal abadi untuk menghadap TUHAN….

  417. cipta eka junanto berkata:

    ni gua salam dari gua anak the jeck mania yang setia emang viking itu anjink di bunuh aja. tau salah masih aja ngelotot lagi ya aduh aduh meningan ga usah damai deh. klo ada bentrok bilangin gua ya gua ikutan..

  418. Wawan Nak Sejate berkata:

    the jak itu suka sirik Dasar the jak anjing
    #fuck buat anjing the jak

  419. izul berkata:

    Mending urusin diri sendiri ,,,

  420. Viking Lumajang berkata:

    AKU CINTA PERSIB SELAMANYA… VIKING BONEK SATU HATI SATU NYALI .. WANIII !!!!!

  421. cah koplak berkata:

    the jak anjing……. the jak anjing……….. jakmania kayak anjing………..
    gua pendukung persib……..
    anjing loe the jak babi…………….

  422. bheler berkata:

    sehh jdi orng kmpung aja llu belagu.. klo bandung di boikot ma orng jakarta, keluarga llu mao makan apa?? pendapetan llu tuh dari orang jakarta jga.. mkan pikirr dnkk pke otakk.. jngan cma bisa nyangkul ma nguli doang..

  423. bheler no cray berkata:

    pokonyaa yg namanya viking ma bobotohh taiii babiii lahh… klo ada orang yg ngomng sunda di sini gw innjekkk batangg lehernya…

  424. persib jiwa raga kami berkata:

    bheler loe pikir jakarta kaya? jakarta gudangnya maling uang rakyat….bandung makmur persib gak pernah nunggak gaji pemain coy,,,,,persija malah sempet pemainnya pada kabur gara2 gak dibayar gaji ngaca sblm ngomong jaga bacot loe kebanyakan makan tai loe

  425. deblon berkata:

    satu kata the jakmania anjing bangsat nga ada keberanian,udalah the jak mania pantas pake erok/lezinkk sama make up

  426. jamers berkata:

    gue suporter THE-JAK layar kaca gue dukung THE-JAK karna THE-JAK saudara

    buat THE-JAK dah jangan di ladenin VIKING tuh orang2 kampung gk ngerty apa2 ngerty’a cm ribut berantem sekolah juga kagak ampe lulus… karena dah k’bukti di jakarta org bandung jualan bakso kasian ngeliat nya ,,,,

  427. ROGEH (sumedang netral pecinta bola) berkata:

    Oi oi oi. Mending damai aja bos! Ada kalanya tim yang kalian banggain tu menang, ada juga saat tim kalian ntu kalah. semua bagian dari pertandingan. JUNJUNG TINGGI SPORTIFITAS (FAIR-PLAY). Fanatik boleh, tapi jangan anarkis bro. Menang bagus, tapi kalo kalah gausah rusuh, ngerusakin stadion. Toh yg rugi juga ente semua, pemain luar maen ke indo ngeliat stadionnya mikir “ini stadion apa TAI?? Pada rusak gini??”
    damai aja deh orang SUMEDANG NETRAL, aku/saya/gw/aing dukung yang menang!
    salam

  428. […] Awal Mula Permusuhan The Jak dan Viking | ..::blog fachrie::.. – Ini adalah hasil copy dari pengalaman orang, baca sendiri ya… Perseteruan antar suporter Persija dan Persib sudah berlangsung lama, tepatnya sejak tahun 2000 yaitu …… […]

  429. […] Awal Mula Permusuhan The Jak dan Viking | ..::blog … – gw nak viking!!!!gw jlas ga trima smw yg dah nak the jak ucapin,klo mank mo dmai knp ga dr dl z!!!!skr da trlmbt nasi dah jd bu2r,smw nak viking dah benci smp mendrh …… […]

  430. […] Awal Mula Permusuhan The Jak dan Viking | ..::blog … – Hmm..gw ga pernah ngerti sebelumnya antara persib vs persija atau jak vs viking.. Ternyata co gw jakmania,dri sana gw tau Tntang ribut”nya.. emang viking kurang …… […]

  431. […] Awal Mula Permusuhan The Jak dan Viking | ..::blog … – Ini adalah hasil copy dari pengalaman orang, baca sendiri ya… Perseteruan antar suporter Persija dan Persib sudah berlangsung lama, tepatnya sejak tahun 2000 yaitu …… […]

  432. […] Awal Mula Permusuhan The Jak dan Viking | ..::blog … – mo kapan majunya sepakbola Indonesia. Supporternya aja katrok. Gw terakhir nonton indonesia vs kuwait. Males bgt. pas istirahat, penonton lemparin botol ke tengah lapang…. […]

  433. yoki berkata:

    astagfirullah taubat kalian semua akhirat lo pikirin mati emang mau bawa club lo masing masing

  434. anti the jack berkata:

    goblok the jack pas pertandingan pertama,,viking dluan yg d pukulin goblokk

  435. anti the jack berkata:

    the jack anjing lopada

  436. Irfan Maulana Yusuf berkata:

    Gue Anak Tasikmalaya !!
    Gue Cinta Persib !!
    Gue Anti The Jack !!
    Hanya Orang Bego Lah yang kawin ame monyet !!
    udah punya pacar blum tuh si onyet ?

  437. Irfan Maulana Yusuf berkata:

    Udah punya anak berapa tuh si onyet kesayangan loe ?

  438. holigans orangge berkata:

    vikkkiiingggg annnjjjiiingggg bbbooonekkkk jannccoook salam the jak bandung barat

  439. JkT berkata:

    viking anjiing . viking anjing tai anjiing.

  440. mbeles berkata:

    The Jak anking Aremania Jancok

  441. shyntia berkata:

    viking anjing viking bau tai anjing viking anjing viking anjing

    #salamthejakkayutinggi

  442. persib berkata:

    Jak Anjing Gk Punya Stadion, Gaji Gak Pernah Lancar Terus Miskin, Pelatih Dpt Mulung Ajj Belagu So Anak Suporter Gak Punya Stadion Ajjj Miskin Modal Donk Jangan Make Gubenur Ajjj

  443. persib berkata:

    Kalo Aing Jadi Gubenur Jakarta Ngapain Bantu Persija Yang Gk Punya Modal Huuuuuuuuuuu Jakjing 😛

  444. jackgal berkata:

    sudah jelas viking yg duluan

  445. rizky viking soreang berkata:

    aink cdu kd dmy jeng the jakjing npi kpaeh ge aink sdi kd dmy fck jak anjing

  446. Uyan berkata:

    PERSIB JUARA **

  447. persija jakarta tai anjing npi ka paeh aing sudi cdu kdu dmy jeung the jakjing permshn akn ttp abadi slma nyh fck the jsk anjing

  448. Firman berkata:

    TAI VIKING ANJING!!! NI GUA BANGSAT SIA,, GUA THE REAL JAK MANIA THE REAL GARIS KERAS!!!!

  449. yudi permana berkata:

    garis keras tai anjing siah bagong ..
    the jak bangsat kabeh pantes di bantai ..
    kudu na mah di musnah ken di bumi hahahahaha

    VIKING soreang

  450. opel berkata:

    DARI PADA KGA JELAS BEGINI.. MENDINGAN NYEPOT BOY UENAK..

  451. okkfxxxbjb berkata:

    yAng dukung persib itu orAng yang gak punya mata,,,
    vikiiing JANCOOKK di bunuhh sajaa

  452. rahman ade berkata:

    Alah tai babi lo semua … mau the jak mau viking semuanye tolol …. cuma team sepak bola aje bela mati2an giliran agama lo di hina lo diem aje kehed, yg bilang nasi uda jadi bubur maen ama aki2 aje sono, sekarang tahun berape bero … kalo emang uda jadi bubur ya uda jadiin bubur yg paling enak … gw anak betawi tulen tp gw ga mihak ama the jak, cuma gara2 lo the jak anjing sama viking kehed banyak warga jakarta ga tenang kalo lagi maen ke bandung atau sebaliknya, gw sendiri yg ngalamin waktu gw maen ke bandung, begitu juga kawan gw yg anak bandung kalo lagi di mutasi kerja ke jakarta jadi orang ketakutan, semua tuh gara2 lo the jak anjing viking kehed, berani kandang n beraninye maen keroyokan aje …kalo berani satu2 nyet …..

  453. rogeh asli zum'dank cikeruhz berkata:

    masih lanjut aja ini debat

  454. adichupu berkata:

    peraib di hati persija di kubur

    by adi di cipanas

  455. Hanya manusia biasa berkata:

    Setiap permusuhan tidak akan damai jika salah satu pihak tidak ada yang mengalah, tetapi alangkah baik nya jika kedua pihak mengakui kesalahan masing2. Disini saya tidak membela The Jakmania waupun Viking, saya hanya ingin memberikan yang terbaik. Jangan sampai reputasi Indonesia buruk hanya karena permusuhan supporter. Bertindak lah dengan hati dan pikiran, jangan bertindak dengan fisik.
    Indonesia BERMACAM-MACAM TETAPI TETAP SATU JUA 👍

  456. lingga s.n berkata:

    persib selalu di hati maung bandung the jak anjing singo edon anjing

  457. Ebola berkata:

    norak kampungan

  458. Fai dzecko berkata:

    The Jack Oy…………

  459. Ucup Maghrib berkata:

    yg menang jadi arang yg kalah jadi abu, damai……itu indah

  460. BodasKainKafan berkata:

    LIEURRRRRR KABEHHHHH SIGA REK HIRUP SATULUYNA KABEH WAE………..

  461. Surya salim evendy berkata:

    Gue supporter persija GarisKeras kabupaten bogor .. Oren Dikota Hujan .. Gue pengen TheJak dan Viking Berdamai !!
    Setelah gue baca dari atas ampe bawah sejarahnye dua” nye tetap salah !!
    Jadi ayolah come on kita berdamai karna perdamaian itu indah 🙂
    gausah segala tanyakan” pade batu nisan !!
    Emang nye batu nisan bisa bicara !! GOBLOG !!!

  462. Bomber berkata:

    Gue Anak Bandung, Emang gue Benci sama The Jak. Tapi Kalau niatan buat Berdamai selalu Ada di hati. Gue tau,Loe semua yg komentar Rasis paling Hanya Bocah yang kaga paham Sepakbola.

    Tapi Satu jak yang Buat Gue Benci sama kalian yaitu kejadian 27 mei 2012, Saat di mana Anggota Viking RANGGA CIPTA, Kalian Bunuh !!!!

    By Bomber

  463. Abdullah berkata:

    Kalau saya jadi presiden, akan saya bubarkan persib, persija.
    Ekstrimia boboth & jak mania akan saya usir dari indonesia, mereka merusak kerukunan antar umat.

  464. AHMAD JAELANI berkata:

    KALAU SAYA JADI PRESIDEN SAYA AKAN USIR JACK MANIA
    #INGATTTT

  465. orang bebas yang bahagia karna gw mengatakan mengatakan mengatakan berkata:

    untung ane bukan supporter bola jadi baik sama siapa aja, damai sama siapa aja, bisa kemana aja dengan tenang tanpa takut

  466. anynimous berkata:

    Sesudah saya baca .. trnyata emang kedua belah pihak .. gk mau melepas ego nya .. saya orang jawa barat .. tapi saya netral gk mmbela siapa2 .. yg saya mau cuma 1 .. damai itu indah . Saya pngen kya ngliat liga2 di luar sana .. mskipun bertemu team musuh .. tapi nonton nya bisa bareng .. gk ada keributan .. n mau merenima kekalahan .. kalian udah dwasa .. mae nya siga budak sia teh … mikir atuh sia teh .. sia rek taruhkn nyawa angge team bola .. mndingan ge taruhkn nyawa angge kolot sia weh hula .. emang bola rek mnang pahala .. boloho pisan .. “DAMAI ITU INDAH”

  467. iqbal berkata:

    saya sudah tahu bahwa viking yang mulai duluan persija sampai mati

  468. iqbal berkata:

    persib yang mulai duluan saya mah tetep dukung persija

  469. Risky Fauzi berkata:

    satu kata buat The Jack (Jakarta) dan Viking (Bandung) , BERDAMAILAH !!!

  470. legendari berkata:

    GW INGIN SEPORTER THE JACK & VIKING DAMAI, TAPI APA BOLEH BUAT SEMUA UDAH TELAT DAN MAKIN LAMA SEPORTER MAKIN BERJATUHAN SATU DEMI SATU

  471. gilang berkata:

    aku setuju maskipun aku viking aku masih ingin damai supaya seporter indonesia hebat dimata dunia

  472. damai itu inda makasih untuk seporter jak mania karena suda bantu aku pas akumau pulang surabaya saat di malang jangan katakan kalo the jak itu seporterperisak dia sebenarnyabaik

  473. the jak selamanya berkata:

    Viking itu kaya tai di kasih hati malah ngelunjak trus dah kaya raja lagi belagu dasar bobotoh viking anjing

  474. Berthajakers berkata:

    tetap saja viking itu tidak bisa ngotak yang salah dia yang membuat keributan dan gamau mengakui kesalahannya,udah tau dia yg nyerang begonya lg gamau minta maaf dan membuat permusuhan ini abadi.
    #Thejakangel
    #banggajakmania
    #persijajakarta
    #jakartaiswonderfull

  475. Waletbet99 berkata:

    Wow . . . Isi Dari Artikel Anda Sangat Bagus, Menarik Dan Bermanfaat Sekali Sobat Bagi Saya.
    Terima Kasih Berkat Artikel Anda Saya Mendapatkan Banyak Informasi Serta Pengatahuan Lebih Jauh.
    Jangan Lupa Kunjungi Blog/Artikel Saya Ya Sobat ” Berbagi Itu Indah ” !!!!!!

    http://waletbet99.com/

    Ingin Menambah Wawasan Pengatahuan Anda Tentang Seputar Dunia International Sepak Bola Langsung Saja

    http://ebetzone.com/ >Agen Game Online
    http://iowaforhealthcare.net >Prediksi Bola Liga Italia Terakurat 2017

  476. Adya Razan berkata:

    jadi begitu asal mulanya

  477. […] Puncaknya di acara Kuis Siapa Berani di Indosiar. Acara ini diprakarsai oleh Sigit Nugroho wartawanBola yang terpilih menjadi Ketua Asosiasi Suporter Seluruh Indonesia. Sayang bentrokan ternyata ga bisa […]

  478. Audrey Permata berkata:

    Permisi ya gan..izin post ya admin bila mengganggu jangan di spam ya tapi di delete saja ya..
    yuk.. gabung di updatebetting dan menangkan hadiah menariknya 🙂
    BINGGUNG MAU CARI AGEN POKER DENGAN UANG ASLI DIMANA
    MARI SINI JOIN DI IDRPOKER AGENPOKER TERPERCAYA DENGAN UANG ASLI SE INDONESIA.
    DISINI KAMI MEMBERIKAN PROMO BERUPA
    * Bonus Rollingan 0,3% – 0,5% ( Perminggu )
    * Bonus Referral 15% ( Seumur Hidup )
    Kami Agen Penyediaan Jasa Poker Online Terbaik & Terpercaya
    Bagi anda yang hobby bermain judi online seperti :
    Adu Q, Bandar Q, Bandar Poker, Capsa Susun, Domino dan Poker.
    TUNGGU APA LAGI AYO BURUAN DAFTAR KAN DIRI ANDA DAN GABUNG BERSAMA KAMI DI
    WWW.)IDRPOKER(dot)COM
    www.)idrpk)dot(info
    www.)idrpk)dot(org
    www.)manis77)dot(com

  479. doni berkata:

    guwe gak suka tauran gwe sukanya sportif jadi janganlah tauran liat aja kejayaan tim masing”” guwe emang suka persib dia mainnya bagus juara isl 2014 tapi tidak juga harus membenci the jack.camkan ituu

  480. Hi there mates, how is all, and what you desire to say regarding this piece of
    writing, in my view its actually remarkable in favor of me.

  481. Meski pun gua tnggal d jakarta.
    Amit² gua dkung persija

    #the jack anjing!!!!!!

  482. This article will assist the internet people
    for building up new web site or even a blog from start to end.

  483. Please let me know if you’re looking for a writer for your blog.
    You have some really good posts and I feel I would be a good asset.
    If you ever want to take some of the load off, I’d love to write some
    articles for your blog in exchange for a link back to mine.
    Please shoot me an e-mail if interested. Many thanks!

  484. 1 Indonesia berkata:

    bubarin aja liga Indonesia kalau hanya jadi ajang permusuhan anak bangsa. malu sama pahlawan, udah capek2 ngusir penjajah pakai darah dan nyawa… lah ini malah 1 bangsa 1 tanah air malah ribut.

  485. Jajang berkata:

    Anak the jack bngt lhu

  486. FitriHariyadi13 berkata:

    Semoga Bisa Berdamai, Salam Viking Banyunas🙏 Respect Untuk Thejak🙏

  487. Randhika berkata:

    Gue anak bandung,tp gue ga mihak viking atau thejak. Menurut gue gaada gunanya saling hujat,memprovokasi,pukul pukulan,keroyokan nyampe di BUNUH segala. Mending fokus aja dukung klub bolanya. Mau siapa yang mulai juga gue bodoamat. Yang penting kita jangan sm kaya mereka yg duluan hujat. Intinya boleh benci tapi jangan sampe NGEBUNUH segala. Balikin aja lu viking/thejak ke bandung/jakarta terus ketemu viking/thejak kalian ketauan terus dikeroyok,ampe gada nyawa. Sakit hati ga lu,hak hidup lu ditindas,diambil orang. Bolehlah benci tapi sewajarnya. INILAH SALAHSATUNYA GUE GASUKA SEPAKBOLA DI INDONESIA KARENA SUPPORTERNYA

  488. woi anjing lu pada anjinggg… berisik aja lu anjing, bikin ribut aja lu anjing, liga indonesia jadi di berhentiin, gw jadi kaga bisa nonton bandminton lagi . bangsat lu anjinggggg.

    #MendingNgeweDaripadaMaenSepakbola
    #kontolLuSemua

  489. Nonton bola aja pada kelahi lu semua manusia2 kentot, kontol.

  490. Alek Abbas berkata:

    viking anjing bangsat u, jgan jadi jagoan kandang u, dateng sini ke jakarta w salib mau u viking anjing

  491. Serri Hastuti berkata:

    Sebenarnya korban rangga cipta nugraha dan juga haringga srila harus menjadi peringatan akankah terus bertambah korban pengeroyokkan seperti itu.. Bandung lautan api dulu kakek nenek kita rela mati demi kita anak cucu agar bisa merdeka hidup damai merekalah para pahlawan kita.. Dan jakarta di jadikan ibu kota indonesia… Tapi kita sebagai generasi cucu dari para pahlawan malah membuat geng dan menciptakan kerusuhan bahkan sampai bilang sampai mati tidak akan damai.. Ya ampun… Yang satu belain jakarta yang satu belain bandung…kalau tetep gk bisa bersatu ya udah kalo gitu bandung dan jakarta di rubah aja jd negara sendiri…. Biar gak ngerepotin yang lainnya.. Inti dari semua masalah ini adalah damai dan itu sangat simple.. Tp susah untuk di laksanakan.

    Salam Indonesia.

  492. Tocab berkata:

    Viking duluan yang mulai kalo aja mereka ga main kekerasan duluan ga akan ancur sepakbola indonesia

  493. Agen Poker IDN berkata:

    Hello, its pleasant article regarding media print,
    we all understand media is a fantastic source of data.

  494. plat nomor rumah berkata:

    It is in point of fact a nice and helpful piece of information. I’m happy that you shared this useful information with us.
    Please keep us informed like this. Thanks for sharing.

  495. Bobotoh Jakarta berkata:

    gila ini komentar berkelanjutan

Tinggalkan komentar